CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pameran Kolaborasi di Desa Ngroto Menjadi Penunjang Pembelajaran Apresiasi Seni
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3cee0782d49563c03058c2/pameran-kolaborasi-di-desa-ngroto-menjadi-penunjang-pembelajaran-apresiasi-seni

Pameran Kolaborasi di Desa Ngroto Menjadi Penunjang Pembelajaran Apresiasi Seni

Pameran Kolaborasi di Desa Ngroto Menjadi Penunjang Pembelajaran Apresiasi Seni

Dibalik desa yang meraih prestasi sebagai desa terbaik tingkat nasional pada tahun 2018 ini ternyata menyimpan jiwa seni yang sangat tinggi. Berbagai jenis seni ada di desa ini, mulai dari seni bantengan, jaranan, lukis bahkan seni tanaman bonsai dan banyak yang lainnya. Nah, untuk kali ini mari kita sedikit mengulik tentang perkembangan seni lukis yang ada di desa Ngroto ini.
Untuk perkembangan seni lukis, desa Ngroto memiliki sebuah komunitas seni lukis yang bernama Komunitas Woejoed. Sebenarnya bukan hanya seni lukis saja yang ada dalam komunitas ini, namun juga mempelajari seni membuat patung. Namun, lebih difokuskan pada seni lukisnya. Sama halnya dengan komunitas yang lain, kegiatan komunitas Woejoed meliputi kumpul, belajar dan berkarya bersama. Namun ketika diwawancarai, salah satu anggota dari komunitas menyampaikan bahwa melukis bukan hal yang utama bagi mereka. Dalam hal ini mereka masih menomor satukan pekerjaan keseharian mereka seperti bertani dan beternak, kemudian baru dilanjutkan dengan berkarya seni lukis. Hal ini mungkin menjadikan hal yang janggal mengapa mereka menomorduakan seni yang mereka sukai. Namun meskipun demikian, kemampuan mereka dalam melukis jangan ditanya lagi. Lukisan-lukisan yang dihasilkan sangatlah indah. Meskipun belum menggunakan konsep yang matang dalam melukis, namun teknik lukisan mereka sudah mampu memikat mata para pecinta seni lukis. Ditambah dengan menggunakan media yang terbilang sangat besar, mereka dapat membuat proporsi, komposisi dan pencampuran warna yang sangatlah indah.
Dalam program kerja KKN di desa Ngroto ini, mahasiswa KKN berusaha untuk menciptakan proker yang dapat mengembangkan dan menunjang kesenian yang ada di desa. Terutama dalam program kerja salah satu dari prodi seni rupa mengangkat program kegiatan pameran bersama dalam bentuk pameran kolaborasi antara komunitas Woejoed dengan mahasiswa KKN. Dalam kegiatan ini dimaksudkan untuk menjalin hubungan silaturahmi dan saling bertukar ilmu seni yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Selain itu, hal menarik yang dapat dilihat dari suatu pelaksanaan pameran adalah antusias pengunjung yang datang. Untuk apa? Benar, untuk menikmati karya pameran yang disediakan dan sekaligus yang terpenting melakukan kegiatan apresiasi terhadap karya lukis.
Antusiasme warga desa Ngroto terhadap suatu pagelaran acara dapat dibilang sangat tinggi. Mereka sangat tertarik akan hadirnya acara yang mengusung kesenian. Dengan melaksanakan pameran selama lima hari, tiada hari tanpa kehadiran masyarakat desa. Meskipun mereka sudah datang diwaktu sebelumnya, tidak jarang mereka memiliki keinginan untuk datang lagi untuk sekedar melihat pameran yang masih berlangsung. Mereka yang hadir bukan hanya mereka yang ada di daerah desa Ngroto, namun apresiator juga datang dari luar daerah desa. Mulai dari anak kecil, anak sekolah, remaja, dewasa dan bahkan orang tua.
Hal yang patut diperhatikan dalam apresiasi adalah bagaimana cara seseorang tersebut dapat mengamati, mengkritik dan mengkritik suatu karya seni. Begitulah dengan adanya kegiatan ini mengundang banyak apresiator yang datang dalam usia sekolah. Jenjang sekolah yang hadir kebanyakan adalah siswa SMP. Mengapa? Karena dalam jenjang pendidikan SMP, mereka menempuh pelajaran apresisi seni. Dengan dilaksakan pameran ini, akan menjadi sebuah perantara dan kesempatan mereka utuk melakukan apresiasi terhadap karya yang ada di kegiatan pameran secara langsung. Hal ini akan menjadi nilai lebih dan sangat bermanfaat bagi pembelajaran apresiasi seni. Banyak sekali siswa yang hadir dengan tujuan mengapresiasi karya seni sebagai pemenuhan tugas sekolah mereka, namun meskipun demikian hal ini dapat menjadi sebuah pengenalan dan juga metode untuk tetap menanamkan kesadaran akan seni kepada siswa tersebut. Bukan hanya kepada siswa, namun kepada semua yang hadir dan terlibat dalam kegiatan pameran kolaborasi di Desa Ngroto.
profile-picture
the1thatgotaway memberi reputasi
kayaknya bakalan seru nih..


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di