CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Komisi I Soal Pemulangan WNI eks ISIS: Mereka Sudah Gugur Secara Kewarganegaraan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3eae0ceaab253845195948/komisi-i-soal-pemulangan-wni-eks-isis-mereka-sudah-gugur-secara-kewarganegaraan

Komisi I Soal Pemulangan WNI eks ISIS: Mereka Sudah Gugur Secara Kewarganegaraan

Komisi I Soal Pemulangan WNI eks ISIS: Mereka Sudah Gugur Secara Kewarganegaraan
Komisi I Soal Pemulangan WNI eks ISIS: Mereka Sudah Gugur Secara Kewarganegaraan

Merdeka.com - Anggota Komisi I yang juga politikus PDIP, Effendi Simbolon, tidak setuju apabila pemerintah memulangkan ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) bekas simpatisan ISIS. Wacana ini sebelumnya disampaikan Menteri Agama, Fachrul Razie.

"Kami terus terang menolak dengan tegas untuk rencana atau wacana pemerintah untuk mengembalikan memulangkan eks WNI. Saya menyatakan, begini karena mereka sudah gugur secara kewarganegaraan," kata Effendi di sebuah diskusi dengan tema '100 Hari Kabinet Jokowi-Ma’ruf' di Ibis Thamrin Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2).

"Di UU itu kan bila mereka sudah menyatakan diri dan seterusnya itu kan gugur. Apapun catatannya, apalagi ini perbuatan yang jelas-jelas melanggar hukum di bidang teroris dan seterusnya," sambungnya.

Dia yakin Presiden Jokowi akan sependapat dengan dirinya menolak untuk dikembalikan ke Tanah Air.

"Pak Jokowi sudah beri sinyal bahwa tidak akan menyetujui, sehingga kita berharap jangan lagi dilontarkan ke publik, sudahlah cukup tidak akan dilakukan evakuasi, biar kan mereka ada di luar, di sana," ujar Effendi.

Sikap tegas harus ditunjukan sebagai bentuk konsekuensi terhadap keputusan mereka untuk menjadi simpatisan ISIS. Padahal itu berlawanan dengan hukum.

"Dan itu sudah keniscayaan, dinamika, dan konsekuensi tiap warga negara yang milih sebuah gerakan yang jelas-jelas bertentangan dengan ideologi kita, bukan hanya ideologi kita, tapi juga bertentangan dengan nilai-nilai humaniter dunia," kata Effendi.

Diketahui, asal mula wacana pemulangan ini dicetuskan oleh Menteri Agama Fachrul Razie. Dia mengatakan pemerintah bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mendata ada 600 WNI yang tersesat setelah sempat ikut gerakan ISIS di Timur Tengah.

"Sekarang mereka terlantar di sana dan karena kepentingan kemanusiaan akan dikembalikan ke Indonesia dengan sebagian dari mereka telah membakar paspornya dan dalam waktu dekat BNPT akan memulangkan 600 orang yang sekarang tersesat di ISIS," ujar Fachrul dalam acara deklarasi Organisasi Masyarakat Pejuang Bravo Lima di Ancol Hotel, Jakarta, Sabtu, 1 Februari 2020.

jihad

Otomatis gugur kewarganegaraannya..
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
mulangin 600 orang yang jelas2 berkhianat ke negara itu ga gampang, siapa yang mau repot2 ngurusin 600 pengkhianat? itu yang teriak mau nolongin atau bantu ya pergi sana buat bantuin mereka, kenapa minta orang lain tolongin? kan konyol...emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mindhaze dan 13 lainnya memberi reputasi
anak SMA juga tau ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bahasa halusnya begitu..
bahasa benernya: pengkhianat NKRI..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 4 lainnya memberi reputasi
padahal sekarang lagi mikir yang didalam banyak yang dah kesurupan paham radikal, eh ini malah mau nambah 600 ekor eks wni kombatan isis.. kurang kerjaan amat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
coldblacksnow dan 6 lainnya memberi reputasi
Komisi I Soal Pemulangan WNI eks ISIS: Mereka Sudah Gugur Secara Kewarganegaraan

Komisi I Soal Pemulangan WNI eks ISIS: Mereka Sudah Gugur Secara Kewarganegaraan

Komisi I Soal Pemulangan WNI eks ISIS: Mereka Sudah Gugur Secara Kewarganegaraan

Komisi I Soal Pemulangan WNI eks ISIS: Mereka Sudah Gugur Secara Kewarganegaraan

Komisi I Soal Pemulangan WNI eks ISIS: Mereka Sudah Gugur Secara Kewarganegaraan

Komisi I Soal Pemulangan WNI eks ISIS: Mereka Sudah Gugur Secara Kewarganegaraan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 4 lainnya memberi reputasi
Yaudah sih ngapain di debatin lagi, udah jelas juga status mereka bukan WNI emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 4 lainnya memberi reputasi
Gak maw tau, Menag mengijinkan pulang emoticon-Blue Guy Bata (L)
Yg penting seimin emoticon-Malu
Hilih emoticon-Marah,klean pengecut, klean takut klo seimin kitak pulang. Seimin kitak jago kombat lapangan yg sudah pernah di medan perang.
Klean takut ndak berani melawan lalu tunduk dibawah mereka emoticon-Blue Guy Bata (L) bila mereka bisa pulang
Hilih, ngakuk emoticon-Blue Guy Bata (L) kaw tikus pengecut




emoticon-Leh Uga njir protes nya bikin ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
Lihat 2 balasan
setuju wak siapapun anda
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 2 lainnya memberi reputasi
Pasti gugur lah kan dah masuk tentara isis !


emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 4 lainnya memberi reputasi
Kader PKS siap membina ISIS ex WNI khusus ibu beserta putri-putrinya.
emoticon-Belgia emoticon-Belgia emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeledi dan 4 lainnya memberi reputasi
Ngapain sih orang kyk gitu masih dibelain



Kyk kurang kerjaan aja emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Media ada agenda apa ya? Kok nyebutnya WNI ex ISIS padahal jelas sudah bukan WNI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Cari janda nya gitu...??
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ngapain dipulangin?

mereka sendiri yg secara sadar pengen gabung dengan isis

mending mikirin hal lain yg lebih penting...

emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lennon69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post mibmobz
bayangkan jika mereka pulang, d rekrut ma FPI, lalu seragamnya ada tulisan ex combatan ISIS (kaya banyak baju2 tulisan ex Nusakambangan, dan pada bangga pakai baju itu) lalu merazia rumah makan... pasti pada gentar lapak2 nya emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 4 lainnya memberi reputasi
Hidup memang harus memilih. Semua keputusan pasti ada resikonya, ada harga yang harus dibayar.

Perang idiologi memang harus membutuhkan keberanian, ngak ada salahnya saling merangkul.

Menelantarkan mereka malah akan semakin menumbuhkan rasa kebencian dari pendukung mereka di tanah air.

Menolak mereka bukan jadi jaminan tanah air akan aman dari bahaya radikalisme, aksi teror akan tetap ada. Mereka malah semakin nekat menerobos masuk ke tanah air kemudian melakukan aksi teror, ini yang akan sulit dideteksi ketimbang sebelum mereka sampai di tanah air di data, di lakukan screening dahulu di sana dengan ketat, kemudian setelah tiba di tanah air di monitor dengan baik. Selanjutnya pemerintah ambil sikap tegas dalam menindak aksi² intoleran.

Dan setidaknya, kalaupun pemerintah mau membantu meringankan beban masyarakat baik di Suriah maupun di Irak dimana mereka dalam kesusahan pastinya juga sudah bantu juga mereka yang stateless selama ini, itu sudah baik.

Kalau bicara soal marah dan emosi, lho seharusnya rakyat Suriah dan Irak justru mereka lebih emosi dan marah dari kita, tapi kenapa kita malah lebih emosi dari mereka. Suriah dan Irak melakukan penindakan hukum, mengadili kepada para kombatan, tapi mereka ngak mau, ogah mengadili anak² dan perempuan, Suriah dan Irak malah meminta agar segera dipulangkan ke tanah air mereka sendiri².

Rusia, Belgia, Perancis, Inggris, Chechnya, Maroko, Kosovo, Kazakhstan yang tidak punya Pancasila mereka mau repot buat mulangin warga negaranya yang eks ISIS non kombatan, karena demi kemanusiaan. Buat Belgia, Inggris dan Perancis yang diterima anak², kalau yang perempuan enggak, status kewarganegaraan dicabut. Bahkan yang kombatan diadili di negaranya, seperti yang dilakukan Rusia dan Perancis.

Gue salut buat Naila Syafarina, seorang perempuan Indonesia, yang ketika masih berusia 19 tahun pergi ke Suriah bersama keluarganya pada 2015. Dan sekarang di usianya yang ke 23 dia bersama dengan beberapa anak muda Indonesia yang juga sempat bergabung dengan ISIS, kini gencar mengadvokasi para pemuda tentang bahaya radikalisasi online. Radikalisasi secara online telah menjadi perhatian utama dalam beberapa tahun terakhir di Indonesia, negara mayoritas Muslim terbesar di dunia.

Sementara di Rusia, seorang perempuan eks-ISIS itu bernama Zalina Gabibulayeva (38), ibu dari lima anak. Di sekolah, dia mengajar tentang bahaya ekstremisme. 

Republik Chechnya menerima Gabibulayeva. Saat ditemui AFP, dia mengenakan khimar (penutup aurat) bermotif macan tutul. Dia menjelaskan bahwa pengalamannya bisa berguna.

"Kami berguna. Kami bisa menjelaskan kepada generasi muda tentang apa yang terjadi kepada kami, jadi mereka tidak membuat kesalahan yang sama seperti yang kami lakukan," kata Khimar, sementara dua anak kecilnya bermain di lantai di sebuah apartemen Grozny.

Mau melawan kebencian dengan kebencian yang dijajakan oleh para pengasong kebencian, ya Monggo.

Sekali lagi, apa pun keputusan pemerintah harus dihormati bersama nantinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doombringer2211 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh 54m5u4d183
Lihat 1 balasan
palingan partai selangkangan pksit....yg ngotot minta dipulangin teroris isis bin itiiiil.emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
otak.100cc dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dengan perginya mereka ke suriah untuk bergabung ke ISIS berarti secara otomatis gugur kewarga negaraan mereka. karena sudah jelas tidak mengakui NKRI lagi dan lebih memilih menjadi warga negara ISIS.

sehingga tidak ada kewajiban lagi bagi pemerintah Indonesia untuk memulangkan mereka ke Indonesia. walaupun notabene asal muasalnya dari Indonesia. Itu sudah jadi resiko atas pilihan mereka.

emoticon-Jempol emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
lennon69 dan ayic222 memberi reputasi
Quote:


Denger2 Amin Rais dukung pulangkan ex isis tsb
Jawaban cerdas
profile-picture
ayic222 memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di