CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ternyata Macet di Google Maps itu Bisa Dibikin loh!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3cd1a382d4956d93186fc0/ternyata-macet-di-google-maps-itu-bisa-dibikin-loh

Ternyata Macet di Google Maps itu Bisa Dibikin loh!


Dengan bantuan aplikasi yang namanya Google Maps, orang – orang sekarang udah bisa memilih jalan mana yang macet dan sepi ketika akan berpergian. Selain itu mereka juga tau berapa durasi perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan, walaupun situasi jalanan lagi macet. Intinya dengan adanya Google Maps, perjalanan akan menjadi lebih mudah dan bisa terhindar dari macet.

Akan tetapi, banyak orang yang gak tau (termasuk Ane sebelum bikin thread ini) ternyata kondisi macet di Google Maps itu bisa direkayasa GanSis. Jadi warna merah, kuning, dan hijau yang muncul di peta digital tersebut bisa dibikin atau direkayasa.

Ternyata Macet di Google Maps itu Bisa Dibikin loh!

Rekayasa ini sudah dilakukan oleh seorang seniman asal Jerman bernama Simon Weckert. Ia melakukan eksperimen untuk mengetahui bagaimana cara Google Maps menentukan jalanan yang macet.

Simon membawa 99 smartphone yang dimasukkan dalam sebuah gerobak kecil ke jalanan kota Berlin. Semua ponsel tersebut di setting lagi membuka aplikasi Google Maps. Hal ini dilakukan seolah – olah banyak orang yang buka Google Maps pada saat posisi di jalanan dan pergerakannya pelan (karena Simon cuman pake gerobak).

Ternyata Macet di Google Maps itu Bisa Dibikin loh!

Dan ternyata eksperimen yang dilakukan Simon tersebut terbukti GanSis. Di aplikasi Google Maps terlihat jalanan yang dilalui Simon berwarna merah yang berarti jalanan tersebut macet. Kemana pun Simon pergi dengan gerobak yang berisi handphone tersebut, kondisi jalanan yang dilaluinya akan terlihat merah di Google Maps.

Pinter juga nih orang ya GanSis...hehe.

Nah terkait aksi Simon ini, pihak dari Google sempat menanggapinya GanSis. Menurutnya yang dilakukan seniman tersebut merupakan mekanisme yang digunakan Google Maps untuk memprediksi kondisi lalu lintas. Google memang menarik data lokasi dari ponsel yang menjalankan aplikasi Google Maps. Jika ada banyak ponsel di jalanan dan mereka bergerak lambat, maka aplikasi akan menunjukkan kalau lokasi tersebut jalanannya macet.

Sebenarnya Google udah bisa membedakan data dari yang menggunakan mobil dan motor. Tapi ini baru bisa terealisasikan di beberapa negara saja, termasuk Indonesia dan India.

Google menanggapi positif apa yang dilakukan Simon. Menurut mereka apa yang Simon kelak dapat membantu Google Maps dalam meningkatkan kemampuan aplikasi mereka.

Gimana menurut Agan dan Sista aksi dari Simon ini? Kalau Ane sih beberapa kali sempat ngalamin GanSis. Pas liat Google Maps, jalanannya warna merah, karena gak ada jalan lain yaudahlah Ane terusin lewat jalan tersebut. Taunya pas udah nyampe di TKP alias jalanan yang warna merah tadi, jalannya malah lancar jaya. Mungkin bisa aja ini yang Ane alamin GanSis, yang pake Google Maps di situ lagi banyak...hehehe



profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
aduh diakalin wkwk
leh ugaa ni si simon santoso
Bisa nih buat ngakalin kalo nggak mau macet hahahhah ya tapi effortnya itu lohhhh harus punya hape banyak tu kek manaaa
google memprediksi lalu lintas dengan padatnya sinyal yang terpusat di suatu area secara static ataupun mobile emoticon-Smilie

profile-picture
pwngwn.mwmwk memberi reputasi
Niat kali bapak ini emoticon-Ngakak
niag banget ya orang itu, mau bukttin kalau macet bisa dibuat, hahaha
niat bener yaaak org bikin begini wkwkwkw, tp emg bener sih krn kan google nangkep dr loc kitaa
ada2 aja eksperimen tuh bapak emoticon-Ngakak
eksperimenya boleh juga tu, tp kalo mau coba musti beli hp yg banyak emoticon-Big Grin
wahaha keren nih orang gan haha mantab gan simon
ternyata eh ternyata.. begitu toh sistem kerjanyaa.. baru tau ane
Mantap nih Gan infonya,
anak anda hilang, coba sruh cariin google
Gara gara simon nyongemoticon-Leh Uga
yup...
bener sekali...
iya kan emang dia ngambil dr smartphone gan hehehe

tp dgn viralnya ini, yakin bakal dibenerin sama.google
kepikiran ae
ane baru ngerti cara kerja google maps ngasitau area macet tuh dari sinyal hape wkwk
Quote:


iyaa mungkin jadi bakal mikir, ada gak cara lain buat mendeteksi macet
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di