CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Inilah 13 Cara Menghilangkan Kram Perut Paling Mudah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3c06e65cf6c40c5f0b4505/inilah-13-cara-menghilangkan-kram-perut-paling-mudah

Inilah 13 Cara Menghilangkan Kram Perut Paling Mudah

Menghilangkan kram perut - Kram perut bisa dialami oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Walaupun kram perut sebagian besar dialami oleh kaum wanita karena siklus menstruasi, namun tidak menutup kemungkinan para pria juga bisa mengalami kram ini.

Penyebab kram perut sangat beragam, sehingga cara mengatasinya pun juga bisa dengan berbagai cara, tergantung dari penyebabnya
Berikut 13 cara menghilangkan kram perut paling mudah:

Inilah 13 Cara Menghilangkan Kram Perut Paling Mudah

1. Kompres dengan Air Hangat – Kram perut dapat berkurang dengan air hangat yang diletakkan di sekitar perut

Kompreslah perut Anda yang kram dengan air hangat. Caranya Anda hanya perlu membasahi handuk kecil yang sudah basah dengan air hangat, lalu letakkan atau kompres perut Anda. Cara ini dapat membantu melemaskan atau merelaksasi otot perut Anda yang mengalami kram.

2. Berendam di Air Hangat – Jika kram perut belum hilang, cobalah merendam tubuh dengan air hangat

Inilah 13 Cara Menghilangkan Kram Perut Paling Mudah

Cara ini hampir sama dengan mengompres dengan air hangat. Namun bedanya cara ini dilakukan dengan berendam. Berendam dapat membantu seluruh bagian tubuh Anda untuk relaksasi. Seluruh otot yang tegang akan mengendur. Cara ini dianggap lebih efektif daripada hanya dengan kompresan untuk mengobati kram perut.

3. Melakukan Olahraga Ringan – Menghilangkan kram perut dengan aktivitas gerakan di daerah perut

Ketika perut terasa kram, mungkin Anda lebih suka bermalas-malasan di kasur. Akan tetapi, melakukan olahraga ringan dapat membantu menghilangkan kram perut Anda. Dengan berolahraga, peredaran darah Anda akan menjadi lebih lancar dan mengendurkan otot yang tegang.

4. Minum Air Mineral – Peredaran darah yang terganggu saat keram perut dapat selesai dengan minum air mineral

Inilah 13 Cara Menghilangkan Kram Perut Paling Mudah

Saat mengalami kram perut, sebaiknya Anda memperbanyak minum air putih. Minum air memang tidak dapat mengurangi kram perut secara langsung, akan tetapi minum banyak air dapat meringankan kram perut yang Anda alami.

Hal ini dikarenakan perut yang kram biasanya dibarengi dengan perut kembung sehingga terasa berat. Selain itu, minum air dapat mengatasi dehidrasi yang Anda alami. Jadi, kram perut yang disebabkan oleh dehidrasi juga bisa teratasi dengan mudah.

5. Pijat Perut – Kram perut dapat dihilangkan dengan sedikit dipijat

Memijat bagian perut yang kram bisa menjadi pilihan Anda dalam mengatasi kram. Anda bisa menggunakan essential oil atau minyak esensial untuk melakukan pemijatan ini. Pilihlah minyak esensial yang memiliki aroma sesuai dengan keinginan Anda.

Karena aroma minyak esensial ini dapat membantu relaksasi pikiran Anda. Lakukan pemijatan di area perut yang kram selama kurang lebih 20 menit. Pemijatan ini dapat mengurangi rasa sakit dan juga peradangan.

6. Melakukan Akupuntur – Menghilangkan kram perut dengan cara tradisional akupuntur

Inilah 13 Cara Menghilangkan Kram Perut Paling Mudah

Akupunktur merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi kram perut. Akan tetapi, jika Anda ingin menjalani akupuntur, pilihlah terapis yang sudah terjamin keamanannya.

7. Minum Suplemen Vitamin – Menghilangkan kram perut dengan asupan nutrisi yang tepat

Vitamin D, vitamin E, asam lemak omega 3, vitamin B1, vitamin B6 dan juga magnesium dapat mengurangi kram perut yang Anda alami. Anda dapat langsung mengkonsumsinya melalui suplemen vitamin yang dijual di apotik. Akan tetapi lebih baik Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin tersebut.

8. Memilih Makanan dan Minuman – Kram perut bisa dihindari dengan gaya hidup sehat

Inilah 13 Cara Menghilangkan Kram Perut Paling Mudah

Jika Anda mengalami kram perut, maka Anda harus menghindari makanan yang mengandung lemak, gula dan garam yang tinggi. Makanan ini dapat memperparah nyeri kram yang Anda alami. Gantilah makanan Anda dengan makanan yang berserat. Selain itu, Anda juga harus mengganti minuman soda dan alkohol dengan air mineral biasa.

9. Menghindari Stres – Menghilangkan kram perut dengan pikiran yang sehat

Stres dapat membuat kram perut yang Anda alami semakin parah. Oleh karena itu, untuk mengatasi kram perut dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal yang bisa mengurangi stres. Misalnya jalan-jalan santai, mengunjungi toko, nonton film atau meditasi.

10. Minum Teh Herbal – Menghilangkan kram perut dengan rajin mengkonsumsi minuman herbal

Inilah 13 Cara Menghilangkan Kram Perut Paling Mudah

Mengkonsumsi teh herbal, dapat membantu Anda melemaskan otot yang tegang. Misalnya saja teh chamomile, mint, blackberry atau raspberry. Teh herbal mengandung senyawa yang berguna untuk mengurangi peradangan. Aroma yang dikeluarkan teh herbal ini pun, dapat menghilangkan rasa nyeri dan sangat menenangkan.

11. Konsumsi Kayu Manis – Kram perut pun bisa dikurangi dengan asupan rempah hangat

Kayu manis mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu mengurangi masalah pada saluran pencernaan, tak terkecuali kram perut. Kayu manis dapat menetralisir asam lambung Anda. Dengan mengkonsumsi kayu manis, nyeri akibat kram perut Anda akan berkurang.

Caranya dengan memasukkan bubuk kayu manis atau kayu manis utuh ke dalam masakan. Jika suka minum teh, Anda bisa membuat teh menggunakan kayu manis.

12. Konsumsi Cengkeh – Kandungan cengkeh dapat mengurangi rasa tidak nyaman dan mengobati kram perut

Inilah 13 Cara Menghilangkan Kram Perut Paling Mudah

Cengkeh memiliki banyak manfaat. Dalam cengkeh terkandung zat yang membantu mengurangi gas di dalam lambung. Hal ini dapat membantu pencernaan yang lambat, dan mengurangi tekanan yang mengakibatkan kram perut.

Anda bisa mengkonsumsi cengkeh dengan membuatnya menjadi teh. Caranya, campurkan 1 atau 2 sendok bubuk cengkeh dalam sajian teh Anda.

13. Konsumsi Air kelapa – Menghilangkan kram perut dengan meminum air kelapa muda

Air kelapa terkenal akan segudang manfaatnya. Dengan mengkonsumsi 2 gelas air kelapa setiap 4 sampai 6 jam dapat mengurangi kram perut yang Anda alami. Air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang tinggi, sehingga dapat mengurangi kram perut.


Sumber : https://dijelas.in/2020/02/06/inilah...-paling-mudah/

Jika beberapa cara di atas masih tidak dapat menghilangkan kram perut  yang Anda alami, segera kunjungi dokter Anda. Dengan diagnosa yang tepat, Anda akan memperoleh obat yang sesuai dengan jenis kram yang Anda alami. Stay healthy and eat good food.



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di