CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Makanan Pengurang Gejala Depresi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d405d65b24d12d86050d2/makanan-pengurang-gejala-depresi

Makanan Pengurang Gejala Depresi

Makanan Pengurang Gejala Depresi
Sumber Foto : rd.com

emoticon-Sorry

Siapa diantara kamu yang pernah atau sedang mengalami depresi? Atau bahkan belum pernah mengalami depresi? Kalian sangat perlu membaca thread ini, khususnya yang belum pernah mengalami depresi.

Gangguan kesehatan mental memang gejalanya tidak terlalu terlihat, dibandingkan dengan gejala dari gangguan kesehatan fisik. Tetapi memang kedua gejala gangguan ini masih sama berkaitan dengan ada atau tidaknya, atau seberapa besar kandungan nutrisi dan gizi dari asupan makanan yang dikonsumsi. Hal ini seharusnya menjadi perhatian karena beberapa asupan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh harus memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental.
emoticon-Bingung

Depresi. Apakah belum ada yang tahu apa itu depresi?

Depresi itu adalah salah satu dari banyaknya penyakit pada kesehatan mental yang cukup serius. Nah buruknya adalah sebagian orang masih ada yang meremehkan penyakit yang cukup serius ini.
emoticon-Matabelo

Menjadi sebuah pengetahuan bahwa kandungan nutrisi dalam makanan memiliki kegunaan yang sangat banyak. Kegunaan dari kandungan nutrisi dalam makanan yaitu untuk mengurangi tingkat dan intensitas dari depresi itu sendiri. Beberapa kandungan nutrisi seperti karbohidrat, protein, omega 3, vitamin  B, kalsium, dan zinc itu bisa mengurangi depresi atau juga bisa mengurangi gangguan kesehatan mental yang lainnya. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi yang dikutip oleh Bold Sky.

Dilansir oleh CNNIndonesia.com.
emoticon-Bingung

Nah, makanan sehat yang memiliki kandungan nutrisi tidak hanya pada buah-buah dan sayuran saja, namun masih ada makanan lainnya yang juga mengandung nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan zat-zat penting lainnya. Berikut ini adalah beberapa makanan selain buah dan sayur yang bisa menurunkan gejala depresi.

Ikan
Ikan juga termasuk makanan yang memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Contohnya adalah ikan makarel, salmon, tuna, dan juga sarden, ikan-ikan ini merupakan sumber terbaik yang mengandung asam lemak omega 3. Kandungan ini memiliki peran yang penting untuk fungsi otak. Jika kamu mau mengonsumsi ikan-ikan ini lebih banyak, maka tingkat depresi akan menurun. Hal ini sudah terbukti dengan studi khusus, dan juga sudah diterbitkan oleh Journal of Epidemiology and Community Health.

Kunyit
Selanjutnya adalah kunyit. Kunyit ini bisa dikatakan sebagai bahan makanan. Tanpa kita ketahui kunyit ini memiliki kandungan yang sangat penting untuk menurunkan tingkat depresi. Kunyit ini mengandung bahan aktif yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Journal of American Medical Directors Association juga sudah mengeluarkan sebuah hasil studi yang menunjukkan adanya kandungan kunyit yaitu curcumin efektif yang berguna untuk mengurangi gejala depresi.

Madu
Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu bahwa madu memang memiliki kandungan yang khasiatnya sangat banyak untuk tubuh. Manfaat yang potensial untuk kesehatan ini terdapat di madu. Nah, sering untuk kita mengonsumsi madu ini untuk kebugaran fisik. Padahal madu ini juga memiliki manfaat pada kesehatan mental juga.
Cairan yang kental dan manis ini juga bisa menurunkan gejala depresi. Selain itu, rasa cemas yang kamu rasakan juga bisa hilang dengan madu ini. Efek dari mengonsumsi madu ini juga bisa untuk meningkatkan memori ingatan. Fakta ini sudah dibuktikan dengan sebuah penelitian yang sudah dilakukan.

Makanan Pengurang Gejala Depresi
Sumber Foto : Ist

emoticon-Genitemoticon-Genit emoticon-Genit emoticon-Genit emoticon-Genit

Cokelat
Salah satu makanan ini adalah makanan yang banyak disukai oleh masyarakat terutama kalangan anak-anak. makanan ini yaitu cokelat.
Pernah gak sih hati yang gelisah atau merasa kurang nyaman akan merasa tenang sekejap dengan makan cokelat? Terus terang saya pernah sih hehehe…
Nah, seseorang yang melakukan penelitian telah menemukan bukti bahwa dengan mengonsumsi cokelat khususnya dark chocolate ini akan berpengaruh untuk suasana hati. Selain itu, memang benar adanya bahwa dengan makan cokelat bisa menenangkan diri. Gejala depresi pun bisa berkurang dengan cokelat.
Makanan manis ini memiliki kandungan psikoaktif dan phenylethylamine yang membuat adanya perasaan eruforia dan yang bisa mempengaruhi suasana hati.

Makanan fermentasi
Apakah kamu sudah tahu, makanan  macam mana yang disebut sebagai makanan fermentasi?
Nah, makanan fermentasi itu seperti yogurt, kimchi, tempe, miso, tahu, asinan, dan juga kombucha. Makanan-makanan ini menjadi sumber probiotik. Kandungan probiotik ini berguna untuk menaikkan kembali suasana hati. Otomatis makanan fermentasi ini juga memiliki kegunaan untuk menurunkan risiko terkena depresi. Selain untuk menaikkan kembali suasana hati, kandungan probiotik ini juga bertugas untuk memproduksi neurotransmitter yang baik, yang juga berguna untuk menjaga bakteri dalam usus yang baik.


Good luck, guys!Muawwww...

emoticon-Kiss

profile-picture
profile-picture
bang.dot dan kudanil.la memberi reputasi
ane taunya coklat doang sihhh tp kaget juga ya ternyata bisa juga ikan dan bahkan makanan fermentasii? mau deh nnt coba ksh tau temen2 yg berjuang dengan depresinya, thanks sharingnyaaaa
madu sama air hangat maknyuss... makasi infonya
Makanan Pengurang Gejala Depresi
makacih utk tambahan informasinye~
cokelat paling top. ane kalo ga mood atau stress dikit gitu juga nyarinya cokelat
Mungkin hanya kunyit yg jarang dikonsumsi, coklat dan madu pasti jadi andalannya emoticon-Wowcantik
ane butuh makan makanan di atas , karna ane lagi depresi gara gara dia yang bahagia bersama orang lain , halah tae k


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di