CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Sedang Sakit ?, Hindari Konsumsi Makanan Sehat Ini.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3cece74601cf462a77a530/sedang-sakit--hindari-konsumsi-makanan-sehat-ini

Sedang Sakit ?, Hindari Konsumsi Makanan Sehat Ini.

Sedang Sakit ?, Hindari Konsumsi Makanan Sehat Ini.
Sumber Foto : Medibank

Halo GanSis...emoticon-Haiemoticon-Hai

Tubuh yang tidak fit atau tidak sehat membuat kita kesulitan untuk melakukan aktivitas. Begitu juga dengan banyak peraturan yang harus di lakukan, termasuk juga soal makanan dimana ada beberapa makanan yang harus dihindari saat Anda sedang sakit.

Disamping makanan yang dikira bisa menyembuhkan, beberapa makanan yang sehat justru membuat kondisi kita lebih buruk bahkan memperpanjang gejala yang muncul.
Berebeda penyakit, berbeda juga makanan yang harus di hindari. 

Diambil dari website Huffington Post, ada beberapa makanan menyehatkan yang bisa membuat penyakit Anda memburuk. Berikut merupakan beberapa makan tersebut berdasarkan penyakitnya, yang di lansir pada CNNIndonesia.com :

Flu dan Demam

1. Bayam
Hastamin merupakan zat yang di produksi oleh tutuh yang dapat membuat tubuh memicu gejala alergi. Ada beberapa makanan yang di anggap dapat melepaskan hastamin, di antaranya adalah stroberi, bayam tomat dan jeruk. Makanan yang membuat hastamin ini terlepas dapat membuat respons peradangan. dan gejala ini lah yang dapat memperburuk gejala flu dan demam.

2. Kacang
Kacang mempunyai nutrisi yang penting untuk melawan infeksi seperti zync dan vitamin E. Namun ketika ada penyakit yang datang, Anda tidak bisa mengonsumsi kacang. Terutama di saat perut merasa kembung dan muncul demam. Kacang kaya akan tinggi lemak, hal ini membuat tubuh lebih bekerja keras untuk mencernanya. Hal seperti ini dapat membuat perut menjadi kembung dan dapat menguras energi yang dibutuhkan tubuh dalam melawan infeksi. Kacang ini juga termasuk ke dalam salah satu makanan yang bersifat pembebas hastamin.

3. Brokoli 
Brokoli memiliki manfaat berupa nutrisi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti vitamin A dan C. Dikarenakan sifat brokoli yang tinggi akan serat, membuatnya sulit untuk di cerna buat orang sakit. Untuk menghindari initasi saluran pencernaan dapat mengonsumsi makanan yang rendah serat atau dapat dibilang makanan yang mudah di cerna. Sebagai penggantinya Anda bisa mengonsumsi seperti paprika merah yang kaya akan anti oksidan dan vitamin C yang dipercayai dapat meringkankan gejala flu. Selain itu dapat juga mengonsumsi jamur yang dipercaya dapat meningkatna  sistem kekebalan tubuh, melawan flu, dan sifatnya yang anti-inflamasi.

Sakit Kepala

1. Keju parmesan
Semakin lama usia dari makanan, maka semakin banyak juga hastamin yang di hasilkan makanan tersebut. Salah satu dari makanan itu adalah keju parmesan ini. Hastamin dalam keju dapat menyebabkan pembuluh darah di otak membesar dan memicu sakit kepala yang berlebih.

2. Makanan fermantasi
Kandungan asam amino atau tyramine yang ditemukan dalam makanan fermentasi juga bisa menjadi pemicu sakit kepala. Mengkonsumsi makanan fermentasi akan menimbulkan penyempitan dan pelebaran pembuluh darah pada otak yang memicu sakit nya kepala yang berdenyut. Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi seperti buah semangka atau mentimun yang kaya akan air yang dapat membantu untuk mengurangi gejala sakit kepala.

Batuk dan radang tenggorokan

1. Sayuran mentah
Makanan yang kasar atau bergerigi dapat menyebabkan iritasi. Hindarilah sayuran yang mentah di saat tenggorokan kurang sehat.

2. Buah jeruk
Walaupun kaya akan nutrisi, buah jeruk dapat membuat kondisi seseorang bisa memburuk, karena tingkat keasaman pada jeruk akan menimbulkan iritasi pada tenggorokan.

Dari pada mengkonsumsi kedua makanan di atas, disaran kan untuk memakan sesuatu yang lebih lembut seperti telur. Karena di dalam telur terdapat vitmain D dan zync yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Disarankan juga untuk mengkonsumsi madu yang dpat meredakan sakit tenggorokan.

Sakit perut, mual, dan diare

1. Makanan olahan susu
Makanan olahan susu ini mengandung latkosa yang diuraikan oleh lambung dengan bantuan enzim pencernaan yang di sebut laktase. Enzim ini akan habis ketika terjadi peradangan pada usus. Ketika Anda mengkonsumsi ini saat perut Anda bermasalah, akan mnambah gejala yang terasa seperti diare, kembung dan sakit perut.

2. Kacang
Gula yang terkandung dalam kacang ini dapat mengiritasi lambung. Gejala di antaranya adalah diare, asam lambung, dan diare.
Sebagai gantinya Anda bisa mengkonsumsi nasi putih. Makanan ini mengandung pati dan rendah sreat yang paling sempurna untuk pencernaan, khusus nya dalam melawan diare. Atau Anda bisa mengkonsumsi pisang yang mengandung pati resisten yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik pada usus.
Oalah baru tauemoticon-Bingung nais infoemoticon-Leh Uga
setelah saya baca, ternyata saya baru paham sekarang. ini nih yang nambah wawasan.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di