CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Pengin Nulis Cerpen, Tapi Bingung Memulainya? Simak di Sini!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d72b22525c3299a067d41/pengin-nulis-cerpen-tapi-bingung-memulainya-simak-di-sini

Pengin Nulis Cerpen, Tapi Bingung Memulainya? Simak di Sini!

Pengin Nulis Cerpen, Tapi Bingung Memulainya? Simak di Sini!

Pengin nulis cerpen, tapi bingung mulai dari mana. Itulah kegundahan yang banyak dialami para penulis. Gak cuma penulis pemula, kadang yang sudah muntah-muntah tiap bulan nulis cerpen juga mengalaminya. Kamu termasuk?

Berdasarkan pengalaman pribadi nih, aku punya sedikit tips simpel yang siapa tahu juga bisa dipakai agan sista di sini.

Pertama, awali dari pengalaman aja, biar lebih mudah.

Gak harus pengalaman pribadi, bisa juga pengalaman orang lain yang pernah curhat ke kamu. Misalnya pengalaman digebukin pacar, pengalaman malam pertama … ngeronda, dll. Pokoknya cari yang berkesan.

Kedua, siapkan ending.

Loh kok langsung ke ending? Iya betul ending. Kamu gak salah baca, apalagi salah kirim. Tujuan penyiapan ending supaya nanti cerpenmu gak ngalor ngidul tanpa arah tujuan. Terlunta-lunta gaje gak tau mau ke mana.

Boleh kamu ketik atau simpan di kepala (direncanakan). Dan pada akhirnya ending ini pun gak mengikat, bisa kamu ganti dengan ending lain yang rasanya lebih menarik dari niat awal. Tapi tetap, siapkan dulu ya!

Dari saat kamu memilih pengalaman mana yang mau dijadikan cerpen, tentunya kamu sudah ketemu konfliknya kan? Jadi sekarang masalahnya tinggal membuka.

Ketiga, buka dengan kalimat yang gak biasa.

Pada suatu hari, bla bla bla …. Itu jadul banget! Dari kamu masih di awang-awang, nenek kakek kita sudah baca cerita dengan pembuka seperti itu. Begitu juga dengan:

Kenalkan, namaku ….

Pagi itu cuaca cerah.

Kriiinggg! Jam wekerku berdering nyaring.

Tolong! Hentikanlah pembuka basi begitu. Kecuali kamu sedang menyiapkan penggarapan yang luar biasa. Tapi kalau nama kita belum dikenal di dunia sastra mending jangan deh. Orang gak tertarik untuk meneruskan membaca. Apalagi kalau naskahmu diikutkan di lomba atau dikirim ke media besar.

Pengalaman lagi nih. Aku kalau diminta jadi juri, ketika naskah yang masuk membludak, hanya baca alinea pertama, tengah, dan penutup. Kalau sekiranya menarik, baru dibaca pelan-pelan, bahkan dinikmati. Ternyata kawan-kawan sesama juri pun mengaku demikian. Jadi buatlah pembaca terkesima sejak awal cerita dimulai.

Caranya?

Buka dengan ledakan: Prang! Piring itu mengenai dinding, Jon berhasil menghindar.

Atau dengan percakapan: “Mas, bokongku gatal. Tolong garukin, dong!”

Bisa juga dengan deskripsi latar (cuaca, tempat, dll): Aroma debu menguar, tetesan air dari langit membentuk bulatan-bulatan acak di tanah.

Selanjutnya apa lagi? Sudah, tiga langkah itu saja. Selebihnya adalah niat dan kesungguhanmu. Apa pun ide yang muncul, ketik saja. Nantinya semua itu bisa disatukan asalkan kamu sudah menyiapkan konflik dan penutup di kepalamu. Jangan dianggap susah, nanti jadi susah betulan.

Jangan lupa banyak-banyak baca contoh cerpen yang bagus. Bagus enggaknya sebuah cerpen, itu relatif. Selera orang beda-beda kan? Bisa jadi cerpen buatanmu bagi sebagian orang kurang bagus, tapi bagi sebagian lain … emang gak bagus. Haha! Gak bakal, kalau kamu berani praktikkan tiga langkah di atas!

sumber

gambar: unsplash.com

profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhrafif13 dan 33 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
banyak baca emang bisa bantu banget sih
udah gitu paling gampang nulis dari liat keadaan sekitar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yang paling sulit dr menulis adalah memulai, mulai aja dulu....

kesulitan no 2 saat menulis adalah mengakhiri ahahahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gudyl dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post andora11
betul. dimulai dr yg dekat
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Kup4s memberi reputasi
Balasan post sanjizoldyck
makanya penutupnya disiapkan di awal, biar pas
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Kup4s memberi reputasi
yg paling sulit itu ngelanjutin partnya bree. pasti gak bakalan sempet. pdhl tu cerita uda ada di otak. emoticon-Turut Berduka

Kaya cerita gw tuh mangkrak. Pdhl masih pueanjang kalo mau lanjut.
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Kup4s memberi reputasi
Diubah oleh zeref162534
Lihat 1 balasan
nice tips nih
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Kup4s memberi reputasi
Quote:


Pasemoticon-Shakehand2
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Jangankan nulis cerpen, ane nulis caption aja ga jelas emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
bigbabyirl dan ciptawan memberi reputasi
di mulai dengan Bismillah 😁
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
kalau udah nemu itu semua, cara agar konsisten bisa terus nulis dan lanjutin jalan cerita gimana gan?
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nice inpo
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Nice inpo nih emoticon-Toast
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Gampang memulai susah mengahkiri. Kebanyakan ide nggak ada yg selesai emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Diubah oleh id.mahlukplanet
Kagak perlu tips2 di atas, nulis cerpen mah gampang sri.. emoticon-Ngakak (S)

...
Malam itu tiba-tiba Tante Mela masuk kamarku, terkejut aku dibuatnya. "Ada apa tante?", ujarku sembari menggesek-gesek guling kesayanganku. Dengan mengenakan pakaian seadanya berwarna pink Tante Mela menjawab, "aku kedinginan! Bisa bantu aku?".

Lanjutin sendiri dah.. emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh muantapdjivva
Awalan cerpennya kira kira seperti ini...

Quote:


Sekian contoh awalannya, selebihnya, silahkan para juragan berimajinasi. emoticon-Ngakak
P.S. : Doain ane dapet jodoh cewe cantik soleha ya gan. Aamiin emoticon-Maaf Agan
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pejwan ah
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
nice infonya gan...
dari dulu ane pengen nyobain nulis cerpen tapi ga tau awalnya...
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Eke demen membaca tp klo suruh nulis keknya susah bgt bikin yg orisinil menarik gt emoticon-Hammer
Ah si agan bikin eke pingin baca novel malahan bukan pingin nulis wkwkw emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Boleh juga tuh .. tengkyuu ...
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di