CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Cabut Aki atau Tidak Ketika Mobil di Tinggal Liburan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3ce399349d0f02510b8780/cabut-aki-atau-tidak-ketika-mobil-di-tinggal-liburan

Cabut Aki atau Tidak Ketika Mobil di Tinggal Liburan?

Cabut Aki atau Tidak Ketika Mobil di Tinggal Liburan? – Wah pasti Bro/Sis tau nih kalo Aki menjadi sumber utama ketika menghidupkan mesin mobil, ya kan?

Nah, maka dari itulah Bro/Sis, kondisi komponen itu juga wajib untuk tetap prima. Supya dapat digunakan secara optimal. Salah satunya, yaitu dengan melakukan pemanasan mesin secara rutin ya Bro/Sis.

Baca Juga : Cara Membaca Kode Aki / Accu / Baterai

Cabut Aki atau Tidak Ketika Mobil di Tinggal Liburan?
Image : ilgazotokiralama.com


Namun, bagaimana apabila mobil tak digunakan dalam jangka waktu beberapa lama, karena Bro/Sis sedang liburan atau mudik?

Banyak yang beranggapan sih, apabila mobil tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, ya lebih baik aki dicabut. Namun, ada juga sih yang berpandangan bahwa mencabut aki dapat merusak bagian mesin terutama pada mesin injeksi Bro/Sis.

Baca Juga : Alasan Aki Motor Sering Tekor dan Cara Mengatasinya

Lalu Bagaimana Seharusnya?

Apabila mobil ditinggal dalam waktu beberapa lama, ya sebaiknya aki dicabuT, Bro/Sis. Karena untuk menjaga supaya kondisi aki tepat terjaga dan tidak soak atau rusak ketika digunakan.

Apabila aki tidak dilepas, ketika mobil ditinggal pergi dalam waktu beberapa lama, maka arus aki dapat berkurang lho Bro/Sis. Hal ini disebabkan,  ya karena walaupun mesin mobil mati, namun beberapa komponen tetap membutuhkan arus kelistrikan.

Baca Juga : Terkuak! Cara Jumper Aki Mobil yang Soak

Jadi, kalo tidak dilepas, akinya akan derdischarge untuk beberapa komponen Bro/Sis. Seperti halnya alarm, jam, hambatan kabel hingga dark current.

Jadi, jika dicabut maka tidak akan ada beban sama sekali. Naumn, apabila mobil ditinggal dalam jangka waktu kurang dari satu minggu masih aman dan tidak perlu dilepas ya Bro/Sis! Akan tetapi, jika sudah lebih dari 2 minggu atau sampai 3 minggu lebih itu, sebaiknya akinya dilepas.

Baca Juga : Mobil Susah Starter? Jangan Salahkan Aki Dulu!

Jadi nih ya Bro/Sis, apabila mobil akan ditinggal pergi lebih baik kabel aki dilepas. Jika mobil ditinggal dan tidak digunakan sementara, aki Bro/Sis masih tersambung, maka lambat laun akinya akan soal. Hal ini karena, walaupun mobil tidak digunakan tetap saja arus aki terpakai.
[hr]

Zeus Battery adalah Distributor Baterai Aki Motor, Mobil, Kapal dan Industri Berkualitas.
Kontak :
WA : 0813 1016 4662


PH : 021 8899 7274
zeusbattryonline.com


Telah terbit di : Zeus Battery

profile-picture
perutsehat memberi reputasi
emoticon-Sundul
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
emoticon-Sundul
profile-picture
perutsehat memberi reputasi
emoticon-Sundul
profile-picture
perutsehat memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di