CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Video Seruan Usir Warga Non Aceh, Panglima KPAD Kena UU ITE dan UU Darurat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3cf550dbf7647e6b7ed28f/video-seruan-usir-warga-non-aceh-panglima-kpad-kena-uu-ite-dan-uu-darurat

Video Seruan Usir Warga Non Aceh, Panglima KPAD Kena UU ITE dan UU Darurat

Video Seruan Usir Warga Non Aceh, Panglima KPAD Kena UU ITE dan UU Darurat
Terdakwa Yahdi Ilar Rusydi (kiri) yang juga mengaku Panglima Kelompok Pembebasan Kemerdekaan Aceh Darussalam (KPAD) usai mendengarkan dakwaan jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Banda Aceh, di Banda Aceh, Kamis (6/2/2020). (Antara Aceh/M Haris SA)
Selain mendakwa terdakwa Yahdi menyebarkan ujaran kebencian melalui video rasis di media sosial, terdakwa Yahdi juga didakwa kepemilikan senjata api.

Suara.com - Pengadilan Negeri Banda Aceh mulai menggelar sidang kasus video viral kelompok Pembebasan Kemerdekaan Atjeh Darussalam/Atjeh Merdeka (PKAD) yang menyerukan pengussiran terhadap warga Non-Aceh.

Dalam sidang perdana ini, jaksa penuntut umum mendakwa Yahdi Ilar Rusydi yang mengaku sebagai panglima PKAD telah menyebarkan ujaran kebencian atas video rasial yang belakangan sempat menghebohkan di jagat media sosial.

Selain mendakwa terdakwa Yahdi menyebarkan ujaran kebencian melalui video rasis di media sosial, terdakwa Yahdi juga didakwa kepemilikan senjata api.

Dalam dakwaannya, JPU menyebut terdakwa Yahdi menyebarkan ujaran kebencian dengan menyebar video di media sosial berisi seruan bagi warga bukan suku Aceh segera keluar dari Aceh pada September 2019.

"Video rasis tersebut direkam terdakwa menggunakan telepon genggam, kemudian disebarkan melalui Facebook. Dalam video tersebut, terdakwa juga memperlihatkan senjata api," kata JPU seperti dilansir Antara.

JPU menyebutkan perbuatannya terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana sesuai Pasal 45A Ayat (2) jo Pasal 28 Ayat (2) UU RI Nomor 11 Tahun 2008 sebagaimana diubah menjadi UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

"Terdakwa mengakui memiliki senjata api rakitan tanpa izin. Perbuatan terdakwa memiliki senjata api tanpa izin diancam pidana Pasal 1 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Darurat Tahun 1952," kata JPU.

Diketahui, sejak video seruan pengusiran warga Non Aceh viral di medsos, polisi telah menangkap dua orang sebagai tersangka serta menyita senjata api rakitan milik keduanya.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Ery Apriyono mengatakan kedua orang tersangka yang ditangkap berinisial YIR dan RD. Menurutnya, video pengancaman tersebut dibuat di kawasan Aceh Utara dan diunggah ke media sosial pada Mei 2019 lalu.

"Video itu direkam di salah satu tempat di kawasan Aceh Utara, kemudian disebarkan ke sejumlah medsos,” kata Ery seperti dikutip Portalsatu.com--jaringan Suara.com, Jumat (8/11/2019).

Dalam rekaman video berdurasi lima menit lima belas detik itu menampilkan enam orang menggunakan baju loreng, lima di antaranya memakai penutup wajah. Tampak satu pria yang tak mengenakan penutup berbicara di depan kamera, mengungkapkan perintahnya.

Pria tersebut memerintahkan warga dari luar Aceh untuk segera pergi untuk sementara waktu, tetapi diberi kesempatan bersiap-siap sampai tenggat waktu 4 Desember 2019.

Terkait kasus ini, Ery menjelaskan, YR merupakan pimpinan kelompok pembuat dan penyebar video tersebut. Sedangkan RD, ajudan YR.

Dari kedua tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti di antaranya, belasan HP dan baju loreng, kain serban, sepucuk senjata api rakitan berserta enam amunisi, sepatu, pisau, dua pasport, ATM, buku rekening bank.

Sumber : https://www.suara.com/news/2020/02/0...dan-uu-darurat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Abdul kok pakai nama yahdi? Bukannya abdul paling benci sama kaum yahdi? emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
psti dlu gak kebagian kue...
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
ada² ja
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
cek dulu agama nya emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sudah saatnya preman” jago kandang seperti ini dihukum, ini Indonesia bung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
orang aceh dimana2 kalo dikritik pasti jawabnya "lo tau gak dulu aceh nyumbang pesawat ke sukarno"

selaluemoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ario.bagaskoro dan 30 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
kadal kalo lagi laper tuh sering khilaf
jadi harap maklum yah akhiemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
hak pribumi dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yusuko dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post PROSAV
boleh ni dijabarin arti 'hak pribumi' versi lo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
gini mau maju daerahnya?:emoticon-Cape d...
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Pantesan daerahnya gk maju2 emoticon-Leh Uga
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Balasan post yusuko
Quote:


loe taw gak binjai aceh, rambutan yang dijual di pasar2 indon dlu bibit nya dari aceh. emoticon-Ngakak
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Belum diundang di ILC kok udah ditangkap duluan
emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post yusuko
@mibmobz nah ini...ngungkit masa lalu memang nikmatemoticon-Big Grin
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Balasan post yusuko
Quote:


@yusuko iya donk, kudu hobi bacod emoticon-Big Grin
itu ganja aceh, sampe dibawa2 ame orang luar pulau termasuk jawa yang paling sering. polkep jawa itu paling suka ganja aceh, sampe dicari2 bener asal nya darimana, aceh ya ? emoticon-Malu (S) gt gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post yusuko
Terus ngatain orang jawa "anjing-anjing jawa" dan bawa artikel yg bilang kalau indonesia jadi miskin kalau aceh lepasemoticon-Leh Uga:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
reid2 dan 5 lainnya memberi reputasi
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
isis cabang aceh
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
Quote:


juga bilang emas monas itu yang nyumbang rakyat aceh.
Aslinya cm 1 orang aja yang nyumbang emoticon-Betty.
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan rizaradri memberi reputasi
Quote:

Padahal yg nyumbang orang 1 doang yg ngaku beriburibu..
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di