CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bimbingan Belajar Menggambar Menjadi Pengenalan Potensi Diri bagi Anak di Ngroto
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3cf5b2349d0f2acb3832a3/bimbingan-belajar-menggambar-menjadi-pengenalan-potensi-diri-bagi-anak-di-ngroto

Bimbingan Belajar Menggambar Menjadi Pengenalan Potensi Diri bagi Anak di Ngroto

Bimbingan Belajar Menggambar Menjadi Pengenalan Potensi Diri bagi Anak di Ngroto

Apasih pentingnya belajar seni? Belajar seni sangatlah penting bagi setiap diri manusia. dengan belajar dan menanamkan jiwa seni, seseorang akan belajar tentang kelembutan, keseimbangan, keserasian dan juga keindahan. Kehadiran seni akan menjadi suatu penyeimbang anatara kekuatan logika manusia yang terus menerus digunakan. Seni disini dapat digunakan sebagai media refrehing dan bersenang-senang ketika seseorang jenuh dalam kegiatan sehari-hari mereka yang memerlukan pemikiran keras.

Karena seni begitu penting dan berdampak besar bagi kita, maka seni menjadi sajian pembelajaran yang wajib ditempuh oleh setiap orang ketika sekolah. Oleh karenanya kita mendapat mata pelajaran seni budaya yang dimaksudkan untuk menanamkan dan mengembangkan kemampuan seni yang ada pada setiap siswa. Selain itu bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki minat pada seni? Ya, ini adalah sesuatu yang rumit. Mereka tidak berminat namun tetap diwajibkan untuk belajar. Namun dibalik itu, akan ada manfaat yang besar yang akan mereka pelajari.

Belajar seni sejak usia dini sangatlah dianjurkan. Hal ini dimaksudkan untuk mendidik dan memberikan pengetahuan bahwa seni adalah hal penting yang wajib untuk dipelajari. Selain itu, dengan mengajarkan seni sejak usia dini dapat menjadi alat penggali dan mengenali potensi mereka yang berkemampuan dalam bidang seni. Dengan melihat begitu pentingnya seni bagi anak-anak, maka mahasiswa KKN di Desa Ngroto khususnya prodi Seni Rupa menciptakan program kerja untuk melakukan pembelajaran seni kepada anak-anak pada usia sekolah dasar.

Program bimbingan belajar seni yang diadakan mengarah pada bimbingan belajar dasar seni dalam menggambar. Mereka anak-anak yang berantusias dalam bimbingan ini diajarkan tentang hal-hal dasar yang harus dipelajari, seperti membuat gambar gambar sederhana. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan menggambar dengan berbagai teknik yang dikemas dengan cara sederhana. Hal ini dimaksudkan agar materi yang disampaikan dapat diterima oleh anak-anak yang masih dalam usia jenjang sekolah kelas satu sampai tiga sekolah dasar.

Kegiatan bimbingan belajar dijadwalkan tiga kali dalam seminggu, namun karena antusiasme anak-anak yang sangat tinggi, mereka datang setiap hari dan meminta untuk diajarkan menggambar. Dalam proses kegiatan ini tidak serta merta mereka diajarkan terus menerus menggambar, namun juga digunakan metode bermain dan pengayaan. Bermain disini dimaksudkan agar anak-anak tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan kegiatan pengayaan adalah memberikan mereka penilaian dan pembenahan tentang apa yang sudah mereka pelajari dalam kegiatan bimbingan belajar menggambar.

Semoga dengan adanya kegiatan bimbingan belajar menggambar pada usia dini ini menjadi cara efektif untuk membentuk kesadaran pentingnya belajar seni dan mengetahui potensi diri terkait dalam kemampuan seni yang ada pada diri anak-anak. Sebagai apresiasi karya-karya yang mereka hasilkan, beberapa dari karya yang masuk dalam seleksi dipilih untuk diikutkan dalam kegiatan pameran nantinya. Hal ini diharapkan menjadi motifasi dan penyemangat belajar mereka dalam belajar dan memperbaiki hasil karya mereka.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di