CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3c5058f4d69551a3119f92/kenapa-indonesia-akrab-dengan-macet-mari-kita-bahas-kuy

Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat bermasalah mengenai kemacetan, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan lain sebagainya. Menurut Bank Dunia, seperti yang dilansir oleh banyak media cetak dan elektronik, kemacetan di Indonesia tidak hanya merugikan dari segi waktu tempuh yang semakin melar, namun juga mengakibatkan kerugian finansial sebesar 56 triliun rupiah dalam satu tahun. Kerugian tersebut diakibatkan oleh masifnya masyarakat yang hijrah dari daerah kecil menuju perkotaan besar sehingga menimbulkan penumpukan populasi di satu tempat dan beban perekonomian disana.

Kenapa Indonesia Akrab dengan Macet? Mari Kita Bahas Kuy!
Foto: dapurtraffic.wordpress.com

Dengan berbagai macam dampak yang dapat diakibatkan oleh kemacetan, tak ayal topik ini selalu hangat dan seru untuk dibahas. Terlebih, para pihak terkait masih belum bisa untuk mengatasi kemacetan yang terjadi secara efektif dan efisien dari segi waktu dan sumber daya. Masih banyak hal yang harus dibenahi untuk menyelesaikan permasalahan tahunan ini. Untuk itu, pembahasan mengenai solusi dari masalah ini dirasa sangat diperlukan terutama dari segi teknis yang berperan langsung mengurai kemacetan. Untuk hal-hal non-teknis seperti kebijakan terkait, pada dasarnya merupakan keputusan lanjutan dari faktor-faktor teknis yang berperan sebagai resolusi kemacetan.

Berikut ini, beberapa analisis sederhana mengenai permasalahan-permasalahan penyebab kemacetan dan kemungkinan resolusi yang dapat diambil:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:


Sumber:
https://www.liputan6.com/bisnis/read...jalanan-macet
https://id.wikipedia.org/wiki/Jak_Lingko
https://id.wikibooks.org/wiki/Penera...a/Kelas_Jalan
Pemikiran TS

Sumber Gambar:
Google Image
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeusbattery dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kulitkacang10
Halaman 1 dari 8
Diamankan oleh TS
profile-picture
faster10 memberi reputasi
di negara maju saya pikir gak ada kredit kendaraan, pajak kendaraan sisana juga besar kayaknya

owh iya, dinegara maju juga jarang liat motor

emoticon-Bingung

kalo dimari? ya lu tau ndiri dah

emoticon-Ngakak

banyak yg gak berotak di jalan Raya

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kontholl dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Balasan post aripmuh
Quote:


masih banyak yang harus dibenahi emoticon-Big Grin
profile-picture
faster10 memberi reputasi
karena populasi kendaraan yang tak sebanding dengan fasilitas jalur yang disediakan
Lihat 1 balasan
Balasan post finalboss
Quote:


Yoi gan emoticon-Big Grin
kl kata ane sih, cuman 1 ya yg bikin macet.. di indonesia buat dapetin kendaraan roda 2 dan 4 tuh mudah bgt.. lu punya duit 200rb aja lu bisa bawa motor buat DP.. di luar negri mah ga ada model begini.. lu kredit, DP lu wajib di atas 10%.. di tambah sama ga tertib lalu lintas.. udah deh macet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kontholl dan 2 lainnya memberi reputasi
Kendaraan di sini terus dibuat dan tidak memperhatikan yang lain gan. Pabrik terus berproduksi dan tentu saja macet di jalanan. Maka dari itu untuk mengatasi macet kembali saja ke kuda.
profile-picture
abdullahrian89 memberi reputasi
karena jalanan udah sempit dan sedikit tapi kendaraan yg udah sangat banyak...
bayangkan saja, dg uang muka 500k udh bisa bawa pulang motor... gimana ga bikin macet coba... jadi wajarlah macet...
profile-picture
abdullahrian89 memberi reputasi
Diubah oleh cortanablitz
tidak ada pembatasan jumlah kendaraan, kredit kendaraan pribadi sangat mudah emoticon-Jempol
profile-picture
abdullahrian89 memberi reputasi
Terlalu banyak kendaraan yang dijual gan wkwk
emoticon-Ngakak
Coba dibatasi, misal 1 kk hanya boleh 1 kendaraan
emoticon-Ngakak
profile-picture
abdullahrian89 memberi reputasi
ya namanya juga indonesia, kalo ga macettt ga afdol dong
emoticon-Betty emoticon-Betty
kalo menurut ane kenapa negara kita rawan macet

1. Mudahnya mendapatkan cicilan Kendaraan bermotor dengan harga yang murah.

2. Keegoisan Manusia yang memiliki harta berlebih dengan membeli kendaraan contoh mobil Pajero, isinya cuma 1 orang yg menyetir untuk berangkat kerja, padahal seharusnya 1 mobil membawa 3 atau lebih penumpang.

3. Gengsi, bangsa kita masih banyak manusianya yg hidup ber irisan dengan rasa gengsi, sibuk memamerkan harta benda demi sebuah pengakuan.

4. biaya transportasi umum yang tidak nutup (mahal) dengan gaji umr di ibu kota, UMR kalo dipakai untuk "Ngekost" + "Kendaraan Umum", berat untuk menjalani kehidupan di ibu kota.

5. Negara Kita ini Mengukur sistem dengan keadaan manusia yg memiliki pendapatan Menengah ke atas, mengengah kebawah gak pantas.


menurut ane sih begitu gan, ke soalnya enek liat pengendara mobil mahal tapi isinya 1, di tambah bawa mobilnya sambil ngerokok! otak sama asep ketuker kayanya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kontholl dan 4 lainnya memberi reputasi
Langkah awal pemerintah beli semua alat transportasi umum lalu gaji semua supirnya dan gratisin semua transportasi umum khusus dalam kota......hasil dan pengaruhnya terhadap kelancaran lalu lintas pasti akan bikin ente tercenggang
profile-picture
abdullahrian89 memberi reputasi
indonesia, terutama jakarta macet tidak akan hilang
Quote:


Indonesia macet? Think again...
Indo itu bukan kota besar semua. Jd ga ada itu indo macet.

Kl mau ngomongin kemacetan ya pakenya kota besar.
Daan.... Silahkan dicek, kemacetan terlama dikota besar didunia dimana aja...

Jakarta memang macet, dan perlu diperbaiki.
Tapi bukan yg paling macet...
Lihat 2 balasan
Balasan post angopmaksimal
Sorry gan, sebelumnya di trit, ane udh bilang kok macet utamanya untuk kota kota besar di indonesia, engga semuanya
profile-picture
faster10 memberi reputasi
Diubah oleh kulitkacang10
Balasan post angopmaksimal
Kebetulan disiplin ilmu ane teknik sipil dan menurut kepala dinas pu kota bandung waktu ane datang seminar, Saat ini kota bandung jadi yg termacet terutama karena lagi banyak pembangunan fly over
profile-picture
faster10 memberi reputasi
wah poin 3-4 ngena banget tuh emoticon-Big Grin
Jangan lupa kesadaran masyarakat kita masih rendah utk gunain transportasi umum, serta kredit kendaraan yg masih meraja lela di sini emoticon-Big Grin
Bener sih, yang jelas orang indonesia itu udah kebanyakan punya mobil. Trus pada gengsi naik kendaran umum jadinya ya gituuuuuu. Padahal kalau mau nurunin gengsi dan mau naik transportasi umum pasti macet bisa dikurangi
profile-picture
dhikapradana memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di