CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sayembara Bebaskan Buaya dari Kalung Ban di Palu Disorot Internasional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3c1de3337f93557b4ae705/sayembara-bebaskan-buaya-dari-kalung-ban-di-palu-disorot-internasional

Sayembara Bebaskan Buaya dari Kalung Ban di Palu Disorot Internasional

Jabbar Ramdhani - detikNews
Minggu, 02 Feb 2020 00:13 WIB

Sayembara Bebaskan Buaya dari Kalung Ban di Palu Disorot Internasional Buaya berkalung ban di Palu (dok. detikcom)

Jakarta -
Buayaliar berkalung ban di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), makin populer. Kali ini eksistensi buaya tersebut jadi sorotan dunia internasional.

Buaya yang kerap berkeliaran di aliran Sungai Palu ini sudah jadi pemberitaan sejak 2016. Ada ban sepeda motor bekas yang melingkar di bagian leher buaya tersebut.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulteng pun menggelar sayembara untuk membebaskan buaya liar tersebut. BKSDA Sulteng siap memberi imbalan kepada pihak yang berhasil membantu. Sayembara ini digelar karena BKSDA Sultengtak mempunyai cukup personel untuk menemukan buaya tersebut dengan menyisir sepanjang Sungai Palu.

"Sayembara ini dimaksudkan untuk mengeluarkan ban bekas yang terlilit di leher buaya," kata Kepala BKSDA Sulawesi Tengah Hasmuni Hasmar dikutip Antara di Palu, Selasa (28/1).
"Jika ada masyarakat berhasil melepas ban bekas di leher buaya itu, kami akan berikan imbalan," kata Hasmar tanpa menyebut bentuk dan nilai imbalan yang akan diberikan.

Bukan ecek-ecek, kabar ini lalu diberitakan beberapa media internasional ternama. Laman standard.co.ukmembuat berita sayembara ini dengan judul 'Pemerintah Indonesia tawarkan hadiah untuk menyelamatkan buaya yang lehernya tersangkut ban selama lebih dari tiga tahun'.


Sementara itu, laman The Telegraph membuat berita dengan judul 'Indonesia tawarkan hadiah uang tunai untuk lepas ban karet dari leher buaya'. Telegraph menyoroti buaya tersebut yang kesulitan bernapas dan bergerak karena 'kalung ban'.
Judul serupa dibuat laman Independent, yakni 'Hadiah ditawarkan untuk melepaskan ban dari leher buaya'. Bedanya, tak ada kata 'Indonesia' dalam judul yang dibuat Independent.

Sedangkan media asal Thailand, Bangkok Post, membuat beritadengan judul 'Indonesia tawarkan hadiah untuk bebaskan buaya dari ban'. Dijelaskan dalam artikel tersebut, hanya diperbolehkan orang yang punya kemampuan khusus yang boleh mengikuti sayembara ini.


Sayembara ini juga diberitakan laman Daily Mail. Di laman berita yang berbasis di Inggris tersebut, dibuat berita dengan judul 'Buaya 13-kaki Indonesia terjebak ban sepeda motor di lehernya selama tiga TAHUN setelah upaya berulang kali untuk membebaskan reptil raksasa gagal'. Daily Mail juga membuat berita ini pada 2018.
CNN juga ikut memberitakan sayembara dengan membuat artikelberjudul 'Sebuah ban telah menempel di leher buaya ini selama bertahun-tahun. Sekarang ada hadiah untuk melepasnya'.

Tak hanya berita teks dan foto. Berita video juga ditampilkan salah satunya oleh media The South China Morning Post(SCMP). Video tersebut diunggah di akun Twitter SCMP dengan memberi keterangan 'Khawatir pada nyawa buaya, pejabat Indonesia tawarkan hadiah kepada siapa saja yang dapat melepas ban di lehernya'.


Diketahui, sayembara melepas ban dari leher buaya di Palu ini dikeluarkan Gubernur Sulteng Longki Djanggola. Longki meminta BKSDA menggelar sayembara untuk membebaskan buaya itu dari lilitan ban bekas pada 2020 ini.
"Banyak pekerjaan rumah yang harus di selesaikan BKSDA, salah satunya sampai hari ini buaya berkalung ban belum bisa tertangkap. Tahun ini harus bisa ditangkap supaya ban bekas yang terlilit di leher satwa itu bisa di lepas," kata Longki dikutip Antaradi Palu, Selasa (28/1).

Sunggu +62 dengan hal-hal begini bisa jadi viral yah emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
latifbastian123 dan primalaprima memberi reputasi
Diubah oleh goal481
hubungi kritter club
profile-picture
profile-picture
popoupop dan goal481 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bikin sayembara
melepaskan kegoblokan dari otak gabener dong
Lihat 1 balasan
Balasan post mister.two
inikan spesialis kucing sama anjingkanemoticon-Embarrassment
ga ada dinas pawang buaya emg?
Balasan post salonPlusPluss
inikan hanya sayembara jangan dibawa perasaan wkwk
menarik perhatian
Balasan post goal481
@goal481 mana tau dia bisa jg direptil ganemoticon-Embarrassment
Udah 4 tahun dong?
Kenapa tuhan tidak menolong makhluknya yg kesulitan dan menderita? 😭
Lihat 1 balasan
Quote:


ngapain dicari tuh buaya, ini ane kasih ide jadi gal perlu capek capek nyariin tuh buaya
bikin ini di pinggir sungai
Sayembara Bebaskan Buaya dari Kalung Ban di Palu Disorot Internasional

tar tuh buaya bakal dateng sendiri minta di lepasin bannya
profile-picture
ayic222 memberi reputasi
Balasan post popoupop
ntah tuh
kira2 kemana tuhannya emoticon-Frown
emangnye ga ada ape buaya darat yg mau nolongin
Lihat 1 balasan
Balasan post ThinSkunk
waduh ngeri bisa" diduain
busyet... udah makin viral keluar negeri aja..
emoticon-Hammer2
Bannya dilepasin dari buaya, abis itu buayanya dipotong buat bikin sate.

emoticon-Ngakak
Itu kan ban biar si buaya buat belajar berenang
Kali aja Rob Bredl mau bantu
Quote:


gaje bgt !
Bius dulu terus pawang kerjain emang gak bisa ya?
ini bukannya buaya yg waktu itu dihandle timnya panji petualang ya? blm beres ternyata...


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di