CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3ec1e9af7e931c471549a6/sikap-presiden-jokowi-menolak-kepulangan-wni-eks-isis-sudah-tepat

Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat

Ketegasan sikap Presiden Jokowi Untuk menolak kepulangan mantan simpatisan ISIS dinilai sudah tepat. Selain melanggar hukum, eks simpatisan ISIS ini juga dianggap telah memilih jalan hidupnya sendiri. Termasuk membakar paspor bekal kepulangan mereka ke Tanah Air.
Sikap tegas Jokowi menolak kepulangan WNI eks kombatan ISIS dinilai sudah tepat. Saya pribadi-pun setuju atas hal ini. Membayangkan saja sudah bikin ngeri. Itupun jika jumlahnya sedikit, lha ini 600 an orang, tentunya bukan angka yang main-main. Jika mereka tiba-tiba "kambuh", siapa yang akan menjamin keselamatan dan keamanan warga lainnya. Selain itu masih ada kekhawatiran jika mantan kombatan ini justru akan mempengaruhi lingkungan tempat ia tinggal. Mengingat, kebiasaan hidup mereka dengan kelompok ISIS begitu ekstrim.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak setuju jika warga negara Indonesia (WNI) yang pernah bergabung dengan kelompok radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) akan dipulangkan ke Tanah Air. Sikap Jokowi ini dianggap sudah tepat.
Pengamat terorisme yang juga Pendiri Yayasan Prasasti Perdamaian, Noor Huda Ismail menyatakan bahwa sikap Presiden ini sebetulnya sudah benar. Terkait kepulangan WNI ini menurut Noor Huda, ada hal-hal yang harus diperhitungkan pemerintah secara serius. Pertama, Indonesia adalah merupakan bagian dari Geneva Convention. Jika Indonesia melindungi eks kombatan ini tentunya bertentangan dengan isi perjanjian Geneva tersebut.
Dia menuturkan WNI eks ISIS tersebut memang telah mengambil sikap, melepaskan kewarganegaraannya dan memilih hijrah ke Negara Suriah. Namun di sana, nyatanya mereka tinggal di daerah yang tak bertuan dan bukan menjadi warga negara resmi Suriah. Kendati telah melepas warga negaranya (WNI), namun mereka juga pernah menjadi warga Indonesia meskipun pernah keluar dengan bermacam alasan, termasuk membakar paspor milik mereka.
Menurut Noor Huda ini adalah momen Presiden Jokowi untuk menunjukkan kepada warganya bahwa keputusan hijrah dengan ISIS memiliki dampak yang sangat buruk. Ia menambahkan, bahwa eks kombatan ISIS ini telah memutuskan untuk menolak NKRI dan memilih meninggalkan Indonesia demi ISIS.
Noor Huda juga berpendapat para WNI eks ISIS telah memilih jalan hidupnya. Jika mereka sampai dipulangkan, para penganut paham radikal yang lain tentunya malah akan mempermainkan status kewarganegaraan seperti yang dilakukan WNI eks kombatan ISIS.
Presiden dengan tegas mengutarakan pendapat pribadinya menolak, hal ini untuk menunjukan jika akan bertindak, memutuskan untuk bergabung dengan ISIS, tentu akan ada konsekuensinya. Sehingga tak bisa main-main. Jika eks kombatan ISIS dengan mudah diterima lagi, nanti dengan mudah radikalisme-radikalisme itu tetap terus berkembang. Bukankah hal ini sama mengerikannya.
Jadi nantinya tidak ada efek jera terhadap mereka yang memusuhi negara kita jikalau kepulangan mereka diterima lagi. Kekhawatiran lain yang diungkapkan Noor Huda ialah, potensi mereka akan membangun kekuatan lagi ketika pulang, dan menebar teror serta kekerasan lagi. Hal ini tak bisa dibiarkan.
Noor Huda yakin Jokowi telah memperhitungkan segala efek dari sikapnya yang mengutarakan pendapat pribadi tersebut. Dia menganggap ini adalah peringatan keras Jokowi terhadap para WNI penganut paham radikalisme dan juga terorisme. Mengingat, segala tindakan harus ada konsekuensinya. Semacam efek jera, agar pemerintah juga tak disepelekan.
Dengan menolak mereka kembali diharapkan benih-benih radikalisme dan terorisme akan rampung. Jika tidak, pastinya malah akan menambah daftar panjang PR bagi pemerintah untuk mengatasinya.
Bukan soal satu dua nyawa, jika sudah begini urusannya menyangkut stabilitas keamanan nasional. Kemungkinan akan ada rehabilitasi atau semacam edukasi bagi eks kombatan ISIS, namun apakah sudah menjamin mereka bakal sembuh dari doktrin-doktrin yang sudah mengakar kala bergabung dengan kelompok berhaluan kiri tersebut. Pasalnya, kebiasaan tak akan mungkin hilang secara instan dan cepat bukan? Salah-salah bukan menekan atau mengembalikan mereka ke jalan yang benar, namun akan membangkitkan jiwa pemusnah mereka di Tanah air.
Selain itu keamanan dan kenyamanan hidup warga lainnya memang perlu diprioritaskan. Tak menampik jika hidup berbarengan dengan mantan simpatisan ISIS ini rasanya sedikit ngeri. Mungkin, setiap manusia punya kesempatan untuk menjadi baik lagi, tapi wajib diingat mengambil keputusan dan bertindak akan selalu ada konsekuensi yang harus dijalani, salah satunya penolakan untuk pulang ke kampung halaman.


