CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ingin Menambah Kharisma Pribadi? Coba 4 Hal Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3e26a58d9b17654607d62d/ingin-menambah-kharisma-pribadi-coba-4-hal-ini

Ingin Menambah Kharisma Pribadi? Coba 4 Hal Ini

Karisma seseorang bisa berarti kemampuan menjadi daya tarik, mempesona pada lingkup dunia sosial sekitarnya, hingga mampu 'influence people' alias mempengaruhi beberapa orang di sekitar. Meskipun ada anggapan bahwa kharisma seseorang itu berbeda-beda, tergantung tipikal masing-masing, tapi beberapa expert psikolog meyakini, ability seseorang itu bisa dipelajari, ditumbuhkembangkan, seperti kemampuan kognitif lain.

Menurut Psychology Today, ada beberapa faktor yang bisa membuat seseorang tampak berkarisma. Point ini seperti rasa percaya diri, rasa optimisme, body language alias bahasa tubuh dan gestur yang ekspresif, aura nyaman dan senang yang dipancarkan saat berinteraksi dengan orang atau exuberance, serta retorika berkomunikasi yang menarik.

Ingin Menambah Kharisma Pribadi? Coba 4 Hal Ini
Daya tarik seseorang terhadap orang lain tidak hanya terpaut pada fisik, tapi banyak hal, sumber gambar pinterest.com

Tapi tidak sempit di situ saja, ada banyak faktor lain yang mempengaruhi. Pastinya, seseorang yang berkarismatik itu seperti dia menjadi magnet, baik secara personality dia, bisa memunculkan antusias di orang sekitar, dan mempunyai gaya bicara slow but sure, selow tapi dia tegas, mempunyai prinsip dengan baik.

Confidence
Rasa percaya diri bisa di deskripsikan sebagai kepercayaan terhadap diri sendiri, berdasarkan pengalaman, pengetahuan keilmuan tertentu maupun kepahaman seseorang terhadap dunia sosial tentang hidup, jadinya dalam kehidupan yang penuh tantangan ini dia bisa ada kemungkinan untuk survive, karena mempunyai dasar pegangan dalam hidup berupa keyakinan tadi.

Ingin Menambah Kharisma Pribadi? Coba 4 Hal Ini
Kepercayaan diri itu penting apalagi jika menyikapi suatu masalah tertentu, sumber gambar irishtimes.com

Bagusnya sih balance, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah dalam memiliki rasa percaya diri. karena kalau terlalu percaya diri bisa menimbulkan arogan, beberapa perilaku berkomunikasi negatif lain seperti sombong, congkak, angkuh, sehingga under estimate terhadap orang lain.

Sebaliknya kalau rasa percaya diri terlalu rendah, bisa jadi dia malah kurang bisa bersaing dalam kehidupan sosial, maupun berprestasi pada sekolah, kuliah, dan dunia kerja. Hanya terbenam pada kekhawatiran tak berdasar.

Tenang aja, rasa percaya diri itu bukan perilaku alami yang gak bisa dirubah pada manusia. Dengan menimba ilmu dan wacana yang tepat, rasa percaya diri bisa ditumbuhkembangkan di dalam diri seseorang. Apalagi kalau ingin menambah kharisma kita terhadap dunia sosial sekitar. Seperti orang yang mempunyai kepercayaan diri terhadap dunia sosial, mau dan mampu mempelajari struktur komunikasi yang ada di beberapa orang sebelum ikut masuk, nimbrung dan membawa suasana menyenangkan.

Misalnya kita bertemu beberapa teman yang sedang membicarakan topik sesuatu. Rasa percaya diri membuat kita mencerna dulu apa yang sedang mereka bicarakan, rasa percaya diri pula membantu kita menemukan momen yang tepat untuk masuk ke topik pembicaraan mereka dengan santun dan winning moment.

