CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Jakarta Banjir Lagi, Anies Salahkan Cuaca Ekstrem dan Letak di Pesisir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3f88c2349d0f72282177bf/jakarta-banjir-lagi-anies-salahkan-cuaca-ekstrem-dan-letak-di-pesisir

Jakarta Banjir Lagi, Anies Salahkan Cuaca Ekstrem dan Letak di Pesisir

Jakarta Banjir Lagi, Anies Salahkan Cuaca Ekstrem dan Letak di Pesisir

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada dua penyebab sejumlah wilayah di DKI Jakarta kembali banjir pada Sabtu (8/2) usai hujan deras mengguyur ibu kota. Menurutnya banjir kali ini disebabkan oleh cuaca ekstrem di seluruh Indonesia dan posisi ibu kota yang berada di pesisir.

Hal tersebut diungkapkannya dalam Operasi Pasar Cabai dan Bawang Putih di Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) pada Minggu (9/2). Begini penjelasan Anies.

1. Indonesia khususnya Jakarta mengalami cuaca ekstremJakarta Banjir Lagi, Anies Salahkan Cuaca Ekstrem dan Letak di Pesisir
Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang didapat Anies menyebutkan bahwa Indonesia khususnya Jakarta mengalami curah hujan yang ekstrem.

Anies menjelaskan bahwa curah hujan disebut lebat bila di antara 50-100 mm, disebut sangat lebat bila 100-150 mm, dan ekstrem bila di atas 150 mm.

"Yang kemarin dialami di Jakarta itu sampai dengan 244 mm, jadi kita mengalami curah hujan ekstrem," jelasnya.

2. Jakarta berada di kawasan pesisirJakarta Banjir Lagi, Anies Salahkan Cuaca Ekstrem dan Letak di Pesisir
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2016 ini mengatakan bahwa Jakarta berada di kawasan pesisir sehingga ketika curah hujan bervolume besar di hulu terjadi maka membawa air yang cukup besar juga ke Jakarta sebagai hilirnya.

Sejak Jumat (7/2) ia mengklaim para petugas telah bersiaga menghadapi banjir karena ketinggian air dan status siaga di Bendung Katulampa sudah meningkat.

"Alhamdulillah kemarin sudah sampai puncaknya dan lewat hingga terkendali dengan baik," ujarnya.

3. Anies janji lebih bersiap hadapi banjirJakarta Banjir Lagi, Anies Salahkan Cuaca Ekstrem dan Letak di Pesisir
Mantan rektor salah satu kampus di Jakarta ini mengklaim telah menyiagakan seluruh jajarannya yang terkait dengan pengendalian hujan khususnya di kawasan dengan tingkat hujan intensif.

Ia pun berjanji ke depan pihaknya baik petugas maupun infrastruktur seperti pompa selalu bersiap menghadapi hujan dan banjir.

"Ya (pompa akan disiagakan) terutama kalau hujan itu di tempat-tempat yang belum tentu ada saluran air," jelasnya.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

kadrunn salahkan aja alam
wan abud cuma bisa menyalahkan
kerja ndak becus emoticon-Traveller


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di