CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ada Ambulans, Pengendara Lain Tak Peduli Mungkin Karena Tak Tahu 'Kode Ini'
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3c1059f4d6954af04c58c2/ada-ambulans-pengendara-lain-tak-peduli-mungkin-karena-tak-tahu-kode-ini

Ada Ambulans, Pengendara Lain Tak Peduli Mungkin Karena Tak Tahu 'Kode Ini'

Ada Ambulans, Pengendara Lain Tak Peduli Mungkin Karena Tak Tahu 'Kode Ini'

[ HT# 567 ]

Miris memang membaca kabar di berbagai media tentang bagaimana sikap pengendara saat ini ketika bertemu mobil ambulan dengan suara sirinenya yang lantang tapi pengendara lain berkesan cuek aje, bahkan tetap menutup jalan. Sedemikian tidak pedulinya-kah kita saat ini?

Kita, sebagai manusia yang masih memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi terkadang melihat fenomena ini jadi 'gemes' sendiri karena sikap pengendara tersebut. Padahal kita tahu pasien di dalam ambulan tersebut sedang mengalami kesusahan, sedang menderita, berduka, bahkan mungkin sedang menjelang ajal. Apakah kita tega?

Tapi tunggu dulu. Kita juga tidak boleh serta merta menghakimi pengendara lain yang kita sebut tidak berperikemanusiaan tadi, bisa jadi mereka benar-benar tidak tahu atau tidak paham arti dan makna kode suara sirine ambulan tersebut, jadinya mereka selama ini seperti cuek nya si bebek.

Ada Ambulans, Pengendara Lain Tak Peduli Mungkin Karena Tak Tahu 'Kode Ini'

Nah, di kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi yang cukup berguna buat kita semua tentang mengenal beberapa arti kode suara sirine ambulan. Tentu, kalau sudah mengenal harapan saya kita jadi lebih paham, tanggap dan tahu bagaimana harus bersikap ketika bertemu ambulan di jalan.

Secara garis besar suara sirine ambulan terbagi menjadi empat kategori (yang saya ketahui), mulai dari sirine standar hingga yang bersifat sangat urgensi yang artinya suara sirine tersebut benar-benar membutuhkan peran kita saat bertemu di jalan di kondisi dan situasi apapun saat itu, terutama di saat ambulan sedang membawa pasien gawat darurat, maka di butuhkan kesadaran tinggi kita sebagai sesama manusia yang memiliki perasaan untuk saling membantu, yang intinya cukup memberinya akses jalan, mudah kan?

Supaya tidak ada lagi kesalah pahaman tentang bagaimana kita harus menyikapi suara sirine ambulan yang dekat dengan kita saat berada di jalan, berikut penjelasannya berdasarkan video yang saya sertakan di bawah ini.



Suara Sirine 1
Ambulan sedang membawa pasien tapi kondisi tidak darurat.
Situasi normal dan terkendali.

Suara Sirine 2
Ambulan akan menjemput pasien di titik tertentu.
Situasi aman terkendali, tapi sifatnya juga tentatif.

Suara Sirine 3
Ambulan sedang membawa jenasah.
Situasi kondisional sampai urgensi.

Suara Sirine 4
Ambulan sedang membawa pasien gawat darurat, mungkin pasien dalam kondisi kritis butuh penanganan cepat dari ahli medis di lokasi tertentu.
Situasi mutlak, disini kita di butuhkan untuk ikut berperan serta menolong/membantu dengan cara memberikan akses jalan bagi ambulan yang sedang melintas.

Itulah ke empat jenis suara sirine ambulan yang masing-masing memiliki makna tujuan yang harus kita ketahui dan pahami benar. Jadi jika bertemu ambulan, kalau kita memang masih memiliki rasa perikemanusiaan dan memiliki jiwa sosial yang tinggi jika melihat, mendengar, ada ambulan sedang lewat sambil membunyikan sirinenya sebaiknya kita memperlahan laju kendaraan, menepi, atau memberikan akses jalan terlebih dahulu terutama jika mendengar suara sirine 3 dan 4.

Nah, dari ke empat suara sirine diatas bisa kita simpulkan sendiri mana yang bersifat urgensi butuh penanganan cepat, tepat, dan tanggap, yakni suara sirine 4.

Jika thread ini bermanfaat silahkan di share ya gan, like dan komennya. Tunggu di thread saya yang lain yang tak kalah seru dan informatif juga. Terimakasih, salam dari iskrim, gaaan...

