CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Tips Belajar Bahasa Inggris Alakadar nya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3e9df9f4d695704701e451/tips-belajar-bahasa-inggris-alakadar-nya

Belajar Bahasa Inggris gampangan

Hi There, Wellcome to my Thread and hari ini gue pengen membagi-bagi tips kecil gue dalam mempelajari bahasa inggris versi gue. Peringatan, bahasa Inggris yang gue maksud di sini adalah penggunaan sederhananya, bukan lewat teori yang berbelit-belit, belajar tenses yang jujur ane udah gak lupa, atau grammar dengan aturan yang sangat banyak, tinggalin Thread ini kalo elu lagi kepepet pengen ikut tes TOEFL, atau ujian kenaikan kelas. karena di sini gue ngajarin lu buat mengerti bahasa inggris aja. Oke, mari masuk paragraf pendahuluan.

Bahasa Inggris, Bahasa yang sudah jadi bahasa penghubung berskala internasional di mana dipakai buat berkomunikasi antar negara, bukan cuma itu bahkan di sosial media juga bahasa inggris sudah menjadi bahasa yang umum dipake, sekarang netizen ngebacoti donald trump walaupun bukan warga negara amerika di forum apapun, atau mungkin lu mau cari jodoh orang eropa, yah bahasa yang lu pake buat komunikasi dengan mereka pasti bukan bahasa Jepang atau China, yang pasti bahasa inggris. bahkan beberapa public figure kita, kadang ngomongnya udah kecampur inggris-inggris gitu. jadi yah, gue rasa perlu juga buat kita belajar bahasa inggris biar ngerti apa yang dikatakan orang. jangan sampai orang teriak "f*ck you" kita bilang "oh yeah, thank you".

Oke mari masuk ke tips nya

1. Dengerin, dan nyanyiin lagu inggris yang lu suka (paling mainstream)

dengerin di sini maksudnya agar lu terbiasa dengan kata-kata inggris, catet lirik nya dan nyanyiin, tapi kalo loe tertarik dengan makna lagunya loe juga bisa tuh cari terjemahannya jadi biar bisa lebih baper lagi dah.
di sini secara gak langsung lu bisa nambah kosa kata, terus memperbaiki pronounciation  (pengucapan).


2. Nonton film inggris dengan subtitle bahasa inggris

yaah gue paham ini juga mainstream. tapi dari menonton film dengan subtitle bahasa inggris bisa membuat lu paham pronounciation dari kata-kata bahasa inggris yang mereka ucapin. atau kalo lo cuma mau belajar kata-kata aja, nonton anime dengan subtitle bahasa inggris juga boleh. dan juga siapin lah kamus HP mu kalo pengen nambah-nambah kosa kata
apa sih yang bisa kita dapat dari sini ? inget bro, lu mau tau apa yang mereka ucapin. dan kalo lu nonton film bahasa inggris lu bisa terbiasa dengan situasi mereka ngomong. dan kadang bahkan tanpa tahu terjemahannya, lu bisa ngerti apa yang mereka ucapin dan apa yang terjadi. dan ini yang gak lu dapet di sekolahan yaitu ngebiasain bahasa inggris dengan keadaan.
contohnya:
ketika orang haus terus dia ngomong "i'm thirsty" lalu dia ambil air terus dia minum, secara gak langsung lu tahu kata thirsty itu artinya haus
ada orang yang memberi julukan penjahat "mad man", dan orang yang dikasih julukan itu melakukan tindakan sadis kayak membunuh atau genosida, lu bisa terjemahin mad itu gila.

dan masih banyak contoh lainnya yang bisa lu jelajahi gan, frasa-frasa, penggunaan kata yang berbeda dari yang lu dapat di sekolah, atau tempat kuliahan.

3. Pahami bahasa inggris sebagai bahasa inggris

ini membingungkan yah gan, ane paham. let me explain, seperti yang gue sebutin di poin ke dua tadi, lu ngebiasain bahasa inggris dengan keadaan. bagaimana sih ? yah lu tidak perlu menerjemahkan bahasa inggris ke bahasa indonesia. seperti contoh nya book artinya buku, coba sekarang lu ambil buku dan dan bilang "it is a book" nah di sini ketika lu ambil buku dan menyebut nya "it is a book" , tanpa terjemahan bahasa Indonesia pun lu tahu benda itu apa, benda yang lu pegang adalah book dalam bahasa inggris. atau ketika capek lu bisa ngomong "aarrgh, i'm so tired, i hope there is a good bed here so i can sleep"


4. pastinya latihan terus

another boring method, ya ini udah pasti lah. kalo pengen ngerti yah harus sabar dan dilakukan terus menerus. tapi gunakan metode yang lu suka, mungkin lu suka dengar musik, belajar dengan musik, dengan film atau dengan membaca berita atau mendengar komentator permainan bola. banyak metode untuk membiasain diri dengan bahasa inggris, metode di atas adalah metode yang biasa gue pake, kalo lu punya metode lu sendiri, you can share it here.

sengaja kecampur bahasa inggris buat sekalian belajar.
Diubah oleh dirawan09
tulisannya keren sekali!
ketahui berbagai vocabnya dulu, pronounce, baru grammar belakangan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di