CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Bakteri Pengurai Limbah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3cf45388b3cb685c1d23de/bakteri-pengurai-limbah

Bakteri Pengurai Limbah

Bakteri pengurai merupakan kelompok bakteri yang mampu mendekomposisi organisme lain yang telah mati menjadi unsur-unsur penyusunnya yang akan kembali ke lingkungan. Bakteri pengurai ini termasuk ke dalam organisme saprofit karena kemampuannya untuk menguraikan senyawa organik yang ada di alam.


Bakteri saprofit menguraikan tumbuhan atau hewan yang telah mati dan sisa-sisa atau kotoran organisme.


Kelompok mikroorganisme ini menguraikan protein, karbohidrat dan senyawa organik lain menjadi karbon dioksida (CO2), gas amoniak, dan senyawa-senyawa lain yang lebih sederhana. 


Sebagai contoh, beberapa jenis bakteri pengurai mampu membentuk senyawa NH3 dari proses dekomposisi biomolekul protein melalui proses amonifikasi yang kemudian akan masuk ke dalam siklus nitrogen dan selanjutnya digunakan oleh organisme lain.


Oleh karena itu, keberadaan bakteri ini berperan cukup besar dalam siklus unsur organik dalam suatu biosfer.


Proteus dan Clostridium merupakan contoh bakteri pengurai yang umum ditemukan.


Tidak hanya berperan sebagai pengurai senyawa organik, beberapa kelompok bakteri saprofit juga merupakan patogen oportunis.


Clostridium tetani pada umumnya ditemukan di tanah sebagai pengurai senyawa organik, namun dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan menjadi agen penyakit tetanus.


Jenis bakteri pengurai


Ecoplus Bakteri Pengurai Limbah Cair


Ecoplus adalah Bakteri Pengurai Limbah Cair (Inokulan) yang terdiri dari sekumpulan bakteri saprofit Aerob dan Anaerob yang dapat bekerja secara specifik dan sinergis yang umumnya terdapat dalam tanah dan air secara alamiah.

Ecoplus terdiri dari 5 kelompok bakteri yaitu Lactobacillus Sp, Rhodopseudomonas Sp, Actinomycetes Sp, Streptomyces Sp, dan Yeast yang masing-masing memiliki peranan penting dalam sistem penguraian dan pelepasan ion gas-gas beracun yang terjerambab dalam air limbah yang dapat menimbulkan bau tak sedap dan menurunkan kadar BOD, COD, TSS, H2S, NHx, Methylmercaptan dan lain-lain sehingga air limbah yang dilepaskan ke sungai menjadi aman bagi makhluk hidup lainnya.


Manfaat Ecoplus bakteri pengurai limbah cair


Mengurangi bau tak sedap dalam air limbah seperti H2S, Amoniak, dan Methylmercaptan.

Mempercepat proses fermentasi limbah organik yang terlarut dalam air.

Menetralkan potential of Hydrogen ( pH ) dalam air.

Menurunkan Kadar BOD, COD dan TSS dalam air limbah.

Menekan pertumbuhan bakteri patogen seperti E.Colli Sp dan Salmonella Sp.

Bakteri Pengurai Limbah
Diubah oleh nurudhuha29


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di