CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Tips Mengelola Gaji Kecil, Harus Tetap Berinvestasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3f88ab7414f5458061dc5a/5-tips-mengelola-gaji-kecil-harus-tetap-berinvestasi

5 Tips Mengelola Gaji Kecil, Harus Tetap Berinvestasi

5 Tips Mengelola Gaji Kecil, Harus Tetap Berinvestasi

Kamu harus tahu membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Walaupun gaji kecil tapi jika kamu dapat mengelolanya, pasti akan terasa cukup. Namun, kamu tidak perlu galau lagi, karena kali ini akan ada ulasan mengenai 5 tips jitu mengatur gaji. Untuk informasi lebih lanjut yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Menyusun anggaran5 Tips Mengelola Gaji Kecil, Harus Tetap Berinvestasi
Saat kamu mendapatkan gaji, pastinya dirimu sudah punya berbagai rencana untuk menghabiskannya. Akibatnya, kamu malah jadi kalap dan kebingungan saat uang yang baru didapat sudah hampir tak bersisa lagi.

Oleh karena itu, inilah pentingnya menyusun anggaran atau rencana untuk membelanjakan uang. Dengan menentukan pengeluaran terpenting terlebih dahulu dan tetapkan batasannya. Ingat untuk menyisihkan sebagian kecil dari uangmu untuk ditabung.

2. Kuasai beberapa trik berhemat5 Tips Mengelola Gaji Kecil, Harus Tetap Berinvestasi
Ada terdapat berbagai trik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang. Misalnya untuk pemakaian listrik, matikan peralatan elektronik yang tidak diperlukan. Begitu juga halnya saat berbelanja, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan promo untuk mendapatkan harga barang yang lebih murah.

Selain itu, ada berbagai trik lain yang dapat membantu dirimu mengirit pengeluaran, seperti memasak sendiri daripada membeli makanan di restoran hingga lebih memilih menaiki transportasi umum yang biayanya cukup terjangkau.

3. Jangan biarkan tabungan terkuras5 Tips Mengelola Gaji Kecil, Harus Tetap Berinvestasi
Seringkali, tabungan digunakan sebagai dana cadangan, terutama untuk kepentingan darurat seperti biaya kesehatan atau pengeluaran mendesak. Cobalah menggunakan maksimal 50 persen dari gaji untuk mencukupi kebutuhan utama, 30 persen untuk hiburan atau kebutuhan sekunder dan setidaknya 20 persen dari penghasilan wajib masuk tabungan. Dengan mengikuti cara tersebut, tabunganmu dijamin tidak akan terkuras untuk hal-hal yang tidak penting.

4. Cari kesempatan untuk berinvestasi5 Tips Mengelola Gaji Kecil, Harus Tetap Berinvestasi
Memiliki gaji yang kecil bukan berarti peluang dirimu untuk berinvestasi tertutup, lho! Ketika kamu menerima penghasilan, cobalah sisihkan sedikit demi sedikit untuk memulai pos investasi. Pilihlah investasi yang sesuai dengan risikonya, seperti yang paling stabil adalah emas ataupun properti. Apabila kamu belum mampu untuk melakukan investasi dalam jumlah besar, tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan berbagai perusahaan rintisan yang mempermudahmu untuk mengangsur nilai investasi.

5. Cari pendapatan tambahan5 Tips Mengelola Gaji Kecil, Harus Tetap Berinvestasi
Jika kamu masih merasa bahwa gaji yang kamu terima belum dapat mencukupi berbagai kebutuhan hidup, ini mungkin saat yang tepat untuk mencari penghasilan tambahan. Selama tidak mengganggu pekerjaan, kamu bisa menggunakan kemampuan yang dimiliki untuk memulai bisnis sampingan.

Ingat! untuk tetap atur waktu sebaik mungkin agar tidak sampai mengganggu produktivitas kerjamu. Selain itu, kamu juga bisa mengubah hobi menjadi bisnis yang menjanjikan, lho! Seperti memasak atau membuat kue, membuat kerajinan tangan hingga menjadi penulis freelance.

Nah, itu tadi ulasan mengenai 5 tips jitu yang bisa membantu kamu untuk mengatur gajimu. Intinya, gaji kecil itu bukanlah suatu masalah, jika kamu mengolahnya dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!


Sumber : https://www.idntimes.com/business/ec...mpaign=network

---

cari objekan lain deh


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di