CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Jangan Marah, 5 Kesalahan Orangtua Ini Harus Kamu Maklumi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d8d320577a970256a8900/jangan-marah-5-kesalahan-orangtua-ini-harus-kamu-maklumi

Jangan Marah, 5 Kesalahan Orangtua Ini Harus Kamu Maklumi

Jangan Marah, 5 Kesalahan Orangtua Ini Harus Kamu Maklumi

Orangtua adalah orang yang paling menyayangi kita di dunia. Mereka telah menyayangi dan merawat kita bahkan sebelum kita lahir. Mereka juga pasti telah mengajarkan banyak hal baik buat kita sehingga kita bisa jadi seperti sekarang. Maka jelaslah bahwa jasa mereka kepada kita sungguh tak terbalas.

Namun demikian, orangtua kita tetaplah manusia biasa yang gak sempurna. Mereka juga membuat kesalahan selama merawat kita, dan mungkin kesalahan-kesalahan mereka masih teringat sampai sekarang. Bahkan, bisa jadi kesalahan mereka berpengaruh besar terhadap hidupmu, sehingga kamu merasa kecewa terhadap mereka.

Perasaan seperti itu wajar. Namun ketahuilah bahwa seringkali kesalahan orangtua disebabkan oleh alasan tertentu. Jika kamu mau memahami kenapa mereka sampai melakukan kesalahan itu, pasti kamu akan lebih mudah memaklumi dan memaafkan. Misalnya, coba pahami situasi yang mendasari orangtua melakukan lima kesalahan berikut ini.

1. Bersikap tidak adil terhadapmu dan saudara-saudaramuJangan Marah, 5 Kesalahan Orangtua Ini Harus Kamu Maklumi
Kalau kamu punya kakak adik, kemungkinan besar pada satu titik kamu pernah merasa bahwa perlakuan orangtua kepada kamu dan kakak adikmu gak sama. Mungkin kamu merasa kakak atau adikmu lebih diistimewakan, sementara kamu seolah dianggap anak tiri. Wajar kalau kamu merasa sedih atau kecewa jika itu terjadi.

Untuk menyikapinya, ada dua hal yang perlu kamu pahami. Pertama, bisa jadi itu sebenarnya hanya perasaanmu saja. Jangan-jangan kakak dan adikmu pun masing-masing merasakan hal yang sama! Kecenderungan manusia adalah merasa bahwa problem yang dihadapinya pasti lebih berat dari orang lain, dan bisa jadi itulah yang terjadi padamu.

Kedua, kalaupun memang benar orangtuamu bersikap kurang adil, hal itu sebenarnya bisa dimaklumi. Membagi kasih sayang dan perhatian secara adil 100 persen itu sangat sulit lho! Kamu sendiri mungkin gak bisa membagi kasih sayang kepada ayah dan ibumu dengan kadar yang sama persis kan?

Artinya, kemungkinan besar itu terjadi tanpa disengaja. Mereka ingin bersikap seadil mungkin, tapi itu sangat sulit. Untuk mengatasinya, coba ungkapkan saja terus terang pada orangtuamu. Kemungkinan besar mereka sendiri gak sadar telah bersikap gak adil, dan pasti akan berupaya untuk bisa lebih adil lagi.

2. Gak memberikan kepercayaan kepadamuJangan Marah, 5 Kesalahan Orangtua Ini Harus Kamu Maklumi
Wajar juga untuk merasa kecewa kalau orangtuamu tampaknya enggan memberikan kepercayaan padamu. Kamu meminta izin untuk berpacaran, tidak diberikan. Kamu ingin pergi dengan teman-teman sampai malam, dilarang. Padahal, usiamu sudah cukup dewasa. Kenapa sih mereka begitu?

Pertama, sadari bahwa bisa jadi dalam kasus itu, kamulah yang bersalah. Maksudnya? Ya, kalau kamu selama ini belum membuktikan diri sebagai orang yang dewasa dan bertanggung jawab. Bukan salah orangtuamu dong kalau mereka gak memberimu kepercayaan. Harusnya kamu introspeksi, bukan malah ngomel.

Tapi ada juga kemungkinan bahwa hal itu terjadi karena orangtuamu memang tipe yang overprotektif. Kamu gak perlu marah, itu sebenarnya bukti rasa sayang mereka yang besar. Coba bicarakan masalahnya baik-baik dengan orangtuamu dan buktikan bahwa kamu bisa menjaga diri sendiri. Dengan begitu, pasti mereka gak akan ragu lagi memberimu kepercayaan.

3. Memilihkan jalan hidupmuJangan Marah, 5 Kesalahan Orangtua Ini Harus Kamu Maklumi
Setiap orang perlu memilih jalan hidupnya sendiri. Kita memang ingin taat pada orangtua, tapi pada akhirnya kita tetap harus mengurus hidup kita sendiri. Maka, tentu kamu merasa kecewa kalau orangtuamu malah berusaha memilihkan jalan hidupmu. Misalnya memilihkan calon jodoh, jurusan kuliah, pekerjaan, dan sebagainya.

Tapi lagi-lagi, kamu sebenarnya gak perlu marah karena itu pun bukti kasih sayang orangtuamu. Mereka memilihkan hal-hal tertentu pasti karena berpikir itu yang terbaik buatmu. Gak mungkin mereka sengaja memilih sesuatu yang buruk supaya kamu menderita!

Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah memberi pengertian pada mereka bahwa kamu ingin menentukan jalan hidupmu sendiri. Jelaskan kenapa pilihanmu berbeda dengan mereka, dan jelaskan kenapa menurutmu pilihan itu lebih baik buatmu. Kalau kamu lakukan itu, kemungkinan besar hati orangtuamu akan melembut dan membiarkanmu memilih.

4. Mendorong kamu berjuang melebihi kemampuanmuJangan Marah, 5 Kesalahan Orangtua Ini Harus Kamu Maklumi
Setiap orangtua pasti ingin melihat anaknya hidup bahagia. Maka mereka pasti akan mendorong anaknya untuk berusaha meraih kebahagiaan itu. Tapi terkadang, sepertinya dorongan mereka terlalu keras sampai melebihi batas kemampuanmu.

Misalnya, kamu merasa gak cukup cerdas di bidang akademik, tapi orangtuamu selalu mendorongmu untuk mendapat nilai bagus di sekolah dan kuliah. Bahkan, ada orangtua yang sampai memberi anaknya hukuman kalau itu tidak tercapai.

Kenapa orangtua sampai 'tega' melakukan itu? Lagi-lagi karena mereka ingin yang terbaik untukmu. Mereka ingin kamu jadi pekerja keras dan pantang menyerah. Mungkin kamu merasa seperti sudah habis-habisan, tapi mereka melihat bahwa sebenarnya masih ada yang bisa diperbaiki darimu.

Maka, amini harapan mereka itu dengan berusaha mendorong dirimu sampai batas kemampuan. Tapi kalau kamu merasa sudah gak sanggup lagi, kamu bisa berkata terus terang pada mereka. Pasti orangtuamu akan mengerti kok.

5. Jarang mengungkapkan penghargaan dan kasih sayangJangan Marah, 5 Kesalahan Orangtua Ini Harus Kamu Maklumi
Setelah berusaha menjadi anak yang baik dan membanggakan bagi orangtua, siapapun pasti akan merasa kecewa kalau orangtuanya tampak seperti gak terlalu menghargai usaha tersebut. Mungkin kamu pernah mengalami hal itu. Sudah berusaha sekeras mungkin, tapi tidak ada pelukan, tidak ada ucapan sayang, tidak ada apapun.

Wajar untuk kecewa, tapi sekali lagi mari coba pahami situasinya. Ketahuilah bahwa ada beberapa orang yang memang tidak terbiasa mengungkapkan rasa sayang secara verbal maupun fisik kepada anaknya. Kenapa? Bisa jadi karena pada saat masih anak-anak pun mereka gak pernah mendapatkan hal yang sama dari orangtuanya.

Dan kamu perlu selalu ingat bahwa meskipun mereka gak terbiasa melakukan itu, bukan berarti mereka gak sayang padamu. Namun gak ada salahnya kalau kamu langsung meminta pelukan atau ungkapan sayang dari orangtuamu. Pasti mereka akan berupaya melakukannya walau gak terbiasa, semuanya demi kebahagiaanmu.

Gimana, setelah melihat lima poin di atas, kamu sadar kan bahwa semua kesalahan orangtua tersebut ternyata ada penyebabnya? Mereka melakukan itu bukan karena gak sayang, tapi justru karena sangat sayang padamu. Maka cobalah maklumi kesalahan mereka dan tetap sayangi mereka ya, sebagaimana mereka telah dan akan selalu menyayangimu!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/family...mpaign=network

---

cara mengungkapkan yang tak biasa emoticon-Peluk
Kesalahan orang tua bisa jadi pembelajaran buat ke depannya pas kita di posisi mereka


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di