CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Karya Seni Simple Kok bisa Mahal ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3f0f8f68cc955b0323abb0/karya-seni-simple-kok-bisa-mahal

Karya Seni Simple Kok bisa Mahal ?

Hi There, wellcome to my Thread
beberapa waktu ada sebuah karya seni yang mendapati perhatian amat banyak dan sangat heboh di sosial media karena memiliki harga yang terbilang sangat fantastis yaitu sebuah pisang yang diisolasi. dan menurut gue ini adalah sebuah kekonyolan terbesar, yaah walaupun sudah ada banyak karya seni yang juga lebih dulu mendahului kekonyolan ini, tapi tetep aja konyol. 
gue gak begitu ngerti seni, dan itu adalah salah satu alasan mengapa gue gk ngerti juga mengapa harganya bisa melambung tinggi. karena mata orang berdompet tipis mungkin beda dengan mata orang berdompet tebal juga.
Anyway yang akan gue bahas adalah mengapa karya-karya yang terlihat sederhana, simple, gampang banget dibuat bisa melambung tinggi harganya. check it out gan

Faktor Perasaan
Seni adalah hasil dari gumpalan perasaan seseorang yang dituangkan dalam suatu wadah, apapun itu. mungkin kanvas, atau lagu, atau lukisan. Mari fokus ke lukisan yang super mahal. yaah, para pelukis ketika melukis kayaknya bener-bener meluapkan perasaannya ke dalam lukisan nya secara total. dan ketika sang seniman melihat hasil karya nya secara langsung dan guratan-guratannya tepat ia bisa merasakan sesuatu kelegahan perasaan dari lukisan itu, mungkin juga kesedihan, bahagia, atau lucu yang sudah dikeluarkan. tak khayal biasanya hanya orang tertentu juga yang bisa merasakan hal sama dengan pelukis. naah entah bagaimana ada saja orang yang ketika melihat sebuah lukisan itu bisa langsung membuatnya jatuh cinta, karena you know, lukisan tersebut melukiskan isi hati elu yang terdalam dan lukisan itu adalah elu. contoh nya adalah si pisang kali, ibaratnya pisang adalah kita manusia, kanvas adalah dunia, dan isolasi adalah belenggu kehidupan yang mengikat kita dengan dunia (hutang, sedih, stress, patah hati) yang membuat kita sadar jika belenggu itu tidak dilepas maka pisang tersebut akan membusuk alias mati, yang dalam kehidupan artinya kalau lu berlarut-larut dalam kesedihan itu bisa membawamu ke stress yang mendalam dan berujung death. dan anehnya mengapa kolektor seni itu kaya. 

Seniman udah Punya Nama atau Udah Terkenal
Produk dari Apple itu pasti bagus, seberapa mahal pun pasti ada aja manusia yang beli padahal upgrade yang diberikan tidak banyak. Ini adalah salah satu perbandingan yang gue rasa cocok untuk seni-seni yang ada, seorang seniman terkenal dengan karya-karyanya yang melegenda pasti juga mendapat cap "karyanya bagus" oleh fanboy atau penggemarnya, yaah dalam hal ini untung-untungan lah, tergantung jodoh aja sih menurut ane. kalo udah dapet cap bagus mah, gue rasa kayak jual-beli gitu. seperti bakso yang terkenal, HP yang bagus, Adidas, Nike dan lain-lain. lebih tepatnya mereka brand atau merek. dan pembelinya juga gue rasa korban merek.

Status/Gengsi
Siapa sih yang gak pengen pamer kekayaan sesekali dalam hidupnya, pengen nunjukin kalau udah sukses. yup salah satu cara nya adalah dengan beli lukisan mahal atau merek. bayangin aja, lu milyarder punya uang banyak, rumah dah mewah, mobil BEH lamborgini, tapi masih kurang bergengsi, belilah lukisan terkenal untuk menunjukkan "status sosial". orang kaya mah banyak tapi orang kaya dengan selera tinggi dikit. nah lukisan mewah nan mahal,  juga salah satu cara buat nunjukkin status seseorang. menunjukkan kalau "Hey, lu liat lukisan putih polos ini, ada makna yang dalam di dalamnya yang gak bisa orang biasa lihat." nah ketika lu kaya dan ada sesuatu yang beda dan membedakan ini, lu terlihat istimewa di antara orang kaya. that's society for you 

OK gan, itu aja sih dari gue sang kurator kondangan kelas ke bawah berkantong tipis + sok tahu kali yah. kalau kalian punya pendapat tentang seni, dan mengapa kadang bisa mahal, dan punya sudat panjang seniman gue dengan sangat berbesar hati mendengar aspirasi kalian.

Mungkin karena bahagia itu mahal harganya, sedangkan bahagia bisa didapatkan dengan kesederhanaan.....jadi membeli kesederhanaan untuk mendapat kebahagiaan emoticon-Hammer (S) lewatkan saja...
profile-picture
dirawan09 memberi reputasi
Quote:


Yup bener agan. Tapi kesederhanaan juga kadang gak harus dibeli, bikin sendiri aja kali yah emoticon-Cendol Gan
seni itu mahal gan.., ga semua orang bisa melakukannya emoticon-thumbsup
Mungkin yang mahal adalah idenya, kita kan juga ga kepikiran bikin pisang dikasih lakban kalo ngga ada karya ini 😂😂
bukan air seni lho
profile-picture
rindudihati memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di