Sumber: https://pepnews.com/politik/p-e158b1...is-sudah-tepat

profile-picture
profile-picture
profile-picture
scoffield24 dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
setuju
Kenapa kaga dipulangkan dengan syarat 1 ginjal di ambil pemerintah buat donor.

Lalu pulangnya ga boleh ke indonesia, ambil 1 pulau di gugusan natuna rubah menjadi kamp konsentrasi mreka, lalu bangun pabrik disana, tenaga kerja gratis.

Gaji dengan ransum makan harian kalau kaga kerja kaga dpt makan, tembokin keliling pulaunya, generasi ke 5 baru boleh keluar dri pulau itu.

emoticon-Ultah

emoticon-Jempol
profile-picture
ichachi memberi reputasi
Diubah oleh longneversee
Lihat 2 balasan
Emang nih emoticon-Bingung penulis nya dari kampret semwa.
Tak hayal kitak dianggap angin lalu emoticon-Marah
Mereka jelas pakek prinsip seimin emoticon-Blue Guy Bata (L) berantasss !
biarlah hanya Tuhan yg Maha Pengampun, manusia tidak 😀😀😀😜
Lihat 1 balasan
Balasan post longneversee
Generasi kelima dendamnya bakal jadi 5 kali lipat donk
Quote:


Ad caranya bro, namanya sterilisasi.

Generasi 4 sedari bayi diambil negara, dan dimasukkan kamp militer beda pulau.

Lalu generasi 5 tumbuh sebagai generasi steril.

Gw pernah ngpost ginian buat hukuman korupsi di FB pakde.

Eh malah di delete adminnya.

emoticon-Jempol

emoticon-Ultah
Diubah oleh longneversee
Lihat 1 balasan
Eks WNI pendukung jangan diterima.
Mereka pergi gabung ISIS ataa kemauan dan biaya sendiri.
Berjuang dengan ISIS sama dengan tidak mengakui NKRI.

Begitu ISIS keok mosok mau balik?
No way.
Virus radikalisme apalagi yang sudah jadi pejuang ISIS hampir mustahil diperbaiki. Contoh nyata Abu Bakar Baasyir.
emoticon-Blue Guy Bata (L)

Beda ya sama WNI yg di Wuhan.
Mereka ke sana dalam rangka belajar atau kerja bukan menghirup virus.
Makanya aneh mereka malah ditolak di Natuna.
emoticon-Entahlah
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan qavir memberi reputasi
Baguslah....
Biar jadi pelajaran buat yg masih pengen gabung isis. There's no turning back !!!
mang udah ditolak? sorry gw kurang update.. link pls

tar drama akhir nya di setujui..happy ending
kayak gak ngerti doi aja..





pencitraan 4.0
Diubah oleh jonfaisal
Balasan post tmzhnks
Bener sih gan...ane males kalau ada yang bilang " Tuhan tuh maha pengampun, masa kita sebagai manusia tidak memaafkan"...ehm kita manusia bukan Tuhan, jadi kita sabarnya juga ada batasnya.... Urusan akhirat ya urusan Tuhan, ...manusia kagak urus...urusan di dunia adalah tegakan aturan, lindungi masyarakat yg tidak terjangkit paham radikal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 2 lainnya memberi reputasi
Aduduh makan apa mereka disana, hutan pun tak ada.

Klo ada hutan kan bisa berburu dan meramu.
waktu yang sudah berlalu nggak bisa diulang. mereka sudah buat salah, sekarang menuai akibatnya. mau perbaiki diri? di sana juga bisa, nggak harus di indonesia.
Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat

Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat

Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat

Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat

Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat

Sikap Presiden Jokowi Menolak Kepulangan WNI eks ISIS Sudah Tepat
Mampusss!!! emoticon-Ultah
Liat video ekse ISIS paling serem itu yg di tembakin trus di ceburin atu2 ke sungai.


emoticon-Najis
Nice, siap2 aja mendekatkan diri kepada 72 bidadari
Diubah oleh donal.duck.
Balasan post longneversee
Ya didelet lah, dia bilang, "gile kaya banget indonesia"
Sudahlah.. kasih ke suriah. Biar dipancung oleh suriah.
profile-picture
ATR42 memberi reputasi
Mereka itu isis eks wni,jelas nda diterima pak de lahemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
himawanjati memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di