CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Nasi Putih Penyebab Utama Diabetes, Apakah Itu Benar?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3ce99cf0bdb25ac440dc91/nasi-putih-penyebab-utama-diabetes-apakah-itu-benar

Nasi Putih Penyebab Utama Diabetes, Apakah Itu Benar?


Apa itu diabetes?

Diabetes merupakan salah satu penyakit tidak menular yang bisa menyerang anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. 
Menurut data dari WHO, diabetes merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia.

Sebanyak 422 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes, kebanyakan penderita diabetes ada di negara miskin dan negara berkembang.

Diabetes ada dua jenis, yakni diabetes tipe I dan diabetes tipe II. Diabetes tipe I disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh dalam memroduksi insulin, sedangkan diabeter tipe II disebabkan oleh resistensi insulin.

Nasi putih penyebab utama diabetes, apakah itu benar?

Nasi putih merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat Asia. Tetapi, banyak hal negatif yang dihubungkan dengan nasi putih, salah satunya menyebabkan diabetes. Apakah benar, nasi putih penyebab utama diabetes?

Nasi putih memiliki kandungan gula yang cukup banyak. Jika dikonsumsi secara berlebihan, mungkin bisa menyebabkan diabetes. Namun, jika dikonsumsi dalam porsi yang benar, nasi putih tidak akan menyebabkan diabetes.

Selain mengonsumsi nasi putih secara berlebihan, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan diabetes, misalnya faktor keturunan. Gaya hidup yang kurang sehat (jarang bergerak dan mengonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan) juga bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes.

Jadi, apakah nasi putih penyebab utama diabetes? Jawabannya bukan. Namun, nasi putih bisa menyebabkan diabetes, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Supaya tidak menyebabkan diabetes, kita harus memerhatikan jumlah nasi putih yang kita konsumsi.

Nasi putih juga menyebabkan kegemukan?

Selain diabetes, nasi putih juga sering disebut sebagai salah satu penyebab kegemukan. Padahal, kegemukan disebabkan oleh jumlah kalori yang masuk ke tubuh lebih besar, dibandingkan kalori yang keluar dari tubuh.

Nasi putih bisa membuat tubuh gemuk, jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun, nasi putih tidak akan membuat tubuh gemuk, jika dikonsumsi secara tepat. Selain itu, perhatikan juga makanan lain (selain nasi) yang kita konsumsi.

Jika sudah mengonsumsi mi, roti, biskuit, dan makanan lain yang mengandung karbohidrat, akan lebih baik jika kita mengurangi porsi nasi yang akan dikonsumsi pada hari itu. Jadi, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan.

Tips memasak nasi putih agar kandungan gula di dalamnya berkurang

Mahasiswa dan mentornya dari College of Chemical Science di Sri Lanka, berhasil menemukan cara memasak nasi agar kandungan gula di dalamnya berkurang.

-Masak nasi dengan satu sendok teh minyak kelapa menggunakan air yang mendidih.

-Tambahkan ½ cangkir beras putih

-Masak sekitar 40 menit

-Setelah masak, masukkan ke dalam kulkas selama 12 jam

Cara memasak seperti itu akan membuat kandungan kalori di dalam nasi putih berkurang sebanyak 50-60 persen.

Tips agar nasi putih yang kita konsumsi tidak menyebabkan diabetes

Agar nasi putih yang kita konsumsi tidak menyebabkan diabetes dan badan jadi gemuk, jangan lupa untuk memerhatikan porsi makan kita.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, porsi makan yang pas untuk satu kali makan orang dewasa adalah 1/3 makanan pokok, 1/3 sayuran, 1/6 lauk pauk, dan 1/6 buah-buahan.

Jika dirincikan, maka jumlahnya menjadi seperti ini:

1/3 makanan pokok sama dengan 150 gram nasi (3 centong kecil)/ 300 gram kentang (3 buah ukuran sedang)/ 75 gram mi (1 ½ gelas)

1/3 sayuran sama dengan 150 gram sayuran (satu mangkuk sedang)

1/6 lauk pauk sama dengan 75 gram ikan (1 ekor)/ 80 gram daging ayam tanpa kulit (2 potong)/ 55 gram telur (1 butir)/ 70 gram daging sapi (2 potong sedang)/ 100 gram tahu (2 buah)/ 50 gram tempe (2 potong)

1/6 buah-buahan sama dengan 150 gram pepaya (2 potong sedang)/ 110 gram jeruk (2 buah)/ 50 gram pisang ambon (1 buah ukuran sedang)

Selain itu, jangan lupa olahraga rutin.

Fakta seputar nasi putih dan nasi merah

Fakta 1 - Selain mengandung karbohidrat, nasi putih juga mengandung serat, protein, selenium, zink, dan magensium.

Fakta 2 - Jika kamu ingin mendapat asupan serat yang lebih banyak, coba konsumsi nasi merah. Kandungan serat di dalam nasi merah lebih banyak, dibandingkan nasi putih. Kandungan gula di dalam nasi merah juga lebih rendah, dibandingkan nasi putih.

Fakta 3 -Negara yang paling banyak mengonsumsi nasi:

1.     Cina – 142,700 metriks ton setiap tahun

2.     India – 97,350 metriks ton setiap tahun

3.     Indonesia – 37,400 metriks ton setiap tahun



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di