CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Internet Service & Networking /
Awas Hati-Hati Terhadap Botnet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d7cc6337f9307f61049bc/awas-hati-hati-terhadap-botnet

Awas Hati-Hati Terhadap Botnet

Botnet adalah salah satu istilah di dunia maya. Botnet merupakan sarang dari sumber malware, ransomware, spam, dan banyak lagi. Lalu Apa ItU Botnet

Apa itu Botnet?
Definisi mengenai apa itu botnet, menurut SearchSecurity yaitu “botnet adalah kumpulan perangkat yang terhubung ke internet, yang dapat mencakup PC, server, perangkat seluler, dan perangkat hal-hal internet yang terinfeksi dan dikendalikan oleh jenis malware yang umum. Pengguna sering tidak menyadari botnet menginfeksi sistem mereka. “
Kalimat terakhir dari definisi adalah kuncinya. Perangkat dalam botnet biasanya tidak ada di sana dengan sukarela. Perangkat yang terinfeksi berbagai macam malware tertentu dikendalikan oleh pelaku ancaman jarak jauh, alias penjahat cyber. Malware menyembunyikan aktivitas botnet berbahaya pada perangkat yang membuat pemilik tidak mengetahui peran mereka dalam jaringan. Kalian bisa mengirim ribuan korban tambahan menambahkan tablet spam tanpa firasat. Karena itu, kita sering menyebut perangkat botnet yang terinfeksi sebagai “zombie.”

Apa Yang Dilakukan Botnet?
Botnet memiliki beberapa fungsi umum tergantung pada keinginan operator botnet:

1. Spam: Mengirim spam dalam jumlah besar ke seluruh dunia. Misalnya, rata – rata bagian spam dalam lalu lintas email global antara Januari hingga September adalah 56,69 persen. Ketika firm riset keamanan FireEye menghentikan sementara transisi botnet Srizbi yang terkenal setelah hosting McColo yang terkenal menjadi offline, spam global turun dalam jumlah yang sangat besar (dan pada kenyataannya, ketika akhirnya offline, spam global turun sementara sekitar 50 persen).
2. Malware: Memberikan malware dan spyware ke mesin yang rentan. Sumber daya botnet dibeli dan dijual oleh malefactors untuk memajukan perusahaan kriminal mereka.
3. Data: Menangkap kata sandi dan informasi pribadi lainnya.
4. Klik penipuan: Perangkat yang terinfeksi mengunjungi situs web untuk menghasilkan trafik web palsu dan tayangan iklan.
5. Bitcoin: Pengontrol Botnet mengarahkan perangkat yang terinfeksi untuk menambang Bitcoin dan cryptocurrency lainnya untuk menghasilkan keuntungan secara diam-diam.
6. DDoS: Operator Botnet mengarahkan kekuatan perangkat yang terinfeksi pada target tertentu, menjadikannya offline dalam serangan denial-of-service yang didistribusikan.

Operator botnet biasanya mengubah jaringan mereka ke sejumlah fungsi ini untuk menghasilkan keuntungan. Misalnya, operator botnet yang mengirim spam medis ke warga AS juga memiliki apotek tiruan yang mengantarkan barang. Botnet utama telah sedikit berubah arah dalam beberapa tahun terakhir. Sementara jenis medis dan spam serupa lainnya sangat menguntungkan untuk waktu yang lama, tindakan keras pemerintah di beberapa negara mengikis keuntungan. Dengan demikian, jumlah email yang membawa lampiran berbahaya naik menjadi satu dari setiap 359 email, menurut Laporan Intelijen Juli 2017 Symantec.

Sumur:
Quote:




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di