CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Fadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISIS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3d0268facb951848049cb3/fadli-zon-kritik-sikap-jokowi-tolak-wni-eks-isis

Fadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISIS

Fadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISIS

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengkritik sikap Presiden Joko Widodo tak mau memulangkan ratusan WNI eks simpatisan ISIS yang telah membakar paspornya tak bisa kembali ke Indonesia.

Fadli menilai bagaimanapun juga seluruh 660 eks simpatisan ISIS tersebut masih berstatus sebagai WNI. Ia mengatakan justru banyak di antara mereka menjadi korban dan tak tahu yang terjadi dengan kondisi sebenarnya saat bergabung dengan ISIS.
Lihat juga: Jokowi Tak Setuju Pulangkan 660 WNI Eks ISIS ke Indonesia

"Kita harus mengambil satu kajian lihat satu persatu persoalan seperti apa. Ini kan 660-an, ada juga mereka korban. Ada anak-anak dibawa, mereka tak tahu apa yg terjadi disana," kata Fadli di Kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta, Kamis (6/2).

Fadli mengaku telah membaca laporan dari salah satu media yang menyatakan banyak kasus WNI eks ISIS yang sudah menyesali perbuatannya. Ibaratnya, kata dia, banyak di antara mereka yang tersesat jalannya dan berujung mengakui kesalahannya.

"Ada testimoni anak-anak dibawa ke sana oleh ayahnya. Kemudian ayahnya dipenjara sekarang ayahnya baru sadar bahwa apa yang dia lakukan salah," kata dia.
Lihat juga: Mahfud Sebut Ada Mudarat Pulangkan 660 WNI Eks ISIS

Melihat hal itu, Fadli menyarankan pemerintah melihat secara kasus per kasus dari para WNI eks ISIS tersebut. Sebab, kata dia, banyak juga di antara mereka yang kasusnya justru menjadi korban.

Fadli menyatakan pemerintah bisa mengecualikan WNI eks ISIS yang secara sadar melakukan tindakan terorisme untuk merugikan banyak orang.

"Jadi jangan begitulah. Jangan memakai perasaan tapi lihat secara kasuistis... banyak juga dari mereka yang terbawa-bawa saja. Bahkan yang keluarganya itu tak tahu apa-apa," kata Fadli

"Kalau memang mereka mau kembali harus kita kembalikan ke jalan yang benar sebagai warga negara," tambahnya.

Sebelumnya, pada pertengahan 2019 Pemerintah Indonesia sempat menggulirkan wacana memulangkan WNI mantan anggota ISIS.

Wacana itu kembali bergulir usai pidato Menteri Agama Fachrul Razi pada Sabtu (1/2) di kawasan Ancol, Jakarta. Beberapa media, bahkan situs resmi Kementerian Agama, mengutip Fachrul bahwa pemerintah sedang mengkaji opsi kepulangan eks ISIS.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut pemerintah telah memulai kajian tentang hal tersebut. Mahfud bilang keputusan akan disampaikan Presiden Joko Widodo pada Mei mendatang.


Fadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISIS

btw pertanyaan awal saya, mrk menurut om zon WNI ex ISIS atau ex WNi ex ISIS? kalau sudah jadi kombatan organisasi lain tanpa seijin pemerintah itu sdh tdk bisa lagi disebut WNI, om. mrk lbih tepat ex WNI ex ISIS juga.

kalau om zon yakin kalau mrk hanya terbawa-bawa saja & gak tahu apa2? sekarang gw balikin ke argumen lo, om. lo bisa buktiin kalau mereka hanyalah korban ISIS dan hanya kebawa-bawa doang, om? mrk berangkat berjihad ke Suriah atas dasar panggilan untuk menegakkan ideologi khilafah. banyak lo yg berumur belasan tahun dah jadi kombatan ISIS dan bahkan tewas di Suriah. para wanita kombatan ISIS dari Indonesia juga banyak sekali lho. 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh munarmansh
Halaman 1 dari 5
Fadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISIS

Fadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISISFadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISISFadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISISFadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISIS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
serapionleo dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MahoImperator
Lihat 1 balasan
si zonkey mah otaknya udh di taro panci RM padang, makanya klo ngmng gedebus kyk kentut wedhus emoticon-Wkwkwkemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
j0npet0k dan 6 lainnya memberi reputasi
@khayalan kata ane kata jg apa gak bole dholim

salam 73
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Diubah oleh rizieq.shikimak
Zonk Zonk kritik yg laen aja lah, jangan jadi pahlawan eks combatrin ISIS lah emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ffffffffffffffu dan 2 lainnya memberi reputasi
Fadli Kon bacot aja ente, kl berani tampung aja tuh orang2 di rumah ente mau gak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
j0npet0k dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Siapa suruh ke sana emoticon-Blue Guy Bata (L) ga usah dipulangin ke sini. Kita gak tau niatnya balik mau ngapain
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
Balasan post ganteng.culun
Quote:


siapa yg bayar listriknya ?

Fadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISIS
profile-picture
profile-picture
ganteng.culun dan gabener.edan memberi reputasi
fadli zonk kaga kritik yg kemaren demo menolak wni yg dri china?
profile-picture
j0npet0k memberi reputasi
nggak paham hukum, sok2an bicara hukum. apa dasarnya masih sebut mereka WNI? KBRI pun sudah nggak urusi mereka kok. kalau masih WNI, maka mereka pasti diurusi KBRI. mayoritas dari mereka dipenjara, mana ada diurusi KBRI?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
j0npet0k dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Uji coba pemulangan 1 ekor aja tapi taro rumah zonk. Ini saya dukung
nyinyir ae
ga heran kalo si zonkey , secara doski memang goblokk.

emoticon-Ngakak
kalau si zongki kagak usah didenger.angap aja kentut.....
Diubah oleh jurumudi75
Wni eks isis itu gaada yang ada isis eks wni
mereka tuh ISIS ex WNI jangan dibolak balik gitu
mereka sudah membakar pasport RI dan gak ada ikrar keluar dari keanggotaan ISIS, merek kayak gitu karena kalah, klo ada kesempatan ya nggigit lagi
profile-picture
twiratmoko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kebalikan lempeng zonky yg sebelum nya emoticon-Belgia
apapun sikap Jokowi bakal tetap di kritik ama nih orang..
Namanya Juga Zonk
mungkin isinya sama Zonk juga emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Entah apa isi otaknya. Disini ada jutaan WNI yg hidup dibawah garis kemiskinan. Ada ratusan pensiunan pejuang kemerdekaan yg masih gembel, kenapa ngurus 660 ekor penghianat negara yg declare berani membakar paspor NKRI? Yg berjuang mengingkari pancasila dan dasar negara indonesia? Biar aja mereka mati dlm keyakinannya. Bukankah "surga" tujuan hidup mereka? Dan yg oposisi sok2 bela ISIS ngaku kan ISIS tuh islam bukan buatan amerika dan israel yg mulut kadrun tuduhkan...bahwa ideologi ISIS mmg sama dgn kadrun emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wellwellwell... dan 4 lainnya memberi reputasi
Fadli Zon Kritik Sikap Jokowi Tolak WNI Eks ISIS
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di