CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Kalau Hidup Hanyalah Tentang Untung atau Rugi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3e761fdbf7642f704d2ad1/kalau-hidup-hanyalah-tentang-untung-atau-rugi

Kalau Hidup Hanyalah Tentang Untung atau Rugi

Kalau Hidup Hanyalah Tentang Untung atau Rugi
(sumber : inilah.com)

Siapa sih yang mau rugi? Entah itu rugi waktu, tenaga, pikiran, materi. Pasti kebanyakan ga bakalan ada yang mau ngalamin kerugian. Pasti pada berlomba-lomba untuk mencari keuntungan. Bukan sebatas keuntungan materi aja ya yang saya maksud.

Saya merasa, semakin lama orang-orang semakin banyak yang tidak peduli lagi satu sama lain. Sudah hilang yang namanya kepedulian, toleransi dan kemanusiaan. Banyak orang yang menutup hatinya. Berpikir bahwa hidup ini hanya tentang dirinya sendiri ataupun keluarganya. Orang lain? Keluarga aja bukan, ngapain diurusin. Bener gak gan?

Beberapa hari yang lalu, saya sendiri mengalami hal ini. Saya sedang berkendara ke arah rumah sehabis jogging. Di perjalanan tepat sebelum persimpangan, saya melihat sebuah mobil yang ban nya jatuh ke dalam got yang cukup dalam. Saya tepikan motor saya dan membantu orang itu. Berulang kali kami berdua mencoba untuk mengangkat mobil itu, namun masih tidak sanggup.
Kalau Hidup Hanyalah Tentang Untung atau Rugi
(sumber : saibumi.com)

Kurang lebih seperti ilustrasi di atas lah. Tapi mobilnya gedean gan, pajero. Mirisnya, selama kami berusaha berulang kali. Banyak orang yang hanya main lewat saja. Bahkan di persimpangan yang sempat dalam keadaan lampur merah. Dari sekian banyak orang, tidak ada yang membantu. Malah kesannya menonton saja. Walau pada akhirnya datang juga 2 orang yang berboncengan membantu kami. Barulah mobil itu bisa diangkat dari got.

Bukannya bersifat sok baik atau seolah-olah saya yang paling benar. Tapi kalau dipikir-pikir. Masa iya se begitu apatis kah orang-orang jaman now? Benar-benar tidak ada lagi rasa kepedulian? Memangnya sesibuk apa kah sampai-sampai untuk membantu orang yang sedang kesusahan atau mengalami musibah saja tidak mau.

Saya sendiri secara pribadi menanamkan prinsip dalam diri saya. Selagi saya sanggup dan saya bisa, pasti saya akan bantu, siapa pun itu. Masalah untung atau rugi buat saya, itu hal belakangan. Memang sih, kalau dipikir-pikir yang namanya membantu itu kita rugi waktu sama tenaga. Tapi itu sebenarnya bukan alasan untuk tidak membantu satu sama lain.

Kalau Hidup Hanyalah Tentang Untung atau Rugi

(sumber : steemit.com)

Namanya juga manusia. Kita diciptakan dengan ego masing-masing dan pikiran yang berbeda-beda. Terkadang, kita perlu menyampingkan yang namanya ego itu, pikiran soal untung atau rugi. Hidup ini terlalu singkat jika hanya dihabiskan untuk diri sendiri, keluarga maupun orang terdekat. Ga ada salahnya kok membantu orang lain yang tidak kita kenal.

Coba aja bayangin. Misalkan ada kecelakaan, korban perlu diantar ke rumah sakit secepatnya. Mau nunggu ambulance kelamaan. Ada orang yang dimintai pertolongan untuk mengantarkan korban. Tetapi orang itu menolak dengan banyak alasan, yang bukan keluarga lah, ribet, ntar ada darah di mobilnya, dll. Apa yang bakal terjadi dengan korbannya gan? Bisa-bisa tambah parah gan, bahkan meninggal.

Jika ada yang sedang dalam kesulitan atau mengalami musibah, baiknya langsung saja kita bantu memikirkan untung atau rugi. Jangan juga berpikir bahwa akan ada orang lain yang akan membantu, jadinya kita tidak perlu membantu. Itu salah, gan. Kalau kita semua berpikiran seperti itu, mau jadi apa dunia ini?

