CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Mamalia /
Mengenal Monyet Dukun, Primata Terbesar Berkelas Mammalia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3cdad0f4d695129e5694d7/mengenal-monyet-dukun-primata-terbesar-berkelas-mammalia

Mengenal Monyet Dukun, Primata Terbesar Berkelas Mammalia


Monyet Merupakan sebuah istilah dalam semua keluarga primata yang tidak prosimia atau pra-kera, seperti kera, lemur dan tarsius. Hingga saat ini, terdapat 264 jenis monyet yang telah dikenal oleh manusia dan hidup di dunia. Pada umumnya monyet memiliki ekor kecil serta berbadan lebih ramping dibandingkan dengan kera. Monyet juga diketahui bisa belajar dengan menggunakan alat untuk membantunya mendapatkan makanan. Dalam pengelompokkan monyet terdapat sifat parafiletak sebab monyet dunia lama atau Cercopithecoidea. Sebenarnya lebih dekat dengan genetiknya kera atau Hominidae dibandingkan dengan monyet dunia baru atau Platyrrhini.
Mengenal Monyet Dukun, Primata Terbesar Berkelas Mammalia

Monyet Dewapoker88 terbesar di dunia ini merupakan mandrill atau monyet dukun. Monyet adalah primata dari keluarga monyet dunia lama atau cercopithecidae. Jenis monyet ini berhubungan dekat dengan babu dan bahkan lebih dekat kepada drill. Pada awalnya monyet dukun serta drill diklasifikasikan sebagai babun di genus papio. Akan tetapi para peneliti yang melakukan riset terakhir menyimpulkan bahwasanya kedua jenis ini harus dipisahkan ke dalam genus tersendiri yakni mandrillus. Charles Darwin juga pernah menuliskan bahwasanya "tidak ada kelas lain dari seluruh anggota mamalia yang berwarna begitu luar biasa seperti monyet dukun jantan dewasa".

Monyet dukun juga merupakan primata yang paling mencolok sebab paling berwarna. Monyet ini mempunyai bulu berwarna hijau olive atau abu-abu gelap dengan gari kuning-hitam serta perut putih. Wajah monyet jenis ini tidak berambut dan memiliki hidung memanjang sekaligus melebar. Warnanya pada wajahnya juga mempunyai karakteristik khusus seperti strip merah di tengah dan tonjolan berwarna biru di pinggir. Monyet dukun juga memiliki bibir serta lubang hidung berwarna merah dan memanjang sekaligus melebar. Tidak hanya itu primata terbesar ini juga mempunyai janggut kuning dan tufa putih.
Mammalia ini pun memiliki multi warna seperti merah, biru, pink, dan unggu pada daerah sekitar alat kelamin dan anus. Tingkat kecerahan dari warna pada monyet dukun lebih menyolok pada jantan dewasa dominan.
Mengenal Monyet Dukun, Primata Terbesar Berkelas Mammalia

Mandrill pejantan dominan biasanya akan memiliki kelamin yang di tutupi dengan sepotong kulit, rambut kasar di dada merek. Bukan hanya disitu saja jenis primata ini juga menggunakannya untuk komunikasi penciuman, terutama lebih kentara pada pejantan dewasa dominan. Monyet dukun jantan juga mempunyai taring yang lebih panjang dibandingkan dengan batina. Untuk berat bandan primata terbesar berjenis kelamin jantan lebih berat daripada betina. Untuk ukuran pejantan rata-rata adalah 81-90 cm dan betina 56-66cm dengan tambah 5 sampai 8 cm dari ekor. Lama hidupnya monyet dukun dapat sampai 31 tahun, apabila dalam habitat perlindungan atau kurungan. Monyet dukun betina akan mencapai kedewasaan seksual pada usia kira-kira 3,5 tahun. Jenis monyet Togel Online ini juga dikenal dengan dimorfisme seksualnya yang besar di antara primata lainnya.
Monyeeeet nyet


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di