CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pilihan-pilihan Krusial dalam Kehidupan dengan Dampak Jangka Panjang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3c4ddc09b5ca67387e5ba1/pilihan-pilihan-krusial-dalam-kehidupan-dengan-dampak-jangka-panjang

Pilihan-pilihan Krusial dalam Kehidupan dengan Dampak Jangka Panjang

Dalam hidup ini, kita pasti pernah dihadapkan dengan banyaknya pilihan. Dari sekian banyak pilihan yang pernah kita tentukan, terkadang tidak semua pilihan yang kita tentukan sesuai dengan yang kita harapkan. Bahkan pilihan yang salah dapat membuat kita menyesalinya karena tidak memikirkan dengan matang-matang. Kalau kata pepatah, berpikir dahulu, baru bertindak.

Sejauh yang sudah saya alami, mendengar kisah dari teman, rekan kerja maupun orang tua. Saya dapat menyimpulkan bahwa dalam hidup ini ada beberapa pilihan krusial yang memiliki dampak jangka panjang (Lifetime). Yang jelas pilihan itu bukan pilihan biasa yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, pilihan apa sajakah itu? Let's check this out!

1. Melanjutkan ke Jenjang Kuliah, Bekerja atau Wirausaha
Pilihan-pilihan Krusial dalam Kehidupan dengan Dampak Jangka Panjang
(sumber : idntimes.com)

Ini pilihan krusial pertama yang kita hadapi setelah lulus SMA/SMK. Menentukan apakah kita akan melanjutkan ke jenjang S1, langsung bekerja atau membuka usaha. Pada pilihan pertama ini, tak jarang orang tua/keluarga dan orang terdekat turut memberikan masukan saat menentukan pilihan ini. Kebanyakan sih pasti memilih untuk melanjutkan ke jenjang S1.

2. Menentukan Jurusan Kuliah

Pilihan-pilihan Krusial dalam Kehidupan dengan Dampak Jangka Panjang

(sumber : edura.id)

Bagi yang melanjutkan ke jenjang S1. Pilihan untuk menentukan jurusan kuliah yang akan diambil pasti sangat membingungkan. Sebab, jurusan kuliah menentukan prospek kerja yang akan dijalani kedepannya. Banyaknya sosialisasi dari kampus-kampus baik kampus swasta maupun negeri sungguh membingungkan. Tak sedikit lho yang menyesal dikarenakan salah ambil jurusan atau merasa tidak cocok dan rela mengulang kuliahnya dengan jurusan yang berbeda.

3. Melamar pekerjaan

Pilihan-pilihan Krusial dalam Kehidupan dengan Dampak Jangka Panjang

(sumber : jawapos.com)

Baik lulusan SMA, S1, maupun S2 akan dihadapkan kembali dengan pilihan melamar pekerjaan. Pilihan yang kita temui dalam melamar pekerjaan pada umumnya adalah :

-Gaji besar, peluang diterima sangat kecil

-Gaji standard, peluang diterima 50:50

-Gaji kecil, peluang diterima besar

Tentu sangat membingungkan dan menjadi dilema bagi para pencari kerja. Pilihan mana yang akan kita ambil, semua tergantung kepada kemampuan dan kepercayaan diri kita masing-masing.

4. Membuka Usaha

Pilihan-pilihan Krusial dalam Kehidupan dengan Dampak Jangka Panjang

(sumber : manglobe.net)

Ini dia nih pilihan selanjutnya. Bagi lulusan SMA yang berani untuk langsung buka usaha, para sarjana yang jenuh dengan rutinitas kerja, ingin mencoba hal yang baru atau mau keluar dari zona nyaman. Menentukan usaha apa yang akan dijalankan tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipelajari dan banyak juga hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha agar kelak menghasilkan keuntungan, bukan kerugian. Setau saya, yang namanya usaha itu pasti banyak gagalnya. Ya, namanya juga "usaha" emoticon-Big Grin.

5. Memilih Pasangan Hidup

Pilihan-pilihan Krusial dalam Kehidupan dengan Dampak Jangka Panjang

(sumber : psiloveyou.xyz)

Yang terakhir. Namanya pasangan hidup, ga boleh sembarangan pilih ya gan/sis. Karena dia lah yang akan menemani kita baik susah maupun senang, membangun keluarga dan menemani kita sampai tua nanti. Pilihan ini harus benar-benar tepat agar kelak tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saya rasa tidak perlu dijelaskan panjang lebar, kita semua pasti sudah tau apa saja dampak dari salah pilih pasangan hidup.

Sekian gan pembahasan saya mengenai pilihan-pilihan krusial berdampak jangka panjang dalam hidup ini. Ketika pilihan yang kita ambil ternyata salah, bukan berarti kita gagal. Sebenarnya, kita diberikan pilihan kembali, apakah akan bangkit dengan pribadi yang jauh lebih baik atau tetap jatuh dan tidak berbuat apa-apa?

Namanya hidup, pasti ada naik-turunnya, ada masa jenuhnya dan ada masa ketika kita benar-benar tidak sanggup untuk menjalaninya. Di masa-masa seperti itulah kita sedang diuji apakah kita layak atau tidak menjadi orang yang lebih baik hingga akhirnya kita benar-benar siap untuk menjadi orang sukses! emoticon-thumbsup

profile-picture
profile-picture
the1thatgotaway dan Shaniakj memberi reputasi
Susah cari pasangan yang setia gan
profile-picture
frreze memberi reputasi
kalo bisa kerja dulu, sambil kuliah, lebih mempunyai nilai tambah..
ngambil jurusan kuliah yg memang punya prospek bagus di masa depan, melamar kerja sesuai jurusan kuliah atau pengalaman terdahulu,
kalo pasangan hidup nyari dari teman baik aja
profile-picture
frreze memberi reputasi
Quote:

iya sis.

Quote:

betul juga kata agan yang satu iniemoticon-Angkat Beer
profile-picture
the1thatgotaway memberi reputasi
mau kerja apa ,mau kuliah apa, mau menikah kapan dengan siapa dll, yang penting kalian bahagia bukan karna males sama omongan tetangga emoticon-Hammer2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di