CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Entah Aku Nanti Jadi Apa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d3dcea2d195300a395d1a/entah-aku-nanti-jadi-apa

Entah Aku Nanti Jadi Apa

Quote:

Entah Aku Nanti Jadi Apa
bookdepository.com

*****

Bertahun-tahun menuntut ilmu biar segera lulus. Giliran udah lulus, bingung.

Ikut prosesi wisuda, dapet ijazah, selebrasi, terus pulang. Besoknya bangun, makan, ngecek hape, tiduran, eh ketiduran. Besoknya lagi, gitu lagi.

Seminggu, dua minggu berlalu. Orang sekitar, tetangga, dan fans mulai aware. Di batinnya "Ini bocah keliatan kek orang bingung". Banyak orang mulai ikut campur. Dan bikin agan panik. Tujuannya sih baik, biar agan segera gerak. Gak cuma rebahan di zona nyaman.

*****

Entah Aku Nanti Jadi Apa
comics.ha.com

Makin lama makin merembet lagi, ke ortu yang mulai senewen. Kupingnya panas denger omongan tetangga. Lalu kasih masukan, suruh ngelamar kerja. "Coba ngelamar di sini, ada koneksinya Bapak. Pasti keterima."

Tiba-tiba tetangga kirim WA lowongan pekerjaan. "Coba aja dulu. Dulu ponakan saya pake ijazah S1 Sastra Nuklir, keterima. Ada jenjang karirnya juga."

Main ke rumah temen. Lalu dia nyeletuk, "Kerja anu aja, dari awal ane lihat ente ada bakat di situ."

Gak sengaja ketemu dosen. "Kamu harus coba ambil S2, ada banyak beasiswa di universitas A, B, C. Syaratnya gini, gini, gitu."

Lah ini yang ngejalanin ente atau mereka sih. Kok jadi mereka yang ngatur-ngatur gitu.

*****

Saran ane, jangan panik. Jangan diambil pusing. Intinya mereka sebenernya peduli.

Tapi biar mereka gak ikut campur ke level yang lebih menyebalkan lagi, mending agan segera ambil sikap.

Pertanyaannya apakah agan kerja karena keinginan agan sendiri, atau kerja hanya untuk menyenangkan orang lain. Atau yang paling parah, karena ingin kelihatan sibuk aja.

*****

Entah Aku Nanti Jadi Apa
comics.ha.com

Dari poin-poin itu, ada 3 kemungkinan sikap yang akhirnya agan ambil: 1) nurutin rekomendasi orang lain; 2) punya cita-cita sendiri, dan mau gak mau harus buktiin ke orang-orang; 3) bingung.

*****

1. Nurutin rekomendasi orang lain

Apapun tujuan agan dengan menuruti apa yang orang lain pilihkan, entah karena memang benar-benar cocok dengan keinginan agan, atau karena agan ingin menyenangkan mereka, atau hanya agar agan terlihat sibuk dan tidak menganggur. Alasan apapun itu sah-sah saja.

Tapi setelah agan tengah menjalani pilihan itu, agan harus konsekuen. Artinya agan tidak boleh menyesalinya. Jika ternyata pekerjaan yang agan jalani tidak sesuai dengan keinginan agan, jangan salahkan orang yang merekomendasikan perkerjaan itu. Salahkan diri agan.

*****

2. Ngejalanin cita-cita agan sendiri

Apapun cita-cita agan, orang pasti menghargai pilihan agan. Apalagi jika ternyata agan berhasil mewujudkannya.

Tidak ada yang mudah di awal. Tapi yakinlah bahwa cita-cita agan layak diperjuangkan. Buktikan bahwa apa yang selama ini agan cita-citakan itu benar adanya. Berat sih berat. Tapi sekalinya agan diakui, semua akan berjalan normal kembali. Paruh waktu, penuh waktu, gaji kecil, gaji gede, apapun itu, semua sah-sah saja.

*****

3. Bingung dan stuck

Nah ini. Buat yang bingung, saran ane segera bergeraklah. Terlalu lama menganggur bisa menjadi habit. Ente tau sendiri kan, sesuatu yang sudah menjadi habit akan sulit untuk diubah.

Dan, ini nyata, makin berumur, waktu terasa makin cepat. Setahun rasanya seperti sebulan. Belum apa-apa kita udah mati duluan. Mengerikan.