Ada orang introvert atau yang anti sosial, rasa percaya diri ini bisa membantu mereka, untuk berinteraksi dan memperluas lingkar pertemanan. Confidence pula yang membantu orang bisa berbicara dengan orang banyak, seperti public speaking. Presentasi atau sejenisnya, berhadapan orang banyak dan mampu meyakinkan mereka terhadap stereotip yang sedang kita bangun. Hal yang sama juga dirasakan jika kita tertantang di dalam dunia bisnis. Kepercayaan diri dibutuhkan dalam menggalang sukses, menemukan jalan yang solutif dalam setiap masalah dalam bisnis.

Ingin Menambah Kharisma Pribadi? Coba 4 Hal Ini
Tidak hanya public speaking secara formal tapi seorang musisi juga membutuhkan kepercayaan diri yang sama, untuk menggemparkan panggung atau music show dengan performance yang menarik, sumber-gambar ultimateclassicrock.com

Coba gali kepercayaan diri yang kita punya. Secara langsung maupun tidak, karisma akan terbangun seiring dengan tumbuh kembangnya kepercayaan diri yang kita miliki.

Exuberance
Dalam Collins Dictionary, kata dalam topik ini bermakna energetic, excited, and cheerful, alias energik, bergairah, dan mampu membentuk aura menyenangkan, nyaman, interactive.

Ketika kita berinteraksi dengan seseorang, dia mampu memberikan suasana yang menyenangkan, berkomunikasi dengan baik, santun, tidak menyakiti hati, bisa menemukan topik yang sangat menyenangkan untuk dibicarakan bersama, serasa ada energi positif dan besar yang ditularkan kepada kita, sehingga hinggap rasa aman, nyaman, tentram, senang ketika berinteraksi, pada tahap tertentu berasa dia adalah king of the moment, berarti dia sedang berperilaku dengan poin yang kita bicarakan ini.

Ingin Menambah Kharisma Pribadi? Coba 4 Hal Ini
Membuat orang lain merasa senang pasti akan berimbas kepada diri kita juga, seperti interesting seseorang akan menimbulkan kesetiaannya pada kita, sumber gambar pinterest.com

Bukan hal yang susah untuk dilakukan atau bawaan genetik, tapi sifat dan kebiasaan seperti ini bisa ditumbuhkembangkan di setiap diri orang termasuk kita. Mungkin bagi teman-teman yang anti sosial, harus agak bekerja keras untuk membiasakan berperilaku seperti ini, tapi semuanya worth kok, karisma bisa ditingkatkan di kehidupan sosial dengan sifat semacam ini.

Optimist
Seperti yang pernah dikatakan oleh salah satu tokoh barat, Winston Churchill, politikus sekaligus tokoh kelahiran Dublin, "A pessimist sees the difficulty in every opportunity; an optimist sees the opportunity in every difficulty", seorang pesimis selalu melihat segala kesusahan tampak di depan mata pada setiap kesempatan, sedangkan seorang optimis selalu melihat ada kesempatan di setiap kesusahan.

Ingin Menambah Kharisma Pribadi? Coba 4 Hal Ini
Diingat aja bahwa setiap kesukaran pasti nantinya ada kemudahan, tinggal kitanya berusaha, sumber gambar success.com

Optimis merupakan perilaku manusia yang mempunyai efek positif terhadap orang lain baik secara mental maupun kesehatan fisik, kata para pakar psikolog. Karena secara tidak langsung optimisme bisa membantu pula mengurangi stres dan menambah umur. Hebat ya? Ya masuk akal karena biaya minim moment merasa susah, cukup cuek dengan omongan orang yang negatif apalagi haters, menganggap momen negatif maupun pengalaman pahit sebagai kejadian yang temporary dan bukan permanen dan dijadikannya sebagai media pembelajaran.

Cukup masuk akal menurut saya secara pribadi karena kebanyakan penyakit berangkat dari penuhnya pikiran pada zaman sekarang ini. Bahkan ada juga yang sampai menyakiti diri sendiri maupun mengakhiri hidup yang berharga ini karena pikiran yang semrawut.

