CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gubernur Wayan Koster Legalkan Arak Bali
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3b8736b84088248b047bc2/gubernur-wayan-koster-legalkan-arak-bali

Gubernur Wayan Koster Legalkan Arak Bali

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Bali I Wayan Koster menerbitkan Peraturan Gubernur No 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali. Aturan itu membuat arak dan minuman tradisional Bali lainnya legal.

Legalisasi arak Bali itu diharapkan bisa mengangkat ekonomi rakyat. Koster menyebut Pergub ini telah disetujui oleh Kementerian Dalam Negeri dan telah diundangkan pada 29 Januari 2020.

"Saya mengharapkan, dengan telah diatur dalam Pergub, maka minuman fermentasi khas Bali ini menjadi kekuatan ekonomi baru kita berbasis kerakyatan dan kearifan lokal Bali," kata dia, saat menyosialisasikan Pergub itu, di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar, Rabu (5/2) dikutip dari Antara.

Menurut Koster, Pergub yang terdiri dari IX Bab dan 19 pasal itu dilatarbelakangi oleh realitas bahwa minuman fermentasi khas Bali, seperti arak, tuak, dan brem Bali, merupakan salah satu sumber daya keragaman budaya Pulau Dewata.

"Ini perlu dilindungi, dipelihara, dikembangkan dan dimanfaatkan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi yang berkelanjutan dengan berbasis budaya sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali," ucapnya.

Ia mengklaim Arak dan tuak Bali sudah sangat terkenal. Namun, pengembangannya selama ini masih terhambat karena ada Peraturan Presiden yang mengatur produksi minuman beralkohol tradisional termasuk dalam "negatif list".

"Untunglah ada jalan keluar, dengan mengaturnya dalam regulasi berupa Pergub," kata Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Kabupaten Buleleng itu.

Bahkan, Koster berencana untuk menggelar Festival Minum Arak Bali. "Nanti siapa yang minum paling banyak dan tidak mabuk, itu yang menjadi juara," katanya berseloroh.

Koster pun merinci ruang lingkup Peraturan Gubernur No 1 Tahun 2020 itu meliputi pelindungan, pemeliharaan, dan pemanfaatan; kemitraan usaha; promosi dan branding; pembinaan dan pengawasan; peran serta masyarakat; sanksi administratif; dan pendanaan.

Sedangkan pelindungan, pemeliharaan, dan pemanfaatan minuman fermentasi dan/atau destilasi khas Bali meliputi tuak Bali, brem Bali, arak Bali, produk artisanal; dan brem atau arak Bali untuk upacara keagamaan. Pelindungan, pemeliharaan, dan pemanfaatan dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah sesuai kewenangannya.

Harus Berizin

Koster mengatakan Pergub tersebut membuat produsen, distributor, dan sub distributor minuman fermentasi ini harus memiliki izin.

"Semuanya harus legal, supaya nyaman semuanya. Saya memohon sekali, Pergub ini dijalankan dengan niat baik untuk jangka panjang masa depan kita semua. Jangan sampai disalahgunakan untuk cara-cara tidak sehat atau akal-akalan," katanya.

Orang nomor satu di Bali itu pun menginginkan dengan adanya Pergub tersebut, maka tata kelola dari hulu sampai hilir bisa sehat dan benar.

"Hal ini sebagai upaya kita bersama membangun perekonomian yang sehat. Supaya jangan nanti malah menjadi objek yang dikejar oleh aparat hukum," ujarnya.

Pergub 1/2020 itu pun mengatur bahwa minuman fermentasi dan/atau destilasi khas Bali hanya dapat dijual pada tempat-tempat tertentu di Bali, di luar Bali dan/atau untuk ekspor sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

Arak, tuak, dan brem Bali dilarang dijual di gelanggang remaja, pedagang kaki lima, penginapan, bumi perkemahan; tempat yang berdekatan dengan sarana peribadatan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan dan fasilitas kesehatan; serta tempat-tempat sebagaimana diatur dalam ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

"Minuman ini juga dilarang dijual kepada anak di bawah umur dan/atau anak sekolah," ucapnya.

Ia pun meminta Badan Riset dan Inovasi Daerah setempat mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari petani jika izin-izin yang harus dikantongi produsen dan distributor sudah lengkap.

Pihaknya pun mengharapkan peran dari BPOM untuk membina para petani minuman fermentasi dari sisi kualitas dan cita rasanya.

"Dengan demikian, minuman tradisional kita bisa disuguhkan di hotel-hotel, dipajang di bandara, maupun disuguhkan dalam acara 'dinner' di rumah jabatan gubernur.

Koster pun meminta masyarakat dapat berperan serta dalam melakukan pengawasan terhadap distribusi minuman fermentasi dan/atau destilasi khas Bali itu.

"Saya juga akan mengajukan usulan kepada Dirjen Bea dan Cukai agar mendapat fasilitas bebas biaya untuk ekspor dan keringanan biaya untuk perdagangan lokal Bali dan/atau insentif lainnya guna mendorong pengembangan industri tuak, arak, brem Bali dan produk artisanal," tutupnya.

================================

CMIIW kl gk salah ini pergub adalah pergub pertama d indonesia yg melegalkan arak , selama ini minuman arak bali kerak jdi investasi negatif , dibuat dan dijual secara sembunyi-sembunyi. Tapi mirisnya , yg lokal di persekusi , yg impor malah merajarela , dan karena ilegal , kontrol quality susah dilakukan.. hasilnya adalah arak ilegal yg malah buat korban berjatuhan

kedepan-nya diharapkan arak bali akan jadi minuman khas dri indonesia yg bisa mendunia dan jdi ciri khas sama kya sake dri jepang / soju dri korea misal

emoticon-Ultah

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
latifbastian123 dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh djinggo88
Halaman 1 dari 2
Alhamdulillah sudah legal
profile-picture
general.maximus memberi reputasi
kalo di bawa ke luar bali masih legal ga ??

Lihat 1 balasan
Alhamdulilah di legal kan...
Like this..

Kira2 Bali brani legalkan ganja pertama kali gak ya emoticon-Leh Uga
profile-picture
bandarjigonk memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post d3kozy
selama konsumsi pribadi yah mungkin bebas, toh ga ada larangan undang2 ga bole minum minuman berakohol(21up)
jangan cuma legalkan, tapi promosikan juga ke turis mancanegara. Jangan kaya sumut, tuak makin hilang dari peredaran, padahal aset kekayaan bangsa, harusnya dipromosikan ke turis yg berkunjung ke danau toba.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baniwahyudi dan 2 lainnya memberi reputasi
njer bakalan rame ini digoreng kadrun gubernur dari pdip melegalkan arak

emoticon-Ngakak
baguslah dilegalkan
Okeh...Salut dengan terobosan berani Pak Koster emoticon-thumbsup

sayang juga ada daerah yg ngga bisa mengembangkan minuman tradisionalnya karena terbentur aturan setempat.
☝ yang biasanya karena kemunafikan masyarakat tertentu.

emoticon-Ngakak
profile-picture
wen12691 memberi reputasi
mantap. jadi gampang belinya klo mlipir ke bali
di bali kan memang bukan barang haram
Quote:


Memang rencannya mau di promosikan ke turis

Akan dibuatkan festival minum arak , jd welcome drink d hotel2 , dan jdi oleh2
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Mantbz

emoticon-Angkat Beer

Diubah oleh ayampenyet666
tapi emang enak kok
beda ama yg racikan kadrun2, yg sekali minum langsung masuk RS atau modar
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan ojo.kondor memberi reputasi
Bagus deh, tinggal pengawasan penjualan aja.
apabila legal, maka arak2 tiruan yg dibuat dari alkohol industri akan bisa ditekan.
pake cukai dong?
Miras luar macem vodka boleh beredar, trus selama standarnya oke kenapa selama ini miras lokal justru gak boleh beredar?
Kalo mw larang, mestinya semua dilarang.
emoticon-Shakehand2
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
kearifan lokal
orang bali : arab wannabe, pks fpi, mui. you have no power here!! emoticon-Ngakak (S)

Para kafir di jawa yg tertindas : Pak Wayan Koster for president 2024!!!! emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
general.maximus dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
Lihat 1 balasan
Quote:


Yup itulah dasar dr pergub ini
Knapa yg boleh cuma miras luar aja , sedangkan yg lokal dipersekusi
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di