Jangan sampai deh hal itu terjadi. Tidak semua manusia memiliki nasib dan keberuntungan yang sama. Ada orang yang sangat beruntung, ada juga orang yang benar-benar lagi dalam keadaan susah atau tertimpa musibah. Kita yang sedang dalam keadaan beruntung, bantulah orang itu. Percayalah, kebaikan-kebaikan yang kita tanam akan selalu tumbuh dan berbuah manis. 

Kalau Hidup Hanyalah Tentang Untung atau Rugi

(sumber : istockphoto.com)

profile-picture
profile-picture
profile-picture
akutenshi dan 30 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
mantab gan..
terimakasih buat sharingnya emoticon-Recommended Seller
profile-picture
frreze memberi reputasi
Diubah oleh the1thatgotaway
Lihat 1 balasan
Balasan post the1thatgotaway
Quote:


sama-sama gan. Semoga bermanfaat ya emoticon-Angkat Beer
Orang sekarang kan otaknya udah diracuni game.

yang sifatnya harus menang dengan cara apapun. intinya harus menang..

krna dalam game tidak ada yang namanya perasaan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
frreze dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mantul
profile-picture
frreze memberi reputasi
ane pernah dengar kasus pura pura kena musibah di jalan, setelah di tolong, eh motor yg nolong di bawa kabur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
frreze dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post usthalay
Quote:


kasus penipuan akibat tabrakan juga sering denger. ternyata yang ketabrak itu punya komplotan, minta ganti rugi duit. Padahal yang nabrak ga nyenggol sama sekali. emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

kasus kasus kek gini yang bikin antipati
emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
usthalay dan 2 lainnya memberi reputasi
terima kasih udah sharing gan emoticon-Jempol
profile-picture
frreze memberi reputasi
yoi bre, sebarakan semangat enteemoticon-2 Jempol
profile-picture
frreze memberi reputasi
Dh jrg org mau nolong korban kecelakaan atau semacamnya. Takut dikira sbg pelaku yg menyebabkan kecelakaan itu
profile-picture
profile-picture
frreze dan jkwselalub3n4r memberi reputasi
tentang untung rugi....saya ada pertanyaan filosofis menarik.

Tuhan menciptakan manusia...apakah peduli untung rugi??? alias azas manfaat / ga manfaat ? alias azas ikut kemauan NYA atau tidak???

apakah TUHAN menolong manusia "selama dia bisa" kaya prinsip agan.......atau ada perhitungan lain?

dari situ agan bisa tau...apakah hidup ini tentang untung rugi atau tidak.....
profile-picture
profile-picture
usthalay dan frreze memberi reputasi
thanks for sharing..
yupp benar sekali, salah satu wujud empati gan..gak ada istilah untung rugi disaat itu, tetapi ada kah peran kita disitu.
tinggal iya ato tidak aja.
profile-picture
profile-picture
frreze dan jipop memberi reputasi
yah untung pahala, tetep ada feed backnya setiap tindakan.
profile-picture
frreze memberi reputasi
Kadang ada orang yang mau membantu tanpa diminta, ada yang harus diminta dulu baru mau bantu, ada yang bahkan sudah diminta tapi gak mau bantu.

Dan gw termasuk nomor 2
profile-picture
profile-picture
langitnyabiru dan frreze memberi reputasi
Diubah oleh echotechno007
Terbaik gan! emoticon-Wink

Ane juga ngerasain hal yg sama
Kenapa zaman skrng jarang bgt orang" punya rasa empati emoticon-Malu
profile-picture
frreze memberi reputasi
untung rugi.. untung ga rugi...
Kalau Hidup Hanyalah Tentang Untung atau Rugi
profile-picture
frreze memberi reputasi
memang benar sekarang darurat empati
profile-picture
frreze memberi reputasi
Saling tolong-menolong itu baik.
profile-picture
frreze memberi reputasi
Membantu orang itu hal yang baik. Ketika menabur kebaikan, kita akan mendapatkan kebaikan juga, entah darimana datangnya
profile-picture
profile-picture
frreze dan bezoaneh memberi reputasi
Kata Babah Liong pemilik toko material depan rumahku, hidup itu harus selalu cuan (untung).. emoticon-Ngakak (S)

Kalau nggak cuan (atau rugi), mendingan nggak usah hidup.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
frreze memberi reputasi
Diubah oleh muantapdjivva
itu hidup yang gak berguna, terlalu itung itungan sampai lupa bahwa ada hablumminallah dan hablumminnas. bersedekah dan menyisihkan sebagian harta untuk beramal akan membuat hati merasa nyaman, aman, dan tentram
profile-picture
frreze memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di