Sebuah opini | img.source: kupastuntas , yuridis | vlog: Viral Video Indonesia


Ada Ambulans, Pengendara Lain Tak Peduli Mungkin Karena Tak Tahu 'Kode Ini'

Ada Ambulans, Pengendara Lain Tak Peduli Mungkin Karena Tak Tahu 'Kode Ini'

Ada Ambulans, Pengendara Lain Tak Peduli Mungkin Karena Tak Tahu 'Kode Ini'

Copyright © 2016 - 2020 iskrim

All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
  
Ada Ambulans, Pengendara Lain Tak Peduli Mungkin Karena Tak Tahu 'Kode Ini'
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeusbattery dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 2
okelah emoticon-Traveller

profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Jadi sirine aja jenisnya emoticon-cystg

Oh btw gimana nih kabarnya krim emoticon-Hai

Udah kagak ngejang lagi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
actandprove dan iskrim memberi reputasi
Diubah oleh afx98
Quote:


Capa neeeh, lama tak jumpa emoticon-Hai
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
wiuwiuwiuwiuwiuwiu
profile-picture
profile-picture
actandprove dan iskrim memberi reputasi
Baru tau ane

Yg ane tau kalo ada suara ambulan kita harus minggir


emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 3 lainnya memberi reputasi
pengetahuan baru nih, semoga yang udah pada baca gak egois lagi berkendara kalau ada ambulance mau lewat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Minggirnya juga harus kasih space jalan yg cukup, kan? emoticon-Leh Uga

Quote:

Yoyoooi emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
Mau suaranya ambulance kaya gimana, tp kita harus minggir karena sapa tau aja bukan darurat eh tau2nya bisa mendadak darurat.. Kita gak akan pernah tau. Jadi inget pas ane lagi di naek mobil, di tengah jalan macet terus ada suara ambulance gitu mau lewat tp karena saking macetnya ambulance gak bisa lewat, kakak ipar ane juga yang bawa mobil juga gak bisa minggir (ya iyalah macet emoticon-Hammer (S)) tp tau2 ada sosok ojol muncul entah berantah nganturin2 mobil sama motor biar bisa. minggir, dan ambulance akhirnya bisa lewatnya. Salut ane sama tuh ojol emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
makiinun dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Trims y udah berkomentar dan berbagi info dimari emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalo ambulan mah, kalo sirine nya idup-ga idup ane tetep minggir ko. Soalnya takut kesenggol juga, kan pasti mereka ngebut. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
ternyata beda ya antara sirine yang bunyinya wiu wiu wiu dan yang bunyinya mimu mimu mimu .... emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
biasanya suka ada ojol yg bukain jalan buat ambulans
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
klo macetnya parah sampai stuck ribet jg sih mau ngasih jalan tp ga bias gerak emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
eh bang iskrim toh emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
tapi kadang ada loh yang nyalin sirene tapi nggak ada keperluannya,kalau kasusnya gitu gimana coba emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan 2 lainnya memberi reputasi
Eh ane baru ngerti ternyata ada kode2nya sendiri. Tapi ane selalu minggir dulu kalo ada ambulance bunyiin sirine di belakang ane.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan 2 lainnya memberi reputasi
Tetep aja, ga akan minggir orang bikin sim nya aja nembak. Untung nubi boncenger

Kalo yg bawa ga minggir tinggal kemplang palanya.

emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Cari aman dan tak merepotkan orang lain emoticon-Toast

Quote:

Agan nulisnya aja dah beda karakter emoticon-Big Grin

Quote:


Saluuut emang nih, bisa jadi inspirasi kita emoticon-Toast

Quote:


Nah itu perlu kesadaran dan kesabaran bersama, semoga gak pake lama ya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
Quote:

Enaknya diapain niiih emoticon-Hammer (S)

Quote:

Good people... emoticon-Shakehand2

Quote:

Ambil kunci kontaknya emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
Pas ketemu dijalan biasanya bakalan lupa sama perbedaan suara sirinenya emoticon-Hammer (S)
Kalo ketemu dijalan entah itu ambulance atau pemadam biasanya ane langsung minggir dulu buat kasih jalan, diperaturan juga ada kendaraan2 yg lebih diprioritaskan lebih dulu emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
Ini nih yang harusnya disosialisasiin sama pemerintah. Soalnya emang belum banyak orang yang tahu soal tanda sirine ini
profile-picture
profile-picture
ufo60 dan actandprove memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di