CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Jika Kominfo Sudah Buat Tiktok, Saatnya Pemerintah Lain Menyusul Juga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3beffc10d2950c424ee880/jika-kominfo-sudah-buat-tiktok-saatnya-pemerintah-lain-menyusul-juga

Jika Kominfo Sudah Buat Tiktok, Saatnya Pemerintah Lain Menyusul Juga

Masih ingat kasus yang menimpa Tiktok 2 tahun lalu, yaitu netizen Indonesia yang skeptis dengan keadaan Tiktok. Netizen beranggapan konten yang berada di Tiktok tidak mendidik bahkan Kominfo sampai turun tangan untuk memblokir aplikasi asal China ini. Jika membandingkan dengan keadan sekarang, netizen seolah-olah lupa bahwa mereka pernah membenci Tiktok, begitu juga dengan Kominfo yang pernah memblokirnya. 

Saat ini demam Tiktok merajalela ke hampir seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat beranggapan bermain video di Tiktok lebih menyenangkan. Melihat hal ini, Kominfo turut serta memeriahkan Tiktok. Dengan munculnya akun resmi Kominfo di Tiktok, Kominfo berharap program kerjanya bisa diilhami dengan baik oleh public, terutama ke anak muda. Jika melihat akun Kominfo di Tiktok, sepertinya misi mereka terencana dengan baik. Pembawaan mereka yang santai tapi serius berhasil membuat public merasa dekat. 

Apa yang dilakukan oleh Kominfo seharusnya bisa dilakukan oleh instansi pemerintah lainnya di Indonesia agar public memahami program kerja yang dilakukan instansi pemerintah. Jika pemerintah masih butuh legitimasi untuk membuat akun Tiktok, berikut adalah kelebihan Tiktok yang akan memudahkan pemerintah:

1. Durasi yang singkat akan memudahkan public memahami program kerja

Tiktok menawarkan durasi 15 detik dan 60 detik. Pemerintah bisa memanfaatkan kedua waktu ini untuk menyampaikan program se efektif mungkin. Hal ini tentu akan menguntungkan pemerintah karena mereka bisa menghemat anggaran produksi. Disisi lain, public akan memahami program pemerintah sekaligus  bisa mengikuti perkembangannya.

2. Fitur aneka ragam untuk mendukung video

Banyaknya program pemerintahan yang terdengar berat membuat public kurang memahami program yang akan dijalankan. Maka dari itu, pemerintah bisa menggunakan berbagai fitur TikTok untuk membantu menyampaikan program yang sulit dipahami secara gamblang

3. Mengakrabkan diri kepada masyarakat

Selama ini, instansi masyarakat selalu dianggap sesuatu yang kaku dan eksekutif, hal inilah yang menciptakan kurang akrabnya instansi pemerintah dengan masyarakat. Maka dari itu, adanya akun TikTok instansi pemerintahan juga membantu mendekatkan kedua belah pihak sehingga akan menimbulkan rasa kepercayaan dari masyarakat ke pemerintah.

Secara garis besar , Tiktik memberikan manfaat yang besar untuk instansi pemerintah supaya mereka mengetahui sudah sejauh apa programnya terlaksana. Untuk mengetahui secara detail, pemerintah bisa menggunakan Analisa.io sebuah website lokal untuk menganalisa social media. Analisa.io  akan memberikan data yang spesifik, mulai dari jumlah likes dan komentar, post yang paling banyak digemari, jumlah pengguna yang mengakses social medianya, dan banyak hal detail lainnya yang tentunya dibutuhkan pemerintah.

Analisa.io juga satu-satunya di indonesia, maka dari itu dengan menggunakan Analisa.io, instansi pemerintah turut mengembangkan karya lokal yang kualitasnya setara dengan buatan indonesia.





  

tik tok emoticon-Ngakak
Tiktok kembali viral emoticon-Ngakak
ane setia kaskus aja deh gan emoticon-Shakehand2
ane kaga pernah tiktok an ampe sekarang emoticon-Matabelo
Kaga tau apa ane makhluk satu satunya yang belom terpengaruh
Mantap juga nih Kominfo. Bikin akun di Tiktok setelah kemarin viral bikin akun di ... emoticon-Ngakak (S) semoga akun yang baru bisa bermanfaat


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di