CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Teknologi Kereta Api Tercepat di Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3e65635cf6c4396226cde2/teknologi-kereta-api-tercepat-di-dunia

Teknologi Kereta Api Tercepat di Dunia

Nama Hyperloop mungkin masih sangat asing terdengar di telinga masyarakat Indonesia. Faktanya, Hyperloop sendiri sudah cukup menggema di jagat teknologi transportasi luar negeri, khususnya di Amerika Serikat.

Hyperloop adalah armada kereta supercepat yang diprakarsai oleh miliarder teknologi kenamaan Elon Musk.

MIT telah menguji coba hyperloop mini.Prototipe kapsul dijalankan pada tabung semivakum. Namun, kapsul itu masih dilengkapi roda dan kecepatannya masih 90 km/jam, masih jauh dari kecepatan target yang mencapai 1.200 km per jam.

Hyperloop diharapkan bisa menjadi salah satu solusi yang bisa memecahkan masalah kemacetan di Indonesia.

Karena itu, perusahaan Hyperloop Transportation Technologies (HTT) menawarkan Hyperloop ke Indonesia. Jika memang nanti terjadi, Indonesia otomatis akan menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki sistem transportasi Hyperloop.

Adapun negara lain yang juga tengah kedapatkan proyek pengembangan Hyperloop seperti Perancis, Republik Ceko, Slowakia, dan Uni Emirat Arab.

Meski nantinya akan seperti ‘kereta’, Hyperloop tidak akan mengusung skema transportasi via rel kereta. Ia akan mengusung bentuk tabung atau kapsul, yang dapat mengangkut hingga 40 orang.

Untuk landasan pacunya, akan ada stator aktif dibangun ke trek dan bereaksi dengan magnet yang dibangun ke dalam kapsul, sehingga mendorongnya melalui tabung tersebut.

Selain itu juga melakukan uji coba gerak hyperloop meskipun masih berjalan di atas tanah, belum di jalur layang. Uji coba itu menjadi gambaran hyperloop pertama di dunia serta kehebatan kecepatannya.

Hyperloop dapat memindahkan penumpang atau juga barang dalam hitungan waktu yang begitu singkat. Bahkan, menurut taksiran HTT, perjalanan dari Jakarta ke Bandung jika menggunakan Hyperloop hanya memakan waktu 9 menit saja. Jakarta ke Yogyakarta cuma menempuh waktu 25 menit.

Jika memang bisa terwujud, Hyperloop digadang-gadang dapat menjadi mobilitas paling diprioritaskan karena supercepat dan irit waktu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fazry281 dan 2 lainnya memberi reputasi
kelihatannya keren dan modern
Diubah oleh fitrah240897
mejeng pejwan.

gue sukanya delman gan.
emoticon-Cool
Masih belum diteliti efek terhadap manusia dgn kecepatan segitu
wow...
moga" cepat jadi gan...
kereta ini seperti salah satu benda yang keluar dari kantong ajaib nya Doraemon emoticon-Matabelo saat nobita selalu terlambat ke sekolah.. emoticon-Cape d...
sangat futuristik skali yaa.. kalo beneran terwujud emg hebat sihh.. tp yg jelas butuh waktu yg gk sebentar buat produk itu bener² bisa dikomersilkan secara luas
wah bermanfaat banget nih gan infonyaa makasih gannn
semoga makin maju jugaa nih transportasi di Indonesia, jangan mau kalah sama negara lainn
waah keren nih kayaknya
keren bangeet, lebih cepat dari pesawat ...
1200KM/JAM ? Gile efek samping ke tubuh manusia gimana yak
Lihat 1 balasan
Balasan post firman0723
Quote:


Secara teoritis bisa dikembangkan hingga kecepatan 4000 km/jam.

Namun belum ada engineer yang mampu mengembangkannya.

Teori bisa menghitung sebebas-bebasnya, tapi engineering dibatasi oleh biaya ekonomi, tenaga kerja (labor), dan material yang tersedia.
kesana kemari jadi lebih cepat dong , tegnologi jaman sekarang keren emang
top markotop emoticon-Jempol
Bagus klo beneran di bangun. Jakarta ga bakal ada macet lagi.
Nah gitu dong berkembang. Gak cuma debat2 mulu hihihi
waduuhhh ini bakalan keren banget gan, mempermudah transportasi lintas kota nih haha
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
berita lama ternyata ,,, udah dari 2k17
semakin kereen teknologinya


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di