CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Soal Pemulangan WNI eks ISIS,
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3b722ac82084441e062bfa/soal-pemulangan-wni-eks-isis

Soal Pemulangan WNI eks ISIS,

Soal Pemulangan WNI eks ISIS, TRIBUNNEWS.COM - Pengamat terorisme Al Chaidar Abdul Rahman Puteh mengungkapkan pemulangan ratusan Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS dapat memberi manfaat untuk Indonesia.

Meskipun, wacana tersebut mendapat penolakan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini.

Al Chaidar mengungkapkan ada hal yang dibutuhkan dari kepulangan mereka.

"Memang sebaiknya sekitar 660 orang WNI (eks ISIS) dipulangkan saja ke Indonesia," ujar Al Chaidar kepada Tribunnews melalui sambungan telepon, Rabu (5/2/2020).

Soal Pemulangan WNI eks ISIS, Menerima Lebih Baik daripada Menolak

Menurut Al Chaidar, memulangkan WNI eks ISIS lebih penting dilakukan pemerintah ketimbang menolak.

"Jika menolak, mereka akan menganggap pemerintah itu adalah pemerintah yang dzalim," ujar Al Chaidar.

Selain itu, penilaian pemerintah yang keras, otoriter, hingga tidak suka pada Islam disebut Al Chaidar akan tersemat untuk Indonesia.

Namun Al Chaidar menilai tetap ada potensi bahaya yang dibawa ratusan WNI eks ISIS jika dipulangkan ke Indonesia.Pasti ada (potensi bahaya), karena memang mereka sudah terpapar oleh radikalisme yang cukup mengkhawatirkan," ujarnya.

Al Chaidar menilai, perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut kepada ratusan WNI tersebut.

Hal itu untuk memastikan paham radikalisme dan terorisme tidak lagi dipegang oleh para WNI eks ISIS.

"Mereka itu perlu di-screening atau pun perlu dimasukkan ke dalam program pemerintah yang ada. Entah program Departemen Sosial maupun BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme)," ungkapnya.

Lebih lanjut, Al Chaidar menilai para WNI eks ISIS membutuhkan untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara.

"Mereka gapapa dipulangkan, mereka perlu bersilaturahmi secara humanis dengan saudara saudara dan keluarga yang mereka tinggalkan."

"Mungkin juga perlu bermaaf-maafan pada saudara yang sudah dianggap kafir atau bahkan sudah dianggap musuh," ungkap Al Chaidar.

Soal Pemulangan WNI eks ISIS, Jokowi Menolak

Sementara itu menanggapi wacana pemulangan ratusan WNI eks ISIS, Jokowi hingga kini masih menolak.

Akan tetapi Jokowi menyebut langkah lebih lanjut akan dirapatkan terlebih dahulu.

"Ya kalau bertanya kepada saya (sekarang), ini belum ratas (rapat terbatas) ya. Kalau bertanya kepada saya (sekarang), saya akan bilang tidak (bisa kembali). Tapi, masih dirataskan," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/2/2020) dilansir Kompas.com.

Jokowi menyebut, pemerintah masih memerhitungkan berbagai dampak pemulangan WNI eks ISIS.

Baik dampak positif dan negatifnya, akan dibahas Jokowi melalui rapat terbatas.

Jokowi masih ingin mendengar pandangan masing-masing menteri terkait dalam wacana pemulangan tersebut.

Tanggapan BNPT
Soal Pemulangan WNI eks ISIS, Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius mengatakan, rencana pemulangan ratusan WNI terduga teroris lintas batas masih dalam tahap pembahasan.

Pembahasan tersebut sedianya akan dilakukan dengan beberapa instansi terkait.

"Iya (belum diputuskan), masih dibahas di Kemenkopolhukam melibatkan kementerian dan instansi terkait," kata Suhardi kepada Kompas.com, Minggu (2/2/2020).

Pandangan Menteri Agama
Soal Pemulangan WNI eks ISIS, Sementara itu Menteri Agama Fachrul Razi juga menyebeut pemerintah masih mengkaji kemungkinan pemulangan WNI eks ISIS ke Indonesia.

"Rencana pemulangan mereka itu belum diputuskan pemerintah dan masih dikaji secara cermat oleh berbagai instansi terkait di bawah koordinasi Menkopolhukam," kata Fahrul, dikutip dari situs resmi Kemenag (2/2/2020).

"Tentu ada banyak hal yang dipertimbangkan, baik dampak positif maupun negatifnya," sambungnya.




https://m.tribunnews.com/nasional/20...ereka?page=all
profile-picture
Poco.poco memberi reputasi
Tidak pulang !
Mereka bukan WNI, mereka oknum.
Lol udah lepas dr status WNI trus tinggal balik dipulangin sana pemerintah NKRI? Buang2 resource
Puteh?
Oooh tampung aja di tempat kau bujang...
Di aceh kan emang ga pernah ada penangkapan teroris.
Penduduk sana kan rata2 sama otaknya sama isis emoticon-Embarrassment
paspor mereka bukannya dah dibakar mereka sendiri ye? berarti udah ngga ngakuin negara ama pemerintahnya.

sekarang mewek2 menta pulang.

bagusnya digenosida aja semuanya

GOBLOG!

emoticon-Traveller
kenapa masih WNI?

seharusnya ISIS eks WNI
Masih ada ratusan juta penduduk indonesia yg perlu di urus d negeri ini. Ngapain repot" ngurus segelintir sampah" kaya kombatan ISIS begini?? Belom kapok mulangin alumni" afganistan kaya imam samudra dulu? Di pulangin malah jadi bomber. Gara" ajaran sampah si mr. M
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan garren007 memberi reputasi
kalau bicara dari asas kemanusiaan, yang modyar ama mereka juga harus ikut di sertakan.....yang tua biar aja di sana, anak anak bisa di didik ulang....menurut ane sehh... no offense...emoticon-Traveller
baca sampai kebawah masih gagal paham ane apa manfaatnya

cuma ni pengamat mukanya sendiri kek teroris, terlalu lama mengamati mungkin yak emoticon-Big Grin
ngapain loe balik lagi ke NKRI?
Ditunggu saja hasil ratas
tggl meledak aja masuk surga ngapain balik ke sini
kan tujuannya ikutan ISIS pengen ke surga
lagian jg mereka pulang bkn tobat tapi gk betah
pulangkan saja kembali ke Tuhan nya emoticon-Shakehand2
Ambil contoh kasus kombatan afghanistan... Yg pupang ke indonesia hasilnya apa...g usah sy terngkan juga pada tau siapa ex combatan sana...itu cm segelintir gimana ini yg 600 lebih...mereka tak lebih dari malin kundang si anak durhaka....tegas lah....dah itu aja..😁
mereka aja begitu mudah meninggalkan status WNI,hanya untuk hal ituu..
malah skrg minta jd WNI lagi..
mending g usah,iya klo eks bener2..lha klo abal2 malah ngisruh NKRI.
g perlu lah..
mereka WNA biarlah senang senang di sana, mereka bukan WNI ex ISIS tetapi ISIS ex WNI
Semoga mereka kekal di alam sana...

Amiiin




















































































































































emoticon-Wow
KASIH MASUK DAH KERTAS BIRU INI.... TINGGAL BAYAR....

#TahunPembebasan
#JubileeYear

Yang mau merdeka mana nih?
Dah dibayar lunas kl yg mau merdeka coeg....
Diubah oleh andreas.tw
Judulnya vaangkeee


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di