CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Sipil /
ILMU TEKNIK : JENIS-JENIS KAYU UNTUK KUSEN RUMAH
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3f57ab8d94d01abc20831c/ilmu-teknik--jenis-jenis-kayu-untuk-kusen-rumah

ILMU TEKNIK : JENIS-JENIS KAYU UNTUK KUSEN RUMAH

1.      KAYU JATI

Merupakan Kayu yang memiliki warna umum coklat ini memiliki urat bewarna coklat gelap Kayu Jati terkenal akan kekuatan dan kepadatannya, yang mempengaruhi durabilitas kayu ini. Minyak didalam Kayu Jati dianggap membuatnya menjadi lebih tahan rayap, dan pori-pori nya yang kecil menyebabkan kayu ini dapat di finishing sangat halus.Kepadatan Kayu Jati membuatnya menjadi kayu favorit untuk dibuat ukiran.

Kayu jati memiliki kekerasan antara 630-720 Kgs/M3

Kayu Jati saat ini juga sering diburu bekas-nya untuk menghasilkan produk berkesan rustic, dan dengan berbagai karakter yang disebutkan tadi Kayu Jati sangat cocok untuk di jadikan furniture berkelas dan bahan bahan ukiran.

2.      KAYU MERANTI

Merupakan Kayu yang bahasa latinnya Mahoni Philipina sering kita temui berwarna coklat kemerahan dan tanpa urat (grain) Kayu Meranti atau sering juga disebut Kayu Kalimantan merupakan kayu yang sering dipergunakan untuk membuat kusen, furniture dan panel. Mendapat julukan Kayu Kalimantan karna meskipun dapat tumbuh diberbagai daerah di Indonesia sebagai negara tropis, Kayu Meranti tumbuh paling baik di daerah Kalimantan. Batang Kayu Meranti dapat tumbuh hingga 70 meter dengan diameter bisa mencapai 4 meter lebih. Kayu Meranti yang bahasa latinnya Mahoni Philipina sering kita temui berwarna coklat kemerahan dan tanpa urat (grain), dijual di toko material sebagai papan atau kaso. Kayu Meranti memiliki tingkat kekerasan antara 580-770 Kgs/m Selain sebagai bahan bangunan dan furniture, Kayu Meranti juga dapat di jadikan Pulp untuk kertas dan buah Tangkawang dari beberapa jenis Meranti dapat dijadikan bahan baku untuk kosmetik.

Tambah ILMU Kayu kalian >>> ILMUTEKNIK : Jenis - Jenis Kayu yang Banyak Digunakan pada Bangunan di Indonesia

3.      KAYU MERBABU


Merupakan Kayu yang berwarna coklat abu gelap atau merah coklat gelap dengan arah serat yang hampir lurus Kayu yang berasal dari Maluku dan Papua ini merupakan jenis kayu keras dan memiliki julukan sebagai Kayu Besi.

Kunjungi website kami ilmuteknik.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.. 



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di