CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
5 Tips Sukses Mengawali Bisnis di Dunia Online
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d30fdc0cad70302096640/5-tips-sukses-mengawali-bisnis-di-dunia-online

5 Tips Sukses Mengawali Bisnis di Dunia Online

5 Tips Sukses Mengawali Bisnis di Dunia Online
Bigvalleryradio.com

Seiring dengan kemudahan teknologi, manusia lebih memilih mendapatkan sesuatu yang diinginkan secara instan tanpa harus memakan waktu dan tenaga. Melihat fenomena tersebut, maka bisnis online bisa menjadi incaran usaha yang sangat menjanjikan baik di masa kini maupun mendatang. Bagi anda yang tertarik untuk mengawalinya, maka ada beberapa proses, trik, serta tips bisnis online yang harus dilakukan dengan teliti, agar bisa berjalan lancar dan bertahan lama.

5 Tips Memulai Bisnis Online

Segala sesuatu yang dimulai dari nol, memang membutuhkan banyak usaha dan proses belajar yang panjang. Demikian hal nya dengan memulai bisnis online, selain kerja keras dan ketelatenan, seorang pemula harus belajar banyak mengenai pemasaran di dunia digital. Berikut adalah 5 tips umum yang harus dipraktikkan untuk mengawali bisnis di dunia online.

1. Cari Bisnis yang Memiliki Peluang Besar

Mencari peluang bisnis secara langsung dengan yang online tidaklah sama, karena ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan dalam dunia online, tidak menjadi masalah dalam bisnis offline, misalnya jika membuka bisnis kue basah online, maka lamanya waktu pengiriman ke lokasi tujuan, bisa menjadi kendala terhadap daya tahan kue tersebut. Oleh sebab itu carilah usaha yang memiliki banyak peminat, sedikit pesaing, dan bisa dikirim dengan mudah, seperti menjual pakaian import, atau tas branded.

2. Buat Produk atau Jasa yang Selalu Dibutuhkan dan Dicari Secara Instan

Dalam mengawali usaha, sebisa mungkin untuk mengurangi ide usaha yang tidak terlalu dibutuhkan banyak orang, misalnya membuka jasa bengkel motor online, yang jelas tidak terlalu penting, karena motor tidak selalu mengalami kerusakan, serta banyaknya bengkel yang sudah tersebar di semua wilayah. Beda hal nya dengan bisnis jasa penulis artikel online yang tentu lebih dibutuhkan orang, karena menjadi kebutuhan pokok yang terus diburu , demi mengisi sebuah konten ataupun blog .

3. Promosikan di Marketplacedan Media Online

Jika sudah menemukan ide usaha yang memiliki peluang besar, maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memasarkan produk. Tempat yang paling efektif untuk dicoba adalah marketplace yang sudah banyak bertebaran di Indonesia.  Setelah itu, manfaatkan sosial media yang anda miliki untuk memasarkan produk, mulai dari teman terdekat, hingga masyarakat luas.

4. Buat Website

Sebuah usaha yang memiliki website, tentu terlihat lebih berkualitas dibandingkan yang hanya bertahan di media sosial. Dengan mencantumkan website resmi usaha yang anda miliki ketika mempromosikan produk, maka masyarakat akan lebih percaya dan yakin dengan produk yang anda pasarkan. Selain itu, website juga bisa menjadi sarana promosi yang mendunia, jika diimbangi dengan artikel terkait produk yang informatif.

5. Buat Markas atau Kantor

Walaupun bisnis online anda sudah mengalami kemajuan, jangan hanya puas berada di dunia online saja, namun anda juga harus berani membuka markas atau kantor sebagai pusat usaha yang dijalankan. Dengan adanya kantor, dan alamat yang jelas, maka pelanggan yang membeli produk anda secara online, akan lebih percaya, dan tidak khawatir tertipu. Selain itu, anda juga bisa mengembangkan usaha online di dunia nyata, yang menjadikan masyarakat di sekitar sebagai pangsa pasar nya.

Demikianlah 5 tips utama yang harus anda terapkan pertama kali  dalam melakukan bisnis online, sebelum menggunakan cara-cara pendukung lainnya. Untuk memaksimalkan tips bisnis online tersebut, maka harus didukung oleh faktor dari dalam diri sendiri, yakni percaya diri, pantang menyerah, serta modal materi yang mencukupi.

Diubah oleh Dzackyal


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di