CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / ... / Website, Webmaster, Webdeveloper /
Cara Riset Keyword Via Webmaster Tools : Mudah dan Akurat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3c2cfaf0bdb25c725b464f/cara-riset-keyword-via-webmaster-tools--mudah-dan-akurat

Cara Riset Keyword Via Webmaster Tools : Mudah dan Akurat

Halo Gan dan Sis, selamat datang di artikel pertama ane di Forum KasKus ini. Sebelum lanjut baca, ane berharap semoga kedepannya, semua yang ane publish disini bisa memberi manfaat, menambah wawasan dan layak dijadikan referensi. Amin..

Di artikel pertama, ane bakal ngasih informasi mengenai Tips SEO, dengan topik Cara Riset Keyword untuk blog melalui Google Webmaster Tools. Thread ini ane tulis karena terinspirasi dari banyaknya pertanyaan member grup Blogger Indonesia di Facebook.

Ane rasa, agan-agan disini sudah pasti kenal dong ya sama yang namanya Blogging, bahkan mungkin udah ada yang bisa dianggap Master berdasarkan beberapa tolok ukur, misalnya udah berhasil meraih pundi-pundi uang yang banyak, menerbitkan buku / ebook, jadi pakar Website dan lainnya.

Nah, kita juga menyadari bahwa, salah satu tips SEO yang menjadi langkah dalam mendapatkan visitor ialah, dengan menerapkan strategi Riset Kata Kunci berdasarkan topik yang kita tulis di Blog. Namun dalam implementasinya, tidaklah semudah itu.

Kenyataan ini terdeskripsi dengan jelas, selain itu juga menjadi salah satu topik paling sering dibahas pada beberapa grup Blogger di Facebook. Pertanyaan ini sering sekali muncul dan tidak jarang pula menciptakan kebingungan.

Bacaimana sih cara riset kata kunci? Tools apa yang paling akurat dalam melihat persaingan keyword? Berapa jumlah pencarian keyword blablabla perbulan? Kok saya susah page one, apa persaingannya terlalu tinggi / enggak ada yang nyari? - Dan masih banyak lagi.

Memang bila kita menggunakan Tools untuk riset kata kunci, terlebih yang cuma-cuma, segala estimasi yang muncul, sepenuhnya tidak akurat. Ane juga sering ngalamin hal beginian.

Contohnya, ane punya KW yang jika di cek via Tools gratisan, estimasi pencarian sekitar 3.000-an / bulan. Nyatanya, dikunjungi hampir 20.000 / bulan.

Ini contohnya :

Cara Riset Keyword Via Webmaster Tools : Mudah dan Akurat
Dari Google Analytics

Cara Riset Keyword Via Webmaster Tools : Mudah dan Akurat
Dari Ubersuggest.

NOTE : SS dari Aplikasi Google Analytics di atas adalah sesi berdasarkan halaman Landing, bukan trafik keseluruhan yang ditambahkan dari trafik Direct, InLink maupun Backlink.

Riset Kata Kunci melalui Webmaster Tools

Mengutip dari celoteh di atas, tentunya membuat kita semakin berpikir lebih jauh mengenai Cara Riset Keyword, apalagi memanfaatkan tools yang gratis. Memang tidak sepenuhnya menampilkan hasil buruk, hanya saja kadang jauh dari estimasi yang rasional.

Nah, untuk itulah artikel ini ane bikin dan tujukan buat agan & sis semua, terlebih yang juga masih terperangkap kebingungan mengenai riset keyword yang benar-benar valid.

NAMUN SEBELUM LANJUT,
Ada satu hal yang harus agan & sis perhatikan terlebih dahulu. Ulasan tips riset keyword yang gampang di bawah ini akan jauh lebih berguna dan bermanfaat bagi blogger yang main di 1 Niche, atau membahas 1 topik saja, misalnya tentang Kucing, tentang Desain rumah, tentang Memancing ikan, dan sejenisnya.

Kenapa? Karena nantinya, kita meriset keyword berdasarkan Query yang saling berhubungan / relevan dengan artikel yang ada di blog kita sendiri. Sehingga, jika agan & sis main di Niche khusus, tentunya tips ini akan sangat cocok. Oke langsung saja, simak ulasannya di bawah ini.

>> Silakan login ke Akun Webmaster agan
1. Pilih tanggal sesuai keinginan, disini ane pilih yang 28 hari terakhir
2. Klik "+Baru", yang disamping pengaturan tanggal

Cara Riset Keyword Via Webmaster Tools : Mudah dan Akurat

3. Selanjutnya agan klik "Kueri"

Cara Riset Keyword Via Webmaster Tools : Mudah dan Akurat

4. Lalu, agan isi Kata Kunci pada kolom yang disediakan, dan klik "Terapkan".
Setelah itu, agan akan melihat halaman yang berupa seluruh Kueri yang berhubungan / relevan dengan Keyword yang agan ketik sebelumnya. Lihat gambar :

Cara Riset Keyword Via Webmaster Tools : Mudah dan Akurat

Gambar di atas menampilkan 34 kueri yang relevan, yang menjadi Kata-kata kunci user untuk masuk ke halaman yang ane tentukan tadi. Selain itu, juga menampilkan hasil klik, CTR dan posisi masing-masing kueri.

Kesimpulan

Meriset kata kunci melalui Webmaster Tools ini Langkah-Langkahnya sangat sederhana, mudah dan gampang, namun hasilnya 100% akurat, karena diambil langsung dari Dapur blog kita sendiri, yang tentunya valid serta menjadi acuan terbaik.

Dengan ditemukannya banyak sekali kueri terkait seperti di atas, agan bisa memanfaatkannya untuk beberapa hal, misalnya menambahkan LSI dalam artikel itu sendiri, maupun menjadikannya Long Tail Keyword / Keyword utama saat membuat artikel baru, sebut saja sebagai konten pendukung.

Demikianlah, thread pertama ane buat agan & sis semua, semoga bisa bermanfaat, terlebih bagi teman-teman yang merasa kesulitan dalam meriset kata kunci. Terima kasih dan jangan lupa Share jika perlu, dan silakan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan. Terima kasih.
Diubah oleh Rapikan.Com


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di