CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Walhi Pertanyakan Jaminan Jokowi soal Ibu Kota Baru Bebas Banjir dan Macet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3eb97a9a972e504c6baf72/walhi-pertanyakan-jaminan-jokowi-soal-ibu-kota-baru-bebas-banjir-dan-macet

Walhi Pertanyakan Jaminan Jokowi soal Ibu Kota Baru Bebas Banjir dan Macet

JAKARTA, KOMPAS.com - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia ( Walhi) mempertanyakan jaminan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memastikan ibu kota baru, Kutai Kartanegara-Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur, bebas banjir dan kemacetan. "Kita enggak tahu jaminannya dari mana. 

Sama seperti menjamin kalau banjir di Jakarta tidak akan terjadi kalau dia menjadi presiden. Kan sama kalau mau ngomongin cuma slogan-slogan kayak gitu, toh tidak jadi jaminan juga ketika dia jadi presiden yang seperti dia sampaikan dulu," ujar Kepala Desk Politik Walhi Khalisa Khalid usai diskusi publik di Kawasan Cikini. 

Khalisa menyebut wajar apabila publik pesimistis karena pemindahan ibu kota tak dibarengi dengan jaminan strategis. Dia mengatakan, pemindahan ibu kota baru dikhawatirkan akan diikuti dengan bencana ekologis seperti yang terjadi di Jakarta dan Pulau Jawa. 

Baca juga: Walhi Sebut Pemindahan Ibu Kota Baru Akan Diikuti Beban Ekologis Menurut Khalisa, selama ini pemerintah menempatkan Jakarta dan Jawa sebagai pusat ekonomi Indonesia. Kebijakan tersebut dinilai serampangan lantaran Jawa memiliki kerentanan bencana alam. 

Seharusnya, kata Khalisa, keputusan pemindahan ibu kota dapat dibarengi dengan koreksi pembangunan yang terjadi di Jawa. Jika tak ada koreksi, dikhawatirkan krisis ekologis akan terjadi di ibu kota baru. "Artinya krisisnya juga enggak bisa diatasi dan kita belum tahu wilayah yang dijadikan ibu kota karena sampai saat ini publik belum diperlihatkan jaminan itu lewat kajian strategis," kata Khalisa. 

Khalisa menegaskan kajian strategis seperti kajian sosial, kajian ekonomi, hingga kajian lingkungan bukan kebijakan yang main-main. Dengan begitu, ibu kota baru diprediksi akan menyerupai Jakarta dan Jawa. "Tidak ada kajian stragisnya tapi sudah bilang mau pindah ibu kota. 

Ini menjadi kekhawatiran kita dan publik, karena dalam konteks makro enggak pernah ada koreksi terhadap pilihan kebijakan pembangunan kita," tegas Khalisa. Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan ibu kota baru RI yang akan dibangun di Kutai Kartanegara-Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur, akan terbebas dari banjir dan kemacetan. Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka acara Pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1/2020). 

Jokowi menjelaskan bahwa ibu kota baru akan memanfaatkan energi terbarukan. Transportasi massal akan menjadi kendaraan utama dan semuanya akan ditenagai oleh listrik. Begitu juga kendaraan pribadi, Jokowi tak ingin lagi ada yang menggunakan energi fosil. Baca juga: Presiden Jokowi Jamin Ibu Kota Baru Bebas Banjir dan Macet "Banyak orang jalan kaki, banyak orang bersepeda.

 Enggak ada banjir, enggak ada macet," sambung Jokowi disambut tepuk tangan peserta yang hadir. Jokowi menekankan, yang terpenting dari pemindahan ibu kota ini adalah sebuah peradaban baru. Jadi bukan hanya sekadar pindah gedung atau pindah lokasi. "Terpenting bagaimana kita bangun sebuah sistem, pindah pola kerja, kultur, karena ke depan persaingan akan semakin berat. Negara yang cepat akan kalahkan yang lambat," kata Jokowi.


https://nasional.kompas.com/read/202...acet?page=all


bebas banjir dijamin gak ya
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan nomorelies memberi reputasi
Walhi Pertanyakan Jaminan Jokowi soal Ibu Kota Baru Bebas Banjir dan Macet
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jkwselalub3n4r memberi reputasi
ga mungkin bebas banjir tapi kalau bebas anies mungkin..
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gabener.edan memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bebas banjir, macet, polusi udara dan sampah, semoga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gabener.edan memberi reputasi
laahh...minta jaminan ALAM...^^^

yang kagak2 ajah walhi...^^^
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gabener.edan memberi reputasi
Itukan baru dibangun, nantik lihat klo sudah jadi emoticon-Cool
Design nya aj 2M, jangan maen2 ngomongin yg kagak2 yak emoticon-Marah klo inget ente tanya sambil ngeremehin jadi esmosi aj
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
tinggal diatas gunung saja..
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Balasan post unwell
Quote:


kecuali anies terpilih jadi presiden langsung menempati ibukota baru
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gabener.edan memberi reputasi
Balasan post unwell
wait and see aja lah....

tapi yg ane tau ibukota baru lahannya mudah di tata karena masih sedikit penduduknya...emoticon-Malu
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
penampakannya aja belum ada, belum bebas dari apapun, selama koruptor ga dihukum mati dan pungli2 masih merajalela sih ibukota baru cuma bakal jadi fotokopi jekardah emoticon-Tai
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Duh kasian ni WALHI belum kebagian jatah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Rakyatnya diperas, pejabatnya sibuk bikin SURGA baru.

Emang bener2 otak kon**l pejabat2 indon ini, dari pucuk sampe bawah

emoticon-Marah emoticon-Marah
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ahh dulu lu ngomongnya gtu jok.. ga susah2 amat mengatasi banjir dan macet di ibu kota...
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
khas kodok otak di SENSOR SENSOR dileher
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Ntar liat aja hasilnya kek apa, dan ga usah mikirin apalagi ribut², udah ada yg mikir dan mengerjakan
Ya namanya bikin dari awal lebih mudah tata kotanya. Apalagi modal gede, bnyk investor masuk, gak mungkin bikin asal jadi.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi

udah berulangkali di kibuli masi di percaya
soal proyek ibu kota baru ini Pak Jokowi ibaratnya bikin pondasi. entar yang nembok, ngasih atap, sampe finishing yaa presiden Indonesia selanjutnya...

menurut ane, ini juga sedikit kemajuan.. kan selama ini isu pemindahan ibu kota selalu jadi wacana, sekarang udah tau lokasi definitif ampe konsepnya emoticon-2 Jempol

soal banjir, macet, dll. seharusnya lebih gampang ketimbang mengatasi masalah di Jakarta yang kadung padat penduduk... tinggal pemerintah dan presiden setelah Pak Jokowi bisa bikin berkelanjutan apa enggak emoticon-I Love Indonesia


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di