CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Prediksi Terawan Virus Corona Tak akan Lama Bertahan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d7ad58d94d059f3724080/prediksi-terawan-virus-corona-tak-akan-lama-bertahan

Prediksi Terawan Virus Corona Tak akan Lama Bertahan

Prediksi Terawan Virus Corona Tak akan Lama Bertahan

Wabah virus corona masih jadi bahaya. Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto memprediksi virus mematikan itu tak akan lama bertahan.
Sejauh ini, sudah 637 orang meninggal akibat wabah virus corona di wilayah China daratan, Hong Kong dan Filipina. Jumlah orang yang terinfeksi virus corona saat ini melebihi 31 ribu orang.

Seperti dilansir media nasional China Global Television Network (CGTN) dan Channel News Asia, Jumat (7/2/2020), Komisi Nasional Kesehatan China dalam laporan terbaru menyebut ada 73 orang lainnya yang meninggal akibat virus ini di wilayahnya. Laporan terbaru Komisi Nasional Kesehatan China menyebut 635 orang meninggal di wilayah China daratan, dengan sebagian besar korban tewas ada di Provinsi Hubei yang menjadi pusat wabah virus corona. Dari 73 kematian baru, sebanyak 69 orang di antaranya meninggal di Provinsi Hubei dalam 24 jam terakhir.

Indonesia masih bebas virus corona. Ratusan WNI yang berada di China juga sudah dipulangkan kembali ke Indonesia. Namun, 238 orang itu masih menjalani masa observasi di Natuna, Kepri.

Terawan yakin wabah virus Corona tak akan berlangsung lama. Apa alasannya?

Prediksi Terawan Virus Corona Tak akan Lama Bertahan

Menurutnya Terawan, virus akan hilang seiring dengan pergantian iklim.
"Nggak akan panjang, nanti perubahan iklim juga berubah," ujar Terawan seusai rapat mengenai pembangunan RS untuk virus menular di kantor Kemenko Polhukam ,Jakarta, Jumat (7/2).

Terawan mengatakan pemerintah terus berupaya mencegah virus ini mewabah di Indonesia. Menurutnya, peralatan medis yang dimiliki Indonesia sudah diakui oleh dunia.
"Problem utama saya adalah sekarang ini bagaimana supaya seluruh bangsa dan negara saya ini bisa terhindar dari bencana ini," kata dia.
"Kita berdoalah bersama-sama, dan detik ini kita bersyukur tidak ada, peralatan kita untuk memeriksa sudah sangat canggih, dan itu diakui oleh WHO, oleh CDC," ujar Terawan.



https://news.detik.com/berita/d-4890...13.1541780864

Prediksi Terawan Virus Corona Tak akan Lama Bertahan

PENJELASAN KEBERADAAN CONORA:

Bagaimana virus corona jenis baru ini bisa muncul? Lantas mengapa manusia bisa terinfeksi virus ini? Apakah benar iklim tropis mampu membuat virus yang diberi nama 2019-nCov ini menjadi tidak aktif? Simak wawancara DW Indonesia dengan Prof. Dr. Amin Soebandrio, PhD, SpMK (K) seputar virus corona jenis baru.

Deutsche Welle: Novel Coronavirus (2019-nCoV) diketahui merupakan virus jenis baru yang masih satu keluarga dengan virus corona SARS dan MERS. Apa yang menyebabkan suatu virus dapat berkembang menjadi virus jenis baru?


Prof. Amin Soebandrio: Jadi virus corona pada umumnya virus hewan, terutama di berbagai jenis hewan liar. Ada yang di manusia namun cuma sedikit, ada enam, termasuk SARS corona virus dan MERS corona virus. Hanya enam dari 200-an virus corona. Tapi kita sudah ketahui bahwa virus yang menyerang hewan atau yang ada di hewan ya tetap ada di hewan, tidak ke manusia. Dan sebaliknya juga begitu, yang di manusia cenderung di manusia tidak ke hewan. Hanya saja bisa ada kemungkinan beberapa virus hewan itu kemudian masuk ke manusia melalui kontak. Artinya kalau manusia lebih erat dengan hewan, virusnya bisa pindah. Baik dari hewan ke manusia atau dari manusia ke hewan. Pada awalnya tidak akan menyebabkan sakit, karena masing-masing virus itu hanya mengenali spesies tertentu karena dia memiliki tropisme (kemapuan interaksi struktur permukaan virus terhadap reseptor permukaan sel inang). Tapi kalau itu terjadi berulang-ulang, maka dalam waktu yang cukup lama si virus bisa beradaptasi dengan macam-macam, mutasi, berubah.

Selain melalui kontak, apakah manusia bisa tertular virus corona melalui hewan yang dikonsumsi?

Kalau sudah dimasak tentunya tidak masalah. Tapi dalam proses memasak itu, mulai dari pembelian segala macam jadi ada kontak yang masih hidup/mentah. Itu yang menyebabkan manusia terpapar lebih banyak virus tadi. Bisa lewat tangannya, masuk ke mulut, ke hidung, ke mata, dan sebagainya.

Pada awal kemunculan virus ini diklaim hanya menular dari hewan ke manusia, namun kini dapat menular dari manusia ke manusia. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi?

Memang awalnya kalau dari hewan ke manusia itu hanya ke manusia tertentu atau kalau dosisnya (virus) terlalu tinggi. Jadi terpapar banyak dengan virus itu dia bisa sakit. Tapi tidak menular manusia ke manusia. Tapi ketika virus itu mengenal "rumahnya" di manusia, maka kalau dia pindah ke manusia lain juga akan berkembang biak karena virus itu tidak bisa hidup di luar sel. Maka itu ketika dia masuk ke dalam sel itu harus dikenali dulu (sel inangnya), harus bisa lolos dari sistem imunnya.

Apakah benar jika iklim tropis seperti di Indonesia, dapat membuat virus corona tidak aktif?

Jadi gambaran umum dari virus corona itu memang agak sensitif terhadap lingkungan yang ekstrem, yang panas. Karena dia mati dalam suhu 56 derajat celcius. Tetapi khusus untuk virus yang sekarang ini Novel Coronavirus 2019 (2019-nCoV), kita belum punya cukup bukti apakah dia memang bisa bertahan pada suhu tropis. Karena suhunya hanya berkisar 30-34 derajat celcius. Paling tinggi sekitar 40an derajat celcius. Dan tubuh manusia 36-37 derjat celcius, itu pasti dia (virus) hidup. Jadi kita sekali lagi belum ada scientific evidence (bukti ilmiah) yang mendukung itu atau menolak.

Pada kenyataannya negara-negara tetangga yang juga beriklim tropis seperti Singapura, Malaysia, Thailand juga terpapar virus ini. Tanggapan Anda?

Analoginya kan begitu, kita tidak bisa menyatakan Indonesia suhunya tinggi terus aman (dari virus corona).

Lantas kondisi seperti apa yang menyebabkan virus corona ini dapat aktif berkembang biak?

Selama hubungan antara patogen dan sel inangnya itu sesuai, artinya si virus bisa menempel ke sel manusia. Artinya bisa lolos dari sistem kekebalan manusia kemudian bisa masuk ke dalam selnya itu, si virus bisa tumbuh. Karena sebetulnya tubuh kita punya sistem imun yang bagus. Selama sistem imunnya bagus dan jumlah virus yang masuk tidak terlalu banyak biasanya tidak sakit.

Baca juga: Lebih 20 Negara Konfirmasi Terkontaminasi, Indonesia: "Kami Bebas Virus Corona"

Bagaimana kesiapan Indonesia dalam mengantisipasi penyebaran virus corona jenis baru ini? Merujuk kepada 245 WNI di Wuhan yang akan dipulangkan ke Indonesia.

Kita sebenarnya sudah mempunyai kemampuan mengantisipasi penyebaran virus corona itu, bahkan sebelum ada kasus ini Indonesia sudah punya laboratorium yang mampu mendeteksi. Jadi tidak perlu diragukan kita tidak bisa mendeteksi. Kalau di dalam sampelnya itu ada (virus corona), akan terdeteksi. Terkait dengan evakuasi sendiri, teman-teman di Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan semuanya. Prosedurnya pasti mengacu pada apa yang disepakati internasional. Dan sampai di Indonesia (245 WNI) akan dipantau terus.

Langkah-langkah apa saja yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyebaran virus corona jenis baru ini?

Pola hidup bersih dan sehat. Jadi kebersihan tangan, rajin-rajin cuci tangan kalau habis pakai barang di tempat umum. Terus kalau masuk di daerah dicurigai ada kasusnya ya pakai masker. Tidak cukup pakai masker saja, pakai kacamata juga. (Ed: yp)

Prof. Dr. Amin Soebandrio, PhD, SpMK (K) adalah Direktur Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Jakarta.

https://news.detik.com/dw/d-4881775/...na-tidak-aktif

https://jogja.tribunnews.com/2020/02...enjelasan-ahli

Prediksi Terawan Virus Corona Tak akan Lama Bertahan
https://www.merdeka.com/dunia/korban...636-orang.html

Prediksi Terawan Virus Corona Tak akan Lama Bertahan
https://www.merdeka.com/dunia/dari-3...ar-jepang.html

MUNGKIN IYA, MUNGKIN TIDAK

VIRUS SELALU BERMUTASI,

DIA MAKHLUK TAK TERLIHAT

BISA MENYERANG SAAT LENGAH
emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
f4kealam dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh nevertalk
Halaman 1 dari 2
ya semoga aja ya
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
satu virus hilang akan diganti dg virus baru lainnya ,bgtu kira2..


tp kayaknya orang2 pd lupa bahwa virus hiv bertahun2 belum ada obatnya dan lebih mematikan tp skrng sdh dianggap biasa
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kesannya sih supaya masyarakat kagak panik aja emoticon-nyantai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
f4kealam dan 2 lainnya memberi reputasi
janda tetep jadi masalah bagi sebagian emak emak emoticon-Malu
dokter apa dukun??
jangan takabur dok, klo ngomong harusnya based on riset bukan prediksi prediksi
profile-picture
brentie memberi reputasi
Quote:


Tapi bknya skrg ada obat nya yg bisa memperpanjang umur klo hiv

Iye ada2 aja virus dri sars mers dll dlu kaga ada tuh virus2
Saat jd dokter sih bagus ya
Setelah jd menteri kok koplak gini ya

Bukan meneliti utk cari vaksin malah suruh berdoa

emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post pilemon889
Udah ngerti politik dia sekarang.
Sebut NCOV aja

SARS dan MERS juga termasuk Virus Corona
Lihat 3 balasan
Bar ncov mutasi ncow emoticon-Big Grin
Terawan Radiolog apa virolog??
main komeng aja ente
Balasan post hartantoshine
Quote:


terlepas dari bloon nya si Menteri ini.... tapi emang bener sih, MERS di 2013 aja d saat dunia panik tiba2 stop begitu aja "tanpa pemberitahuan" hingga kini, ya mudah2an aja emang beneran berhenti total disaat waktu tak lama lagi, lumayan buying time buat bikin vaksin nya emoticon-Ngacir
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Dengan kata lain : poinnya disaat musim panas novel corona ngeri pasti pada minggir..... ngumpet.... tiarap dulu. emoticon-Big Grin

Mantapz banget nih menteri kaporit ane yg super fenomenal ini. Setelah terapi cuci otak, kerokan, sekarang ini. Yakin banget punya six sense lebih, beda dari dokter2 pada umumnya punya vision sebelum terjadi. Ane makin kaporit dan sayang.....muach luv u sir :emoticon-Ngacir

profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post Uthe18
@Uthe18 heeeiii yu jangan bloon2in menteri kaporit ane yo. Sini gelut klo berani emoticon-Mad (S)
garasi gue ada Corolla gan.
Lihat 1 balasan
Balasan post bukhorigan
Quote:


Gak nanya. Bodo amat emoticon-Traveller
Balasan post Judess
Quote:


@Judess

ampun bude emoticon-Frown
emoticon-Ngacir
Balasan post pilemon889
Neliti vaksin emang dapat sampel dari mana ?
Amiin. Semoga emang gak bertahan lama ya. Jangan sampe kekhawatiran jadi berkepanjangan emoticon-Matabelo
Balasan post Judess
sudah ada studynya kok untuk virus corona, masih sekeluarga dengan NCOV ini
Effects of Air Temperature and Relative Humidity on Coronavirus Survival on Surfaces
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2863430/

suhu dan kelembaban emang berpengaruh ke penyebaran virusnya.
intinya sih di suhu panas ma lembab, virusnya gak bakal seaktif di suhu dingin atau udara kering.


rata2 virus emang aktif pas udara dingin dan kering. virus flu biasa aja 'ngamuk' nya pas musim dingin.

di USA sekarang kan virus influenza lagi brutal banget. korbannya jauh lebih banyak dari NCOV. periode oktober 2019 - januari 2020 korbannya yang meninggal udah 12.000 - 25.000 kalau menurut perhitungan CDC amerika (center fordesease control and prevention)
https://www.cdc.gov/flu/about/burden/preliminary-in-season-estimates.htm
Prediksi Terawan Virus Corona Tak akan Lama Bertahan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di