CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wow, Arsitek Rumah Sakit Pasien Corona di China Pernah Sekolah di Jember
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3f9c88c9518b39a275a92d/wow-arsitek-rumah-sakit-pasien-corona-di-china-pernah-sekolah-di-jember

Wow, Arsitek Rumah Sakit Pasien Corona di China Pernah Sekolah di Jember

Wow, Arsitek Rumah Sakit Pasien Corona di China Pernah Sekolah di Jember
Jember -Kepiawaian Hwang Sik Jiu mengarsiteki pembangunan rumah sakit khusus pasien corona di China patut diacungi jempol. Dalam kurun waktu kurang dari 10 hari, dia berhasil membangun rumah sakit berkapasitas 1.000 pasien.

Belakangan diketahui, sang arsitek rumah sakit itu merupakan pria yang pernah mengenyam pendidikan TK, SD hingga SMP di Jember.

Hwang Sik Jiu menyelesaikan pendidikan TK, SD dan SMP di Chung Hua School, Jember. Sekolah ini berlokasi di Jalan. Diponegoro. Namun sekolah ini sekarang sudah tutup.

"Dia memang pernah sekolah di Chung Hua School. Tapi saat saya mulai mengajar di sana tahun 1959, Hwang Sik Jiu sudah lulus," kata mantan pengajar Chung Hua School, Iwan Natawidjaja, Minggu, (9/2/2020).

Menurut Iwan, Hwang Sik Jiu lulus SMP sekitar tahun 1957. Dua tahun kemudian, barulah mengajar di sekolah itu.

"Kalau dihitung, berarti Hwang Sik Jiu masuk sekolah Chung Hua School sekitar 1946. Mulai TK sampai SMP," kata Iwan.

"Saya mengajar olahraga dari TK, SR (SD) sampai SMP. Tapi si insinyur ini (Hwang Sik Jiu) saat itu sudah lulus, dan melanjutkan pendidikannya di Surabaya. Karena di Jember tidak ada," ungkapnya.

Karena tak mengajar langsung, Iwan tidak tahu persis bagaimana Hwang Sik Jiu saat menimba ilmu di Chung Hua School. Namun dari informasi yang diterima, Hwang Sik Jiu memang dikenal murid yang cerdas.

"Yang saya ajar saat sekolah, adik-adiknya. Yang adik perempuan Hwang Xiang Ing, kemudian yang laki-laki Hwang Sik Sin," sebutnya. 

Dari kedua adik Hwang Sik Jiu inilah Iwan sedikit tahu bagaimana sang arsitek ketika sekolah. Juga sifat Hwang Sik Jiu dalam kesehariannya. 

"Orangnya pendiam, rajin, cerdas, santun, dan tidak banyak bicara. Sekalinya bicara pasti ada manfaat dan hal yang baik," katanya.

Chung Hua School sendiri tutup pada 9 April 1966. Konflik politik yang terjadi saat itu membuat sekolah tersebut harus berhenti beroperasi.

Sementara lokasi bekas sekolah, saat ini menjadi sebuah kawasan pertokoan. Kawasan pertokoan ini dikenal dengan sebutan Mutiara Plaza.  

Spoiler for link:


Quote:


Keren, Arsitek RS Korona Wuhan Kelahiran Jember
Iwan juga menjelaskan, Hwang Sik Jiu diketahui sudah berangkat ke Tiongkok (China) sekitar 1958 untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. "Hingga sekarang tinggal di sana," katanya.

Iwan mengaku mengenal Hwang Sik Jiu dari ayahnya Hwang Sek Hwa, yang saat itu orang tuanya itu pengurus Yayasan THHK (Tionghwa Hwe Kuan) yang membawahi bidang pendidikan sekolah-sekolah Tionghoa. Iwan juga menyampaikan, ayah dari Hwang Sik Jiu adalah pendatang dari Tiongkok, China sekitar tahun 1920 an.

Lebih jauh Iwan juga mengungkapkan, pertama kali dirinya mengetahui informasi kemampuan Pemerintah China membangun rumah sakit bagi penderita penyakit Corona dalam waktu singkat, adalah dari media cetak khusus mandarin yang beredar di Indonesia.

"Tahunya saya dari koran media China, terbitan Surabaya. Namanya Harian Nusantara (Surat kabar khusus berbahasa mandarin). Koran ini terbit sejak jaman Gus Dur. Yang nulis beritanya juga teman SMPnya sendiri, namanya Lie Ai Ing orang Ambulu, sekarang tinggal di Khuang Chou, Tiongkok," tandasnya. (ata/yud/ns)


Spoiler for link:



New Wuhan hospital ready for use today, let's take a look inside
Diubah oleh Erick.Moeldoko
Orang China brayemoticon-Traveller
coba dipraktekkan di Indo bisa ga? ane yakin ga bisa emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Balasan post rizkyren2
Quote:


Masa kalah sama kafir bree ?


emoticon-Malu
Penemu virus, penyebar virus, penemu obat, dan pencipta Rumah Sakit dari ras yang sama

emoticon-Nyepi

Kenapa pula ras lain ikut kena getahnya?
bodo amat.
cindo yang kinclong otaknya toh memang seharusnya tidak stay di negara yang fixed menganggap mereka tamu yang lumrah diperah-perah.emoticon-Big Grin
luar biasa
apanya yg wow
emoticon-Blue Repost
trus indo dapet apaan
Murahan emoticon-Cool tingkatan nya adik kelas gw, gak pake skill tinggi
Masa korona terjangkit parah, langsung design bisa cepat selesei.
Itu paling dari bulk sampah di folder, 3ds object di internet dan sedikit galeri pribadi. Disusun cepat dan sederhana, tanpa olah lapangan dan bla bla..
Huft..
profile-picture
profile-picture
DuaLapanSatu dan r0man0 memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Obama pernah sekolah di Indonesia
Arsitek RS Corona Hwang Sik Jiu pernah sekolah di Indonesia
Wow, Arsitek Rumah Sakit Pasien Corona di China Pernah Sekolah di Jember
Mau lahir kek mau sekolah kek mau eek kek mau kencing kek, dll. Sekali cina tetap cina a......
kwkwkwkwwkwkw biar apa?
giliran berprestasi orang cina dianggap orang indonesia, giliran lagi ribut dibilang orang asing


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di