CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mahfud Md Sebut Pemulangan WNI Eks ISIS Ngaco
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3b647ca2d19552ab4a88dc/mahfud-md-sebut-pemulangan-wni-eks-isis-ngaco

Mahfud Md Sebut Pemulangan WNI Eks ISIS Ngaco

Jakarta - Sebagai pribadi, Prof Mahfud Md punya pendapat senada dengan sejumlah pihak yang keberatan dengan rencana pemulangan 660 orang warga negara Indonesia (WNI) mantan anggota Islamic State of Iraq and Suriah (ISIS). Tapi sebagai Menko bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan dia masih harus mendengar pendapat para pejabat terkait tentang isu ini dan mengkajinya bersama.

"Kalau Anda tanya ke saya, Mahfud, saya enggak setuju dipulangkan. Itu ngaco!," kata Mahfud kepada Tim Blak-blakan di kantornya, Rabu (5/2/2020) siang.

Untuk memulangkan dan kembali ke masyarakat, dia melanjutkan, butuh waktu dan tahapan tertentu. Terhadap mereka yang pernah melanggar hukum harus menjalani proses hukum terlebih dahulu. Selama proses menjalani hukuman itulah dideradikalisasi, pembinaan, lalu diserahkan ke masyarakat.


Hanya saja Mahfud membayangkan, kelak ketika mereka sudah kembali ke masyarakat kemungkinan tak akan begitu saja diterima secara terbuka. "Mereka akan dihindari, disindir, dicibir, ya jadi teroris lagi. Jadi, ya biar saja di luar kalau (pendapat) saya ya," ujarnya.

Tapi sikap pribadinya itu tidak lantas akan serta-merta diikuti oleh para pejabat terkait. Dia akan mempersilahkan masing-masing pejabat untuk menyampaikan argumentasi baik-buruknya. "Saya ini demokratis orangnya, silahkan. Kami kaji bersama baik-buruknya."

Saat ini tim khusus yang dipimpin Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius tengah mengkaji opsi kebijakan yang akan diambil, memulangkan atau tidak.

Sebagai catatan, Indonesia memiliki UU Nomor 12 Tahun 2005 tentang Kewarganegaraan. Pasal 23 UU tersebut menyatakan bahwa WNI yang mengikrarkan diri untuk setia terhadap negara lain akan kehilangan kewarganegaraannya.

Selain wacana pemulangan WNI eks ISIS, dalam wawancara khusus selama lebih dari 30 menit itu Prof Mahfud Md juga merespons berbagai kritik aktivis terkait penegakan hukum dan pemberantasan korupsi yang dinilai melemah.

Ia juga menjelaskan secara garis besar ide di balik pembuatan Omnibus Law yang oleh pihak tertentu dicurigai hanya sebagai upaya mempermudah masuknya investasi dari China. Padahal faktanya investasi yang saat ini banyak ditawarkan justru datang dari Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia.

Khusus terkait peta jalan penyelesaian kasus-kasus dugaan pelanggaran HAM berat di masa lalu, Mahfud menawarkan konsep amputasi seperti dilakukan oleh pemerintah China dan negara-negara di Eropa Timur. Atau mengikuti jejak yang dilakukan oleh Nelson Mandela di Afrika Selatan.

https://news.detik.com/berita/d-4887..._beritaTerkait

Manusia2 binatang ini, sudah tidak bisa lagi insyaf.

Otak mereka sudah diracuni virus ajaran sesat padang pasir.

Menerima kembali binatang2 tak berakal budi ini sama saja dengan menyimpan bom waktu bagi NKRI.

Hewan2 ini dibiarkan mampus saja di irak dan suriah.


Mahfud Md Sebut Pemulangan WNI Eks ISIS Ngaco

Mahfud Md Sebut Pemulangan WNI Eks ISIS Ngaco

Mahfud Md Sebut Pemulangan WNI Eks ISIS Ngaco
profile-picture
profile-picture
profile-picture
latifbastian123 dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Sampah kok mau di impor emoticon-Big Grinemoticon-fuck

Lagian ukhti2 itu keliatan nya betah mekinya digilir ama mujahid2 isis emoticon-army





Bata emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
yueda dan silents. memberi reputasi
Silahkan kembali ke indonesia

Tapi serahkan ke masyarakat untuk di adili
Sebab dimana mana yang menjadi korban teroris adalah masyarakat
Jadi masyarakat yang paling berhak menentukan hidup mati mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
jangat kau renggut mereka dr jalan menuju surga nya
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
khan di undang2 sudah jelas kenapa masih pingin dilanggar..

kalau begitu indonesia gak usah pake undang2 aja lagi..

pake hukum rimba..

emoticon-fuck3emoticon-fuck3emoticon-fuck3emoticon-fuck3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 4 lainnya memberi reputasi
Kaga bakal insaf ini mah
Jangan kasih pulang pak
Gawat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
extreme78 dan 2 lainnya memberi reputasi
udah bener mereka diluar aja , ga usah di bawa pulang , nanti malah bawa bibit terorisme ke dalem negri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
bener juga ya kalo mereka dipulangkan pasti dari masyarakat sendiri bakal ngucilkan dan membully, dan ada kemungkinan hal tsb membuat mereka dendam dan melakukan kejahatan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
mereka itu isis eks wni
jangan dibolak balik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 6 lainnya memberi reputasi
Semoga pemerintah bisa mengambil keputusan yang tepat nanti setelah Ratas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
Kita ngga tau apa aja yg udah mereka lakuin di sana, berapa banyak orang yg mereka bunuh, wanita yg diperkosa, orang2 