Optimistik di sini bisa diidentikkan dengan cara pandang seseorang terhadap dunia luar. Akhirnya pada dunia sosial, ketika berinteraksi dengan orang yang beragam, dia mengambil sikap sikap well attitude karena memang dia secara pemikiran menganggap semuanya positif, berangkat dari rasa optimis yang dimiliki.

Imbasnya ketika berinteraksi dengan sesama baik orang yang baru maupun kawan lama, bekerja sama dalam suatu urusan, dia mengambil sikap sikap positif, terutama ketika kendala terjadi dia lebih memilih perilaku solutif, menjaga hubungan baik dengan setiap person lain. Secara langsung maupun tidak, kharisma semakin meningkat.

Body language
Meskipun kita tidak mengekspresikan perasaan kita apa yang kita rasakan di dalam hati secara verbal, kebanyakan manusia secara konstan memperlihatkan apa yang sedang dipikirkan dan dirasakan secara non verbal dengan cara body language atau bahasa tubuh. Pergerakan tubuh, gesture mimik wajah, intonasi saat berbicara, semua mengarah ke body language. Dengan mengekspresikan hal-hal positif orang lain akan nyaman selama berinteraksi dengan kita.

Ingin Menambah Kharisma Pribadi? Coba 4 Hal Ini
Butuh ilmu khusus, cuman jika kita sensitif dalam keseharian misalnya sering mengamati tingkah orang lain, nantinya kita bisa memahami sedikit banyak, sumber gambar dreamstime.com

Kalau saya secara pribadi menganggap interaksi dengan orang lain itu sebentuk investasi. Tidak ada yang percuma di dalam dunia ini. kita komparasikan dengan semacam hukum kekekalan energi. Seperti yang pernah dibahas akan kembali oleh salah satu pakar, Robert A. Pelcovits, energi tidak akan musnah hanya berubah ke bentuk yang lain. Misalkan seperti mobil yang berjalan, perubahan energi kimia menjadi energi kinetik, maupun seperti pembangkit listrik tenaga air, energi kinetik diubah menjadi energi listrik.

Mengorbankan sebagian kecil waktu dan tenaga, serta pikiran untuk orang lain merupakan sebentuk pengeluaran energi, dan energi ini tidak akan sia-sia, pasti kita akan mendapat manfaat suatu hari nanti baik langsung maupun tidak. Jangan lupa energi tidak harus selalu objek yang kasat mata. Sama seperti sedekah, memberi orang lain pasti akan kembali lagi ke kita dengan balasan yang berlipat lipat kalau kita menilik sesuai kacamata agama.

Ingin Menambah Kharisma Pribadi? Coba 4 Hal Ini
Dalam dunia sosial seperti interaksi dengan sesama, menghargai orang lain merupakan bentuk investasi yang bakal melekat di pikiran kawan kita, maka alam bawah sadarnya akan membawa dia agar lebih menghargai kita lagi di momen kedepannya, sumber gambar medium.designit.com

Karisma juga tidak harus berarti seseorang harus perfect dulu di suatu bidang lalu bakal mendapat respect dari orang lain. Karena sebenarnya orang lain juga sama seperti kita hanya ingin dihargai. Ketika menghargai orang dengan baik maka investasi tersebut akan berimbas berupa rasa menghargai yang diberikan orang lain terhadap kita.

Satu PR besar kita hanyalah menjadi diri sendiri, menghargai orang dengan baik, selalu percaya diri, optimis kapanpun dimanapun, nantinya beberapa hal ini bisa menjadi boosting kepribadian kita agar meningkatkan kharisma dengan baik.

Ingin Menambah Kharisma Pribadi? Coba 4 Hal Ini

Semoga bermanfaat meskipun ini hanya wacana renyah, selamat beraktifitas, be positive dan just be yourself.




Furqon643




Sumber
Di sini.
Di sini.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di