Kalaupun agan bingung, sebenarnya agan bingung bukan karena tidak tau mau jadi apa. Ente udah pasti tau cita-cita ente sendiri. Ente pasti punya cita-cita kan, angan-angan jadi pengusaha kaki lima kek, atau pemain band kek, kerja kantoran kek. Nah!

Ente hanya dibingungkan oleh tuntutan orang lain. Padahal ini hidup ente, bukan hidup orang lain.

Sederhananya, apapun pilihan ente, segera putuskanlah. Mau nurut orang tua kek, atau ngewujudin cita-cita sendiri, apapun itu sah-sah saja.

Kalian sudah dewasa. Berlatihlah untuk memutuskan. Dan jangan takut akan konsekusensinya.

Kata Chrisye, "selama kamu masih muda, terbentang segala kemungkinan, semua terserah pada dirimu". Kalo kata Slank "jadi apa saja, terserah".
Terserah diri kita, bukan terserah orang lain.

*****

Spoiler for :


Sekedar saran, agar ada sedikit gambaran. Buatlah suatu purpose, atau alasan, atau tujuan dari agan bekerja. Sebagai motivasi. Biar kerja gak sekedar untuk kelihatan sibuk.

Misalnya "ane kerja biar kaya raya", "kerja pansos biar terkenal", "kerja jujur biar masuk surga". Apapun itu sah-sah saja, yang jelas agan harus punya tujuan.

Hidup cuma sekali. Jangan habiskan waktu agan untuk bingung. Pilihannya cuma: sekarang atau menua di persimpangan.

*****

Sekian dari ane Bre & Sis.
Super sekali kibul-kibul ane emoticon-Big Grin
Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bob selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 47 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Papa.T.Bob
Halaman 1 dari 6
Salkir

emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh red-white
ketika menghadapi fase seperempat hidup, mulai merenungkan cita2 dan kenyataan..
mulai realistis, tapi tetap harus punya harapan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Michaelwise dan 3 lainnya memberi reputasi
Prok... Prok...prooookkkk...


emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Ganemoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

selow ae gan gausah diedit
Quote:

mumpung masih muda gan
Quote:

jadi apa ya
Quote:

:tepar
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
waktu sd punya cita2 eh semakin berumur makin bingung mau jadi apa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

same here ...
ane baru lulus dan terus terang ane bingung. ngejalanin cita2 tapi gak ada duitnya. ikut cpns gara2 nurutin ortu. entah deh selanjutnya, nglamar jadi petugas pom bensin kali
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dulu juga mikir bakal jadi apa jokowi
dari tukang mebel, jadi gubernur, terus presiden

zuck juga mana mikir bakal sesukses sekarang? udah bahagia dia dengan 2 anak, dulu ketemu istrinya di antrian wc Harvard

dalam hidup ini, mending jangan menyakiti orang, hidup bahagia tapi jangan pernah menghina orang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darxze dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MrJeffBezos
Mau jadi orang indonesia yang baik emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
intinya stelah lulus itu hrs gerak dlu,ambil sikap mau keputusan sendiri, keluarga atau org lain

stelah dijalani biasanya akan ada gambaran untuk next stepnya
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Papa.T.Bob memberi reputasi
yg penting jgn nipu orang gans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Ah terlambat, mereka sudah jadi cebong emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suryahendro dan 5 lainnya memberi reputasi
Asal jangan jadi jadian.....
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Diubah oleh napelogini
Trit bagus nih ane bantu ramaikan emoticon-Rate 5 Star

--->>

Cita-cita ane dulu pengen jadi tentara biar bisa berbakti kepada bangsa dan negara emoticon-army


Tapi takdir berkata lain, sekarang cita-cita ane pengen jadi kaya raya aja.. semoga kesampaian

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Sama gan. Wkt kuliah pengen jd tentara karna seneng pkai baju nya. Makin berumur yg penting kaya aja. Mau jd profesi apa aja yg penting bnyak duitemoticon-Ngakakemoticon-Imlek nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Sepuh

Thx buat thread berkualitasnya.
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Balasan post Papa.T.Bob
Buka akun LinkedIn Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
aku kerja untuk imeng cayang
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
wah, kebetulan. saya juga lagi pusing mikirin masa depan. di satu sisi saya udah sem 6 tapi ngerasa nggak cocok gitu sama jurusan kuliah sementara di sisi lain saya sangat menikmati waktu saya untuk menulis novel. kira kira gimana nih?
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Wah keren nih thread nya, membangun inspirasi ane nih wkwk.... Mantab om 👍
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di