CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Heboh Kemunculan 'Kerajaan Kutai Mulawarman' di Kukar Ini Faktanya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3c7a965cf6c4057555f4ab/heboh-kemunculan-kerajaan-kutai-mulawarman-di-kukar-ini-faktanya

Heboh Kemunculan 'Kerajaan Kutai Mulawarman' di Kukar Ini Faktanya

Heboh Kemunculan 'Kerajaan Kutai Mulawarman' di Kukar Ini Faktanya

KUTAI KARTANEGARA - Setelah heboh munculnya kerajaan-kerajaan baru di sejumlah wilayah seperti Agung Sejagat, Sunda Empire dan King of The King ternyata di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur juga ada kerajaan baru. Kerajaan ini bernama 'Kutai Mulawarman'.

Heboh Kemunculan 'Kerajaan Kutai Mulawarman' di Kukar Ini Faktanya


Namun menurut Iansyahrechza atau sang raja Kutai Mulawarman kerajaannya hanya berupa perkumpulan yang perduli dengan kebudayaan. Namun meski demikian kerajaan ini telah memiliki istana di Kecamatan Muara Kaman. Nah istana tersebut sekarang dijadikan museum dengan nama Museum Lesong Batu. (Baca: Kelompok Ini Mengklaim Keturunan Kerajaan Kutai Mulawarwan)

"Museum itu berdiri sejak tahun 2005. Ini untuk mengingatkan bahwa pusat Kerajaan Kutai ada di kecamatan itu dan juga merupakan istana Kudungga, raja pertama Kerajaan Kutai berada," kata Maharaja Kerajaan Kutai Mulawarman Iansyahrechza, kepada SINDOnews, Kamis (6/2/2020).

Dia menyebutkan, peninggalan kerajaan itu dulu masih banyak ditemukan di Muara Kaman. Jejak aktivitas kerajaan masih terlihat. Salah satunya tangga panjang menuju lokasi istana terdahulu. Peninggalan perkakas kerajaan masih bisa disaksikan di sana. "Istana itu jadi tempat sakral bagi kami untuk melaksanakan ritual sesuai dengan tradisi kerajaan," timpalnya.

Baca Juga:

Berdasarkan prasasti yang ditemukan, disebutkan kerajaan itu bernama Kerajaan Sagara. "Namun pakar sejarah menyebutnya dengan Kerajaan Kutai. Padahal bukan itu nama yang tertulis di prasasti," tambahnya.

Iansyahrechza menambahkan, pihaknya bersepakat untuk tidak menggunakan nama kerajaan itu lagi dan menggantinya dengan nama Kutai Mulawarman.

"Berdasarkan catatan yang ditemukan, kerajaan inilah yang pertama berdiri di Kutai Kartanegara. Dan kami wajib mempertahankan tradisi itu," pungkasnya.


Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/15...nya-1581002291

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Heboh Kemunculan 'Kerajaan Kutai Mulawarman' di Kukar Ini Faktanya Heboh Kemunculan 'Kerajaan Kutai Mulawarman' di Kukar Ini Faktanya

- Heboh Kemunculan 'Kerajaan Kutai Mulawarman' di Kukar Ini Faktanya Anak Rektor Nikah Tutup Jalan, Polisi: Yang Punya Hajat Orang Terpandang

- Heboh Kemunculan 'Kerajaan Kutai Mulawarman' di Kukar Ini Faktanya Melawan Pakai Pistol, Residivis Ditembak Mati Tim Hunter Polrestabes Palembang



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di