CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / ... / Basketball /
ARE GINI BASKET ?? ..... NOOB
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3e2ebdf4d695401415a33e/are-gini-basket---noob

ARE GINI BASKET ?? ..... NOOB

ARE GINI BASKET ?? ..... NOOB



Aahh basket ... olahraga yang identik dengan dunk & crossover. Olahraga yang mungkin no 2 terpopuler di dunia. Olahraga yang dari segi ekonomi adalah salah satu terbesar di dunia. Tapi di Indonesia ..... , basket mungkin nomor kesekian ( kalah pamor nya oleh sepakbola, bulutangkis, voli, bahkan "mancing maniaa" - termasuk olahraga juga kan ?! Heheh ).

Kenapa bisa begitu ? Apa Krn basket sering di sebut atau identik sebagai olahraga yang kurang merakyat & juga mahal ? Padahal main basket gak mahal kok, hanya perlu sepatu & bola basket 100 ribuan ( biasa nya malah nyeker & make bola harga 50 rb an. Gak mahal kan ?! ), langsung main dah. Untuk hal merakyat nya, ane akan coba uraikan nanti ( Kapan ? Taun depan !! emoticon-Cipok ).

Mungkin ini lah 'penyebab' olahraga basket kurang di minati & atau kurang berkembang di Indonesia, berdasarkan fakta2 yg ane temuin :

1. PENGENALAN ATAU PROMOSI YANG KURANG & RASA 'BERBASKET' YG KURANG

Dulu waktu SD ane awal nya main bola. Karena olahraga yg ane tau saat itu yah bola. Tapi kira2 kelas 3 / 4 SD, ane udah tau basket & punya bola nya. Sekolah mungkin udah ngenalin ( ane rada lupa ) tapi cuman sekedar basa basi aja. Gak pernah di kenalin sampe rada agak detil n latihan yg agak sedikit rutin.

Tapi dulu ane tetep lebih milih bola karena kebanyakan anak2 di sekitar rumah pada main bola & bola basket ukuran nya terlalu GEDE ( naahh kebiasaan anak2 SD sekarang tuh pgn main basket pake bola ukuran 7 padahal di turnamen mereka pake ukuran 5. Kalo main biasa, mereka mau nya pake ukuran 7 karena mau ngikutin anak2 'gede'. Kacauu .. ). Tapi kira2 kelas 8 ane udah rada agak sering basketan, walau hanya di sekolah aja.

2. FASILITAS YANG SEMI SANGAT AMAT KURANG

Dari yg ane tau, bahkan bola nya aja kalo buat latihan di sekolah2 SMP biasa nya pake ukuran 7. Padahal di turnamen, untuk kelas SMP, harus nya pake ukuran 6. Itu emang udah rule dari sono nya.

Trus, masih banyak lapangan di sekolah dan open courts yang 'lantainya' gak rata / halus. Belom lagi ring nya yg tinggi nya di bawah 9 feet or 2,75 m. Kalo soal papan nya dari kayu its ok asalkan tinggi ring memadai, drpd papan nya fiber glass tapi tinggi ring 2,6 m ( ajubileh emoticon-Cape d... ).

Belom lagi ketersediaan open courts layak yg kurang. Setau ane, lapangan umum open courts yg biasa nya sering di pake orang n sangat layak n gak di sewain, palingan cuman di taman Menteng & di Monas. Ane gak tau ada dimana lagi ( buat gansis yg tau ada dimana lagi, boleh komen ).

3. KULTUR ORANG INDONESIA

Masih agak sedikit banyak masyarakat kita yg bukan lah seperti masyarakat negara di eropa atau asia yg udah rada maju. Pendidikan & pengetahuan masih kurang di karena kan salah satu nya adalah kurangnya kesadaran masyarakat itu sendiri & peran dari pemerintah.

Orang kita kalo olahraga ( apalagi yg di desa2 ), tau nya bola & bulu tangkis. Kalo warga yg agak sedikit ke kota an, udah tau voli. Basket ?? Itu kaya hal 'langka' ( memang sebagian juga udah tau, tapi ... tetep aja ).

Itu juga salah satu yg menjadi 'dasar' kenapa basket identik dgn orang kalangan menengah ke atas & di bilang olahraga mahal.

Karena orang yg ekonomi nya menengah ke atas, biasa nya pengetahuan nya lebih luas drpd yg ekonomi menengah ke bawah. Dari apa yg mereka baca & tonton & lihat ie jalan2. Kalo ekonomi menengah ke bawah biasa nya udah di sibukin dgn hal mencari nafkah & hal2 yg mereka pikir itu udah jadi 'pembawaan' mereka.

Dan di lihat dari iklan2 & apa yg ada, sepatu basket tuh hampir semua kliatan wah & pasti nya mahal. Belom lagi jersey nya yg asli NBA & bola nya yg merk nya aja udah bikin orang bilang "pasti mahal nih".



Kalo soal krn ukuran tubuh, itu bukan menjadi penyebab nya. Karena banyak kok yg suka n main basket tapi badan nya juga kurang ideal utk olahraga basket ( termasuk di timnas *cough ).

Apakah tubuh yg kurang ideal menjadi penyebab prestasi basket kita yg kurang bagus ?? Bisa jadi. Itu salah satu faktor. Tapi itu bukan jaminan. Kenapa ? Karena di basket ada yg nama nya lari, shoot, game play juga. Naahh ... di hal2 itu lah seharus nya yg menjadi kelebihan pemain kita ( asal metode latihan & training nya rada tepat. Pelatih nya musti bagus sih 😅 ).

Ane lebih suka pemain timnas kita tuh lebih gesit drpd sekedar cepat lari nya ketimbang pemain luar. Kenapa ? Karena lapangan basket tuh kecil & gesit lebih masuk akal drpd kenceng ( contoh ada di bulutangkis ). Trus orang 'kecil' biasa nya juga bagus di shoot n lebih pinter drpd orang gede. Bandingin PG2 dgn Center2 NBA deh.

Dan salah satu faktor penentu kenapa basket kita kurang bagus adalah kurang nya peran pemerintah dalam membantu pengembangan basket ( peran kita juga ). Salah satu nya dari sisi kesejahteraan pemain.

Coba kita logika in = Andai pemain basket gaji nya lumayan menjamin untuk masa depan ( utk ukuran INA yah, bukan ukuran luar ), kira2, bakal banyak gak pemain yg ingin jadi pemain pro ??
Pasti nya iya. Nahh .. kalo begitu, krn banyak yg berkeinginan, persaingan meningkat gk ? Meningkat. Dengan persaingan yg meningkat, skill level main juga meningkat dgn sendiri nya krn jadi nya seperti hukum rimba ie the strong will be the survivor, ain't that right ?!

Ada lagi nih menurut ane knp basket kita kurang bagus. Sama seperti SDM kita, kalo mau bagus, bagusin dulu guru nya. Naahh ... di basket juga sama. Kalo menurut ane, kualitas pelatih di klub n sekolah emang masih kurang bagus & itu bisa keliatan dari rutinitas / metode latihan yg ane liat. Ane mah cuman pemerhati aja, bukan pengamat. Gpp donk ane ngekritik n berpendapat 😝.

Satu lagi nih knp basket kita kurang bagus. Dari dulu ( sama seperti bola ), pemerintah gak pernah nemuin pelatih timnas yg tepat utk karakter pemain kita. Selalu yg di ambil yg hanya berprestasi aja tapi bukan pelatih yg bs bikin pemain berkembang SECARA BERARTI ( ane mah kurang yakin STY bisa bikin timnas bola kita berkembang berarti, bukan berkembang dikit. Tapi as always, I still hoping n giving him a chance and see what will happen coz I do wanna treated like that too 😤 ).


Buat agan2 n sista2, kira2 menurut kalian, apa sih yg menjadi penyebab basket INA kurang menonjol & beri masukan apa yg harus di lakuin agar basket kita meningkat lumayan berarti.

Trakhir, mungkin ini salah satu penyebab knp basket kurang di minatin. Kalo menurut ane, gerakan di olahraga basket tuh lebih banyak n ribet drprd di bola / voli / bulutangkis, apalagi "mancing maniaa" ( gak ada maksud untuk ngerendahin olahraga lain ✌ 🏻).


*Notes = Ane kdg2 liat latihan sebagian klub besar di Jakarta ( bukan pro ) & sebagian sekolah ( ada juga latihan PON ) & sebagian turnamen .... sebagai pengalaman ane.

( Sumber : Google, basket Indonesia, diri sendiri )

--- Kaya nya repost, tapi gak copas n mikir sendiri & rada beda konten nya ---



⛹🏻 🏀 👌🏻 emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Toast
Diubah oleh dlsn_huff


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di