CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Ternyata, Vitamin A Tidak Hanya Baik untuk Mata
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3bdcb35cf6c43c1126f380/ternyata-vitamin-a-tidak-hanya-baik-untuk-mata

Ternyata, Vitamin A Tidak Hanya Baik untuk Mata

Vitamin A itu ada dua jenis, yakni retinoid (vitamin A yang berasal dari hewan) dan beta-karoten (vitamin A yang berasal dari tumbuhan). 

Hati, ikan, yogurt, susu, keju, telur, mentega rendah lemak, dan susu rendah lemak merupakan makanan yang mengandung retinoid. Bayam merah, paprika merah, wortel, mangga, pepaya, dan buah berwarna kuning merupakan makanan yang mengandung beta-karoten.

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin A terkenal sebagai vitamin yang baik untuk penglihatan. Padahal, selain menjaga penglihatan, vitamin A juga memiliki manfaat lain, misalnya:

Mencegah kanker
Penelitian terhadap manfaat vitamin A dalam mencegah kanker terus dilakukan. Dalam Carotene and Retinol Efficacy Trial (CARET), peserta yang mengonsumsi beta-karoten memiliki risiko terkena kanker 35% lebih rendah, dibandingkan peserta yang tidak mengonsumsi beta-karoten. Tetapi, penelitian terhadap hal ini masih harus terus dilakukan.

Mencegah hilangnya penglihatan
Age-related macular degeneration (AMD) merupakan salah satu penyakit mata yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pada orang lanjut usia. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Age-Related Eye Disease Study (AREDS), mengonsumsi suplemen yang mengandung beta-karoten dapat mengurangi risiko mengembangkan AMD sebesar 25%.

Mencegah campak
Campak merupakan salah satu wabah yang cukup mematikan bagi anak-anak di seluruh dunia. Kekurangan vitamin A merupakan salah satu faktor penyebab campak. Karena itulah, Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan vitamin A dalam dosis yang cukup tinggi (200.000 IU) dua hari berturut-turut untuk anak-anak di atas usia 1.

Selain tiga manfaat di atas, vitamin A juga dapat mengurangi risiko kematian pada orang yang mengalami malnutrisi dan menjaga stabilitas imun. Karena itu, selalu penuhi kebutuhan vitamin A kamu dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin A.
Kita juga dapat mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin A, seperti Two Per Day Capsule dari Life Extension Indonesia Multivitamin ini mengandung vitamin A yang berasal dari tumbuh-tumbuhan (beta-karoten).




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di