CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / REGIONAL / All / ... / Kalimantan Timur /
HPN 2020 Dan Netralitas Pers
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3eb80c018e0d73aa07e491/hpn-2020-dan-netralitas-pers

HPN 2020 Dan Netralitas Pers

HPN 2020 Dan Netralitas PersOpini: Oleh Fransiskus K. Doken,S.Ikom
Asal Desa Adobala Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur,NTT

Momentum Hari Pers Nasional yang ke 22 ini semestinya menjadikan refeleksi bagi insan pers kita untuk melakukan pembenahan dalam tugas dan pengabdian sebagai kekuatan keempat dan juga sebagai pengontrol kebijakan publik. Satu hal yang mestinya dibenahi, yakni pers harus mengedepankan netralitas pemebrtitaan. Pers juga harus berpihak pada masyarakat kecil sehingga pemberitaannya media menjadi terpecaya dikalangan masyarakat. Inilah salah satu tugas yang harus dikedepankan di era perkembangan dunia digitalisasi ini, mengingat maraknya kehadiran media, baik cetak,elektronik, dan juga online.

Untuk meningkatakan kepercayaan masyarakat, pers juga harus mampu menghadang berbagai efek negatif yang muncul di kalangan masyarakat, maupun melalui jejaring sosial media marak terjadi saat ini. Pers harus kunci mati yang hoax yang marak juga terjadi belakangan ini. Pers harus bersikap netral dan harus bersatu dalam mengkal berita-berita bohong ini. Pers dengan jurnalisnya harus mampu bekerja keras demi menjaga kewibawaannya dan juga harus menjaga agenda-agenda besar bangsa kita yang sedang giat membangun ini.

Apalagi, peringatan pers tahun 2020 ini, berlangsung di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang merupakan pintu gerbang menuju Ibu Kota Negara Baru. Agenda besar bangsa ini, mestinya dijadikan sebagai awal yang baik bagi pers melalu peringatan hari pers tahun 2020 ini, sehingga segala proses pemabangunan bangsa ini dapat berjalan dengan lancar, karena juga berkat dukungan dari pers melalui informasi-informasi menarik yang perlu diketahui oleh publik. Sebagai kekuatan keempat demokrasi, pers harus bergandengan tangan dengan pemerintah untuk mewujudjkan masyarakat yang adil dan makmur menuju Indonesia maju.
Dalam menjalankan fungsinya kontrolnya, kita menyakini bahwa pers kita lebih kedepankan netralitas dan menjaga indenpedensinya, sehingga proses demokrasi kita di era modern ini dapat tumbuh subur untuk kepentingan bangsa dan negara kita indonesia. Pers juga diharapkan lebih giat lagi berkontribusi melalui fungsi informasinya yang benar-benar aktual, terpercaya sesuai fakta dilapangan sehingga menuai kepercayaan publik. 
Dengan melihat berbagai peristiwa-peristiwa sekecil apapun, pers harus jeli meresponnya dan jangan mengagampangan informasi itu.  Untuk itu pers harus senantiasi menjalin kemitraan dengan berbagai pihak untuk memperloleh informasi-informasi yang sesuai dengan fakta yang valid dan terpecaya untuk dipublikasikan sehingga memmenuhi syarat-syarat berita yang disuguhkan ke media.
Sehingga dengan demikian, momentum HPN 2020 menjadi momen penting bagi insan pers untuk melakukan refleksi jurnalismenya. Selamat Hari Pers Nasional 2020.




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di