CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Memanaskan Motor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3c3a6e8d9b1716ab0fbf9d/4-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-memanaskan-motor

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Memanaskan Motor

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Memanaskan Motor

Jakarta, IDN Times - Memanaskan motor kerap dilakukan di pagi hari. Tujuannya agar mesin agar tetap dalam kondisi prima. Sebab dengan memanaskan motor, oli akan melumasi mesin setelah mati selama semalaman tidak dipakai.

Memanaskan motor secara benar dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Namun, sangat disayangkan banyak yang masih salah kaprah cara memanaskan motor dengan benar.

Berikut kesalahan yang sering dilakukan saat memanaskan motor.

1. Memanaskan motor di dalam ruangan4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Memanaskan Motor
Masih banyak pengendara yang masih memanaskan motornya di dalam ruangan, padahal hal ini sangat berbahaya tidak baik untuk kesehatan. Gas pembuangan kendaraan mengandung berbagai macam zat yang berbahaya bagi tubuh. Zat-zat berbahaya tersebut di antaranya karbondioksida, karbonmonoksida, dan timbal.

Tak hanya itu, gas pembuangan juga tidak terbuang ke udara tetapi akan mengumpul di dalam ruangan. Sebaiknya memanaskan motor di ruang terbuka agar asap tidak terkumpul di ruangan dan terhirup oleh keluarga.

2. Menggunakan starter saat memanaskan motor4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Memanaskan Motor
Ternyata untuk memanaskan motor sebaiknya tidak menggunakan starter terlebih dahulu. Hal ini bisa mengurangi usia aki motor, aki akan mengeluarkan masanya tanpa diisi terlebih dahulu.

Sebaiknya sebelum menggunakan starter, gunakanlah kick starter atau engkol terlebih dahulu karena memiliki putaran mesin yang jauh lebih besar. Dengan menggunakan engkol mampu membuat oli yang mengendap di bagian bawah terdistribusi secara cepat ke seluruh bagian mesin. Menggunakan kick starter juga berfungsi agar aki motor tidak cepat rusak.

3. Terlalu lama memanaskan motor4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Memanaskan Motor
Biasanya pengendara memanaskan motor sering ditinggal untuk persiapan bepergian sehingga jadi terlalu lama. Memanaskan motor tidak usah terlalu lama karena tidak adanya pendinginan dari luar sehingga mengakibatkan mesin,knalpot, dan bagian motor lainnya panas berlebihan.

Memanaskan motor hanya butuh 2-5 menit saja karena semakin lama memanaskan motor, semakin banyak bensin yang terbuang sia-sia. Terlebih lagi sudah adanya teknologi injeksi, karena kebutuhan bahan bakar sudah diatur dengan baik oleh elektronik kontrol unit. Jadi untuk mendapatkan suhu optimal tidak perlu lagi terlalu lama memanaskan motor.

4. Menarik gas secara berlebihan4 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Memanaskan Motor
Hal ini sering dilakukan oleh pengendara motor, padahal cara ini justru membuat komponen mesin mudah aus. Hal ini sudah tidak perlu lagi digunakan untuk motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi. Kebutuhan bahan bakar sudah diatur melalui Engine Control Modul (ECM). ECM membuat sirkulasi komponen mesin langsung berjalan tanpa harus digas terlebih dahulu.


Sumber : https://www.idntimes.com/automotive/...mpaign=network

---

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ReInz.VeloZz dan 4 lainnya memberi reputasi
hmm jangan lama panasin motor
wah ane jarang manasin motor ane. sekalinya ane panasin ane pake starter yng dipencet itu, bukam starter yang diselah. ane pernah denger baiknya kalau manasin motor pake statrter yang diselah itu...
nice inpoh..
nah masalahnya gimana kalo di motornya g ada starter kaki masa pake dorong dulu, sebenarnya g masalah mau menyalakan mesin pertama kali pake starter elektrik ato starter kaki yang penting dalam 3 menit pertama jangan diblayer mesinnya, soalnya oli belum menyebar sempurna ke seluruh mesin n mesin injeksi sekarang juga sudah dibekali spul pengisian yg lebih baik dari mesin generasi sebelumnya.

btw motor ane g ada kick starternya.
profile-picture
kodokuper memberi reputasi
Quote:


iya memang sebaiknya dengan slahan gan, karena selain untuk mencegah slahan macet juga untuk kelistrikan awal bebannya lebih ringan ke Accu gan.

Quote:


untuk mesin motor muda udah beda mekanisme nya gan. dari bahan mesin sampai teknologi nya jelas beda.
motor-motor sekarang malahan bisa di bilang gak perlu di panasin.
agan nyalain motor sambil ngerapihin jaket dan pasang helm, ngobrol sekilas godain anak tetangga emoticon-Hammer
dah cukup siap tancap gas. emoticon-Big Grin

profile-picture
profile-picture
galangeiga dan isu152 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Jarang ane panasin motor kayaknya.. Mungkin dulu waktu masih baru rajin cuci,panasin.. Lama kelamaan kaya mau berangkat kerja langsung stater jalan berangakt. Yang penting oli aja rutin.. Kalo ngerasa motor ga enak tgl bawa bengkel.. Sorry.. Ane bukan anak motor yg sukak sukak turing.. emoticon-Big Grin
motor gw gak ada kick starter nya bre emoticon-Leh Uga
kesalahan yg sering terjadi yaitu manasin dgn starter.. terutama buat motor matik.. dgn alesan males standart tengah ato gk kuat ngangkat motornya
Motor langsung gas ga pernah di panasin
Paling sialan wangpatan itu yang manasin motor pagi2 digeber2 kayak dikejar kuntilanak.., bisa sampe 10 menitan lagi geber2nya... emoticon-Mad
No. 2 paling sering dilakukan orang
Post ini telah dihapus oleh KS06
"biar aki ga cepet abis"
yg bener aja, mampu beli motor belasan puluhan jeti masa ga mampu beli aki..

emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh kodokuper
Balasan post indrastrid
motor aye shogun kebo start greng langsung ngacir masih baik2 saja, piston masih ori ring saja yg ane ganti karena udah 15 tahun gak ganti ...paling kampas2 kopling yg diganti ...itu juga 10 tahun sekali saja.

No 2 alasan yg absrud wong aki pake gak dipake dah ada umurnya gak lebih dari 5 tahun, makanya kalau beli aki pasti baru di isi di tokonya karena umur aki start saat di isi airnya (terjadi reaksi kimia)

profile-picture
indrastrid memberi reputasi
Diubah oleh awanmendung
Quote:


wah motor ane udah g muda lagi, tahun ini umur motor ane dah 10 taun
profile-picture
indrastrid memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh KS06
Balasan post indrastrid
sembarangan, inceran ane tuh anak tetangga yg lu godain wkwk
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di