CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tempat Belajar Agama Hindu Diobrak-abrik di Banyuwangi, Kitab Suci Dirusak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3bbc6efacb95382e799624/tempat-belajar-agama-hindu-diobrak-abrik-di-banyuwangi-kitab-suci-dirusak

Tempat Belajar Agama Hindu Diobrak-abrik di Banyuwangi, Kitab Suci Dirusak

Tempat Belajar Agama Hindu Diobrak-abrik di Banyuwangi, Kitab Suci Dirusak

Kitab-kitab yang rusak antara lain Atharwaweda, Pancaweda dan Bhagawad Gita, serta buku yang rusak menimbulkan kerugian sekitar Rp 2,5 juta.


SuaraJatim.id - Seseorang tak dikenal diduga melakukan perusakan saat 


memasuki Pasraman Purwa Dharma 6 di Dusun Sambirejo, Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi.

Akibatnya lima kitab suci dan sekitar 20 buku pelajaran, serta piagam penghargaan robek. Sementara papan tulis dan meja kelas dicoret-coret gambar tak senonoh menggunakan kapur tulis.


"Malam Kamis (Rabu 29/1/2020) salah satu orang masuk merusak tempat, dan mencoret tembok dengan gambar yang tidak senonoh, juga bangku," kata Kepala Pasraman Gatot Witoyo saat dihubungi, Selasa (4/2/2020).


Akibat kejadian tersebut, kitab-kitab yang rusak antara lain Atharwaweda, Pancaweda dan Bhagawad Gita, serta buku yang rusak menimbulkan kerugian sekitar Rp 2,5 juta.


Dia menjelaskan, kejadian tersebut sudah beberapa kali terulang tanpa diketahui pelakunya. Pihaknya kini berusaha mencari tahu unsur kesengajaan perusakan dan mempertimbangkan untuk melaporkan ke kepolisian bila ada dugaan kuat terjadi pelecehan.


Gatot menjelaskan tempat pendidikan anak umat Hindu non formal di Desa Sambimulyo itu tidak pernah ditolak warga. Dia mengatakan mayoritas warga menerima kegiatan di sana dengan baik. Namun diperkirakan pelaku mengenal baik lokasi tersebut hingga lolos dari pantauan kamera pengawas (CCTV).


"Apa hanya orang iseng masuk coret-coret apa anak mainan, masih dipelajari, kalau kriminal ya kita laporkan. Rekaman CCTV masih kosong, belum diketahui. Orangnya tahu lokasi karena lewat bagian belakang rumah," kata Gatot lagi.


Pasraman tersebut merupakan tempat belajar keagamaan Hindu melalui kitab, buku dan kesenian pada setiap hari Minggu dan diikuti sekitar 30 anak.

Kapolsek Bangorejo AKP Bahrul Anam mengatakan, pihaknya belum menerima laporan perusakan tempat pendidikan agama di wilayahnya. Pihaknya berjanji akan segera mengecek lokasi pasraman yang dimasuki orang tak dikenal tersebut.


"Kami belum terima laporan. Sekarang sedang dicek ke lapangan," kata Bahrul.
Pasraman Purwa Dharma 6 adalah salah satu lembaga pendidikan anak umat Hindu nonformal di bawah Yayasan Puwa Dharma yang berkedudukan di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.


Kontributor : Ahmad Su'udi


SUMUR

Pelakunya pasti ngateis emoticon-Mad

karena agama shinto tidak mengajarkan perusakan dan penjoliman emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
ga akan jauh dari anggota pedo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
L0ST dan 5 lainnya memberi reputasi
rasain loe, damai2 aje ye idup loe, sekarang dibantai emoticon-Ngakak


anjrit....emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Siinaga dan 3 lainnya memberi reputasi
kami damai, kalo ga damai, itu penghuni di bangunan udah digorok!

camken itu!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
speedy.buntang dan 7 lainnya memberi reputasi
respon menag gimana
profile-picture
Poco.poco memberi reputasi
Lihat 3 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocus777 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh therminust
hindu selama ini diam2 aja juga digangguinemoticon-Ngakak (S)
maunya apa sih bungsu gangguin sulung?emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kevinekaa dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post 54m5u4d183
Quote:


Kurang tahu gan. Tapi saya sudah bisa tebak respon presiden (kalau ditanya):
- serahkan pada hukum ATAU
- tanyakan pada menteri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rajkapoor dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Hadech
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocus777 dan 2 lainnya memberi reputasi
Gambar tidak senonoh pasti gambar kont*l. Sama dengan isi pikirannya kayak kont*l
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocus777 dan 2 lainnya memberi reputasi
siap jihad saudara-saudaraemoticon-Mad

eh salah kamaremoticon-Peace emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocus777 dan 2 lainnya memberi reputasi
seng ngrusak sopo ?
profile-picture
Poco.poco memberi reputasi
astajim emoticon-Kagets


Tempat Belajar Agama Hindu Diobrak-abrik di Banyuwangi, Kitab Suci Dirusak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Paling juga ga jauh jauh dari kaum lu lagi lu lagi
profile-picture
profile-picture
lokshin.khushin dan Poco.poco memberi reputasi
Balasan post MahoImperator
Quote:


Tempat Belajar Agama Hindu Diobrak-abrik di Banyuwangi, Kitab Suci Dirusak

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chevelle16 dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Saya mengecam

Froses fenanganan kriminal itu urusan fulisi

Next
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan roninthirst memberi reputasi
Quote:


Sep
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
Ayolah, belum tentu pelakunya penganut paham damai emoticon-Nohope

Walaupun kemungkinan besar emang iya emoticon-Hammer









































emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
lexarrio dan doyantusbol memberi reputasi
Quote:


Kita sebagai minoritas harus bersyukur ya bro

Selagi kepala blm lepas dari badanemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saktihikari dan 4 lainnya memberi reputasi
Lagi menegakkan aturan agama damai kok malah dilaporin
emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
L0ST dan galuhsuda memberi reputasi
tp hati kami ngk akan bisa di rusak
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di