CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3cd4b9c342bb4a403f855c/demo-penolakan-renovasi-gereja-kembali-terjadi-di-karimun

Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun

Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun

Puluhan orang kembali melakukan aksi unjuk rasa di lokasi pendirian Gereja St. Joseph di Karimun, Kamis, 6 Februari 2020. Massa mendatangi gereja karena ada aktivitas yang berlangsung padahal tak boleh ada pembangunan sebelum putusan PTUN keluar.
 
"Kita dianggap tidak ada, padahal sudah ada perjanjian ditanda tangani Bupati, aktivitas tidak boleh dilakukan jika belum inkrah di PTUN," ujar Hasyim Tugiran, Koordinator Aliansi Peduli Kabupaten Karimun.
 
Hasyim mengatakan pihaknya melakukan unjuk rasa karena ada aktivitas pembongkaran di dalam gereja yang artinya hal itu melanggar perjanjian. "Kita membantah ini," kata dia.
 
Ia mengaku melihat ada beberapa orang yang diduga sebagai provokator sehingga aktivitas pembangunan dilakukan kembali. Selain itu, orang yang diduga provokator itu menghina Islam di media sosial. "Lalu dia juga bilang Islam kadrun, saya sudah laporkan itu, bukti buktinya ada semua," kata Hasyim.
 
Meski ada peristiwa ini, Hasyim meminta agar masyarakat umum tak menilai warga setempat bersikap intoleran atau melarang pelaksanaan ibadah di Karimun. Selama ini, menurut dia, di tempat gereja lain ibadah mereka berlangsung seperti biasa. "Tanya tempat lain, semuanya aman aman saja," kata dia.

Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun

Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan Keuskupan Romo Agustinus Dwi Pramodo mengatakan PTUN tidak ada hubungan dengan IMB sehingga pembangunan tetap bisa dilakukan. 
 
Agustinus membenarkan ada aktivitas di gereja tersebut, diantaranya membongkar bagian yang rapuh karena tidak bisa ditempati lagi. "Terutama pada bagian aula dan ruang kerja," kata dia saat dihubungi Tempo, Kamis, 6 Februari. 
 
Menurut Agustinus, saat ini panitia pembangunan gereja dan beberapa massa yang demo berkumpul di Mapolres Karimun. Ia menyebut awalnya penolakan renovasi gereja ini dilakukan massa karena menurut mereka tidak sesuai budaya melayu. "Padahal sudah ada sejak 1928," kata dia.
 
Adapun polemik pembangunan gereja ini telah bergulir sejak 2013. Aksi massa juga sempat terjadi saat peletakan batu pertama renovasi gereja tersebut pada 25 Oktober 2019.

Jihad Fisabilillah

Lagi2 ummah didzalimi ya akhi

Masya Allah

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun
Berita rutin. Bosan
profile-picture
Rasuna memberi reputasi
agamamu untukmu*

aksi damai ya? emoticon-Smilie


dengan ancaman tentu saja emoticon-Smilie
profile-picture
wahgituya memberi reputasi
udah ga heran
Polisi dan TNI hanya jadi penonton doang.?emoticon-Gila
Bubarin aja lah nih negara,kalo bisa buat 1negara aja khusus umat itu aja,terserah deh mau ngambil pulau mana yang mereka mau.emoticon-Embarrassment



Bat@!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 3 lainnya memberi reputasi
respon menag gmn
Lihat 1 balasan
Aksi Damai sambil tendang tendang seng Proyek
gelar lapak di mari.. nunggu ada orang2 idiot cuma bisa koar2 bacot doangan ngehujat suatu agama yg diakui dan dilindungi di negara ini..

emoticon-Big Grin

ane nambah poto dah.. walau oot..

Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun

Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun

Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun

Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun

betewe.. yg ane pajang potonya di atas kira2 agamanya apa yaa?

emoticon-Smilie
Diubah oleh khayalan
Lihat 2 balasan
harusnya pihak gereja mentaati peraturan yg berlaku, klo taat aturan mana mungkin warga memaksa menutupnya emoticon-Embarrassment
Lihat 2 balasan
Tanggapan kader PKS yg ada dikaskus gimana?

setuju gereja itu dirobohkan atau direnov?

:emoticon-Kaskus Radio
Sungguh damai

Si cantik noiss kemana kalo berita gini? Ah diem aja dia, sayurrr
profile-picture
reid2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
loe lagi loe lagi
Balasan post khayalan
Quote:


Yaolo! Foto apa ini?
Presiden RI seorang kadrun? emoticon-Malu

Take emoticon-Angkat Beer
KEBANYAKAN IBADAH MEMBUAT ISI KEPALA SEUKURAN ISI&TAFSIRAN2 BUKU YANG KONON SUCI ITU.
Quote:


ane tambahin..

Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun

Demo Penolakan Renovasi Gereja Kembali Terjadi di Karimun
Diubah oleh khayalan
Lihat 1 balasan
Gak boleh renovasi, disuruh membusuk sendiri.
Balasan post khayalan
Quote:


Yaolo! Ini makin ilegal!
Presiden RI meniru kebiasaan dungu kadrun! emoticon-Mewek
betapa damai nya mereka, sungguh sangat toleran terhadap umat lain emoticon-Malu
karena kalau gak toleran mungkin sudah dibakar emoticon-Ngacir
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
syarat bikin rumah ibadah emoticon-Cool

1. Daftar nama dan Kartu Tanda Penduduk pengguna rumah ibadat paling sedikit 90 orang yang disahkan pejabat setempat sesuai dengan tingkat batas wilayah;
2. Dukungan masyarakat setempat paling sedikit 60 orang yang disahkan oleh lurah/kepala desa;
3. Rekomendasi tertulis dari kantor departemen agama kabupaten/kota; dan
4. Rekomendasi tertulis Forum Kerukunan Umat Beragama kabupaten/kota.

Untuk renovasi yak langsung direhab, pakek duid, gak pakek cingcong.
Diubah oleh mibmobz
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di