CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Xi Jinping Yakinkan Donald Trump Negaranya Sanggup Atasi Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d8c87349d0f1e073ea6cf/xi-jinping-yakinkan-donald-trump-negaranya-sanggup-atasi-virus-corona

Xi Jinping Yakinkan Donald Trump Negaranya Sanggup Atasi Virus Corona

Xi Jinping Yakinkan Donald Trump Negaranya Sanggup Atasi Virus Corona

Beijing, IDN Times - Presiden Tiongkok Xi Jinping menghubungi Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk meyakinkan bahwa negaranya sanggup mengatasi virus corona tipe baru yang hingga Jumat (7/2) telah menewaskan lebih dari 600 orang di Tiongkok, 1 di Filipina, dan 1 di Hong Kong.

Kematian Li Wenliang, seorang dokter yang disebut sebagai whistleblower, akibat terinfeksi virus corona juga menambahkan intensnya perbincangan soal wabah mematikan tersebut.

Pada 30 Desember 2019, Li mengingatkan rekan-rekannya tentang virus mirip Sindrom Pernafasan Akut Berat (SARS) yang menjangkit tujuh orang dari pasar ikan Wuhan. Namun, Li justru dituduh menyebarkan hoaks hingga dipaksa polisi menandatangani dokumen yang berisi pengakuan bahwa dirinya mengeluarkan komentar keliru.

1. Xi mengatakan Tiongkok akan melakukan segala upaya untuk melawan virus coronaXi Jinping Yakinkan Donald Trump Negaranya Sanggup Atasi Virus Corona
Menurut siaran stasiun TV pemerintah yang dikutip Reuters, Tiongkok perlahan memperlihatkan hasil atas usaha merespons wabah virus corona dan percaya diri mampu mengalahkan epidemi tersebut. Xi juga mengatakan kepada Trump bahwa tak ada konsekuensi jangka panjang terhadap pembangunan ekonomi.

Xi sendiri melakukan komunikasi melalui telepon dengan Trump setelah Tiongkok menuding Amerika Serikat menyebarkan rasa takut. Ini lantaran pada Januari lalu, Washington memerintahkan evakuasi hampir semua perwakilan diplomatik di Wuhan. Usai WHO mengumumkan status darurat global, semua warga Amerika Serikat yang baru kembali dari Wuhan wajib dikarantina 14 hari.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, menilai bahwa Amerika Serikat "hanya bisa menciptakan dan menyebarkan rasa takut" alih-alih memberikan bantuan.

"Tepatnya negara-negara berkembang seperti Amerika Serikat dengan kapabilitas pencegahan wabah yang kuat yang memimpin dalam penetapan pembatasan berlebihan yang berlawanan dengan rekomendasi WHO," tuturnya, seperti dilansir Reuters.

2. WHO tidak menyarankan pelarangan mobilitas warga antar-negaraXi Jinping Yakinkan Donald Trump Negaranya Sanggup Atasi Virus Corona
Amerika Serikat bukan satu-satunya negara yang mengambil langkah demikian. Indonesia, Jepang dan Australia pun mengevakuasi warga masing-masing dari Wuhan. Beberapa maskapai penerbangan juga menghentikan layanan dari dan ke Wuhan.

Filipina sendiri tidak lagi memberikan visa on arrival bagi warga Tiongkok untuk sementara waktu. Dikutip BBC, WHO pun mengingatkan bahwa penutupan perbatasan justru bisa mempercepat penyebaran wabah terutama jika ada yang masuk ke negara lain secara tidak resmi. 

"Restriksi bisa lebih menyebabkan kerugian daripada kebaikan dengan menghalang-halangi pembagian informasi, rantai suplai medis dan membahayakan perekonomian," kata Direktur WHO, dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus.

3. WHO meminta kerja sama antar-negara untuk melawan virus coronaXi Jinping Yakinkan Donald Trump Negaranya Sanggup Atasi Virus Corona
Meski sepakat bahwa ada kepanikan dan ketakutan terhadap virus corona, tapi Ghebreyesus meminta negara-negara dan semua institusi terkait untuk tetap bekerja sama. Dalam kolom khusus di Time, ia mengakui "Tiongkok, warga dan perekonomiannya, menanggung bagian terberat dari virus corona baru".

Ghebreyesus menilai negara tersebut juga berusaha melawannya secara domestik dan membatasi penyebaran ke wilayah lain sehingga WHO "akan membantu Tiongkok untuk meneruskan dan meningkatkan upaya-upaya itu".

Ia kembali menggarisbawahi pentingnya persatuan di saat seperti ini, termasuk saling berbagi informasi dan melawan rumor soal virus corona.

Ia menulis, "Saya memahami keresahan dan kekhawatiran global tinggi saat ini. Publik ingin tahu apakah mereka akan selamat, apakah wabah bisa dibatasi, dan apakah WHO serta komunitas internasional bisa memberikan respons yang dibutuhkan. Untuk berhasil, solidaritas dan komitmen global untuk berkolaborasi demi melindungi kesehatan setiap orang akan sangat penting."


Sumber : https://www.idntimes.com/news/world/...mpaign=network

---

Xi Jinping Yakinkan Donald Trump Negaranya Sanggup Atasi Virus Corona


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di