CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Cadangan Devisa Hampir Tertinggi Dalam Sejarah, Karena Utang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d4a27b840884eac73b4c1/cadangan-devisa-hampir-tertinggi-dalam-sejarah-karena-utang

Cadangan Devisa Hampir Tertinggi Dalam Sejarah, Karena Utang

Cadangan Devisa Hampir Tertinggi Dalam Sejarah, Karena Utang

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) merilis data cadangan devisa Indonesia periode Januari 2020. Cadangan devisa tercatat sebesar US$ 131,7 miliar. Angka ini meningkat US$ 2,5 miliar.

"Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Januari 2020 tercatat sebesar US$ 131,7 miliar, meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Desember 2019 sebesar US$ 129,2 miliar," jelas BI dalam keterangannya, Jumat (7/2/2020).

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,8 bulan impor atau 7,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," terang BI.

Adapun peningkatan cadangan devisa pada Januari 2020 terutama didorong oleh utang melalui penerbitan global bond pemerintah, penerimaan devisa migas, dan penerimaan valas lainnya.

Awal tahun 2020 ini, pemerintah menggalang dana US$2 miliar dan 1 miliar euro dari penerbitan perdana surat utang negara (SUN) di pasar global.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik," tutur BI.

Cadangan devisa ini hampir menyamai rekor tertinggi sebelumnya sepanjang sejarah. Pada Januari 2018, cadangan devisa mencapai level tertingginya di US$ 131,98 miliar.

Berikut Data Cadangan Devisa di 2019 :
Januari : US$ 120,1 miliar
Februari : US$ 123,3 miliar
Maret : US$ 124,5 miliar
April : US$ 124,3 miliar
Mei : US$ 120,3 miliar
Juni : US$ 123,8 miliar
Juli : US$ 125,9 miliar
Agustus : US$ 126,4 miliar
September : US$ 124,3 miliar
Oktober : US$ 126,7 miliar
November : US$ 126,6 miliar
Desember : US$ 129,18 miliar



Berikut Data Cadangan Devisa di 2020 :
Januari : US$ 131,7 miliar

sumur


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...h-karena-utang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Thoriq27ST dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
semua defisit, apbn hancur, defisit perfagangan
cadev naik
malah dibanggain sama gub bi, mul, luhut batak emoticon-Ngakak
dikiranya cacat otak semua rakyat indo layakny kadrun dan nastak sialan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ya diremlah utangnya klo cadangan gede..
profile-picture
profile-picture
fedorarivialdo dan galuhsuda memberi reputasi
Lihat 6 balasan
lumayan
Balasan post unwell
Quote:


utang cadev...ama utang pemerintah/swasta...

beda peruntukan lah...^^^
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan gabener.edan memberi reputasi
Balasan post unwell
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Balasan post unwell
Quote:


diberitanya ada...baca aja...^^
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Balasan post unwell
@ajacid
Quote:


oke gan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post unwell
buat dana abadi partai blok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fedorarivialdo dan 4 lainnya memberi reputasi
janjinya sih anti utang luar negeri emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fedorarivialdo dan 7 lainnya memberi reputasi
utang tp defisit rendah gpp bos, lah ini udah utang terus tp defisit masih tinggi. apa namanya kalo bukan kerja goblok emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fedorarivialdo dan 12 lainnya memberi reputasi
Balasan post music9000
maklum lah kadrun dan cebong kalau baca kan cuma judul doangemoticon-Wakaka
profile-picture
fedorarivialdo memberi reputasi
ngutang buat nutupin bayar utang sbelumnya
Cadev atas utang emoticon-Malu (S)
Quote:


Ya bunganya dri jaman dulu aja gede bgt + ngutang lagi
Dulu katanya ga bakal hutang LN tp Hutang..
Katanya Ekonomi Meroket ehh malah MEROSOT
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan 8 lainnya memberi reputasi
Gembar gembor sana sini bahwa perekonomian menanjak, cadangan devisa meningkat, tp utang ga kebayar. Malah rakyat dikorbankan dgn menaiknya harga2 sembako. secara logika, bila perekonomian meningkat dan cadangan devisanya besar, maka hutang pun menurun. Lha ini? 🤔🤔🤔
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ladies.hunter01 dan 8 lainnya memberi reputasi
😁😁😁😁😁....yang komen pada bego2 semua biasanya dari gerombolan kadrun bisanya cuma nyinyir terus tanpa melihat data dan tanpa melihat perbandingan hutang dari negara lain terhadap PDB negara tersebut. Contoh Amerika negara kaya rasio hutangnya terhadap PDB diatas 100% Jepang 200% Arab Saudi, Malaysia, Turki, brasil diatas 60% ....lha Indonesia cuma 30% kok pada ribut...mikiiirrr!!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jeffreymaulana3 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
ekonomi meroket??emoticon-Najisemoticon-Najis
Yg mimpin wayang sih emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
solobaric5 dan 9 lainnya memberi reputasi
ane gak paham ekonomi hahahah cadangam devisa tinggi gara gara utang itu maksudnya gimana? baik apa kagak buat indonesia?hehehehe
logika ekonomi tolong dipake lah emoticon-Leh Uga

ni bangun sana sini lu kata ga defisit... mesti hutang lah... d papua udh abis berapa...

mana tiap taun minta subsidi terus tp teriak2 jgn utang emoticon-Leh Uga
profile-picture
meoomiuu memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di