CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Cara Menyimpan Bawang dengan Benar dan Tahan Lebih Lama, Sudah Tahu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3f8815349d0f72282177bc/cara-menyimpan-bawang-dengan-benar-dan-tahan-lebih-lama-sudah-tahu

Cara Menyimpan Bawang dengan Benar dan Tahan Lebih Lama, Sudah Tahu?

Cara Menyimpan Bawang dengan Benar dan Tahan Lebih Lama, Sudah Tahu?

Bawang menjadi salah satu bahan yang harus selalu ada di rak penyimpanan. Tanpanya, makananmu gak akan lezat.

Jenis bawang sendiri beragam, ada yang manis dan kering. Semua itu bisa kamu dapatkan dengan mudah, entah di pasar atau supermarket. Setelah membeli, di mana kamu biasa menyimpannya?

Terlihat sepele dan tak terlalu penting, cara menyimpan bawang nyatanya tak semudah itu, lho. Ada beberapa hal yang harus kamu pahami.

Nah, seperti dikutip dari Mashed, biar bawangmu bisa lebih tahan lama, simak caranya berikut ini, ya!

1. Menyimpan bawang bombay dengan tisuCara Menyimpan Bawang dengan Benar dan Tahan Lebih Lama, Sudah Tahu?
Bawang bombay termasuk sebagai bawang yang manis. Kandungan air di dalamnya cukup banyak. Supaya tak mudah busuk, simpanlah bawang bombay yang masih utuh di dalam kulkas.

Bungkus terlebih dahulu menggunakan tisu, supaya uap airnya bisa terserap. Dengan cara menyimpan seperti ini, bawang bombaymu bisa bertahan hingga sepekan.

Lain lagi kalau keadaan bawang sudah tak berkulit atau terpotong setengah. Supaya tidak terkontaminasi bakteri dan bau bahan makanan lain di dalam kulkas, letakkan bawang ke dalam sebuah wadah kedap udara. Dijamin tetap segar, deh!

2. Simpan bawang kering di ruang terbukaCara Menyimpan Bawang dengan Benar dan Tahan Lebih Lama, Sudah Tahu?
Bawang kering meliputi khasiat bawang merah dan bawang putih. Keduanya memang terlihat sama, tapi jangan menyimpan keduanya dalam satu tempat yang sama.

Uap yang dihasilkan bisa membuat proses pembusukan jadi lebih cepat. Pisahkan wadah keduanya, ya.

Tempat terbaik untuk menyimpan kedua bawang itu adalah di ruang terbuka yang sejuk dan kering dengan suhu 37-45 derajat Celsius. Kamu bisa meletakkannya di jaring-jaring plastik, wadah berventilasi, atau di atas nampan.

3. Bawang cincang bisa disimpan di freezerCara Menyimpan Bawang dengan Benar dan Tahan Lebih Lama, Sudah Tahu?
Saat mencincang bawang, ternyata sisanya masih banyak? Jangan dibuang, karena masih bisa disimpan, kok. Ini berlaku untuk bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih.

Simpanlah sisa cincangan bawang ke dalam sebuah wadah kedap udara atau plastik ziplock. Pastikan pula bawang yang kamu simpan itu satu ragam, ya.

Selanjutnya, letakkan wadah berisi cincangan itu ke dalam freezer. Bawangmu bisa bertahan hingga enam bulan di dalam sana.

Namun, saat dicairkan, bawang memang tak akan sesegar dulu. Kalau digunakan sebagai campuran sup, gulai, atau semur, rasanya bakal tetap sama, kok.

4. Jangan menyimpan bawang dengan kentangCara Menyimpan Bawang dengan Benar dan Tahan Lebih Lama, Sudah Tahu?
Selain memisahkan bawang merah dan bawang putih, jauhkan bawangmu dari kentang mentah. Saat menyimpan bawang bersama kentang, yang terjadi hanyalah malapetaka. Bawangmu bakal menjadi lebih cepat busuk.

Hal itu disebabkan kandungan kentang mentah dengan kelembapan yang tinggi. Tentu saja hal ini dapat berpengaruh kepada tingkat kesegaran bawang. Lain lagi kalau keduanya dicampur ke dalam sebuah masakan, mereka bakal berpadu sempurna di sana. 

Itulah beberapa tips dan cara menyimpan bawang dengan benar, bisa tahan tahan lebih lama pula. Sekarang sudah tahu cara menyipan bawang dengan baik, kan?


Sumber : https://www.idntimes.com/food/recipe...mpaign=network

---

inpo yang bermanfaat nih


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di