CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Linux dan OS Selain Microsoft & Mac /
Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Beralih Ke Linux
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d88230577a96138142500/perhatikan-4-hal-ini-sebelum-beralih-ke-linux

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Beralih Ke Linux

Jika agan-agan sudah memutuskan untuk beralih menggunakan Linux. Ada baiknya agan-agan memperhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beralih Ke Linux.

1. Jangan Instal Linux di Komputer Baru
Sebelum beralih ke Linux, jika kalian memiliki komputer baru yang menjalankan Windows atau macOS, kalian mungkin perlu menunggu satu atau dua tahun sebelum mencoba menginstal Linux. Mencoba menginstal Linux pada perangkat keras baru seringkali lebih banyak masalah daripada nilainya. Sebagian besar produsen PC tidak perlu repot memeriksa untuk melihat apakah Linux berjalan pada mesin mereka. Mereka tidak menjual komputer dengan Linux, dan sebagian besar pelanggan mereka tidak peduli. 

Ini sering kali berarti mereka tidak menyediakan driver untuk komponen yang belum didukung oleh kernel Linux, dan tergantung pada orang lain untuk merekayasa balik sebuah solusi. Ini butuh waktu. Dalam beberapa kasus, kalian tidak dapat menginstal Linux sama sekali. Di tempat lain, kalian mungkin dapat menginstal Linux hanya untuk nanti menemukan bahwa Wi-Fi tidak berfungsi atau sound card tidak mengirimkan audio apa pun melalui speaker kalian. Semoga berhasil mengembalikan PC yang telah kalian hapus sistem operasinya.



2. Hindari Software Dari Sumber Luar

Di Windows, kalian biasanya menuju ke situs web dan mendownload installer saat kalian menginginkan software baru. Untuk sebagian besar, Linux tidak berfungsi seperti ini. Ada terlalu banyak versi Linux untuk diketahui pengembang mana yang harus disediakan installer. Sebagai gantinya, pengguna menuju ke Linux App Store (diisi dengan software gratis) atau Package Manager untuk mengunduh apa yang mereka inginkan. Tetapi ada saatnya aplikasi yang kalian inginkan bukan sesuatu yang disediakan oleh distribusi Linux pilihan kalian. 

Pada titik itu, satu-satunya cara kalian mendapatkan aplikasi itu adalah menginstalnya dari sumber luar. Banyak panduan Linux merekomendasikan kalian melakukan ini dan memandu kalian melalui proses. Menginstal perangkat lunak dari sumber luar dapat menyebabkan masalah suatu hari nanti. Terkadang aplikasi membutuhkan versi komponen sistem yang berbeda dari yang disediakan oleh desktop kalian. Supaya berfungsi, aplikasi dilengkapi dengan versi yang lebih baru. Sayangnya, program lain pada mesin kalian mungkin belum siap atau kompatibel, menyebabkan gangguan atau hang-up lainnya.

3. Gunakan Perangkat Lunak yang Dibuat Khusus untuk Linux
Jika kalian berasal dari Windows, kalian mungkin tidak terlalu memikirkan sistem operasi yang dirancang untuk suatu program. Bahkan mungkin tidak terpikir oleh kalian bahwa program tertentu tidak dapat berjalan di setiap komputer. Mengingat sebagian besar PC desktop menjalankan Windows, sebagian besar aplikasi dibuat dengan mempertimbangkan sistem operasi Microsoft, bahkan jika mereka juga mendukung opsi lain seperti macOS dan Linux. 

Sebelum beralih ke Linux dan ketika kalian pertama kali menggunakannya, kalian mungkin ingin tetap berpegang pada apa yang kalian ketahui. Itu berarti mengunduh versi Linux dari apa yang kalian gunakan di sistem lama kalian. Sayangnya, perusahaan sering menuangkan lebih sedikit sumber daya untuk mengembangkan versi Linux. Ini bukan hanya masalah fitur atau bug yang hilang. Banyak orang akan mengatakan bahwa Google Chrome adalah browser web terbaik yang tersedia di Linux, tetapi itu tidak berarti akan berintegrasi dengan seluruh desktop Linux kalian dengan baik. Mozilla Firefox adalah peramban gratis dan open source, namun lebih terlihat seperti Windows di rumah daripada Linux

4. Terbuka untuk Pengalaman Baru
Sebelum beralih ke linux, kalian harus mengetahui banyak aplikasi Linux tidak sama dengan apa yang kalian temui di Windows atau macOS. Mereka mungkin melakukan fungsi keseluruhan yang serupa, tetapi mereka mendekati tugas dari cara yang berbeda. Jika kalian bersikeras memiliki program yang bekerja persis seperti yang kalian inginkan, itu dapat menghentikan kalian dari mengalami semua yang ditawarkan Linux. 


GNOME desktop environment adalah yang mungkin kalian temui di banyak distribusi Linux paling populer, dan tidak seperti interface lainnya. Banyak aplikasi GNOME juga sangat menekankan pencarian, seperti Musik GNOME dan Foto GNOME. Keduanya adalah aplikasi yang relatif sederhana, tetapi mereka menyajikan lagu dan gambar kalian dengan cara yang menarik.


Sumur:

Quote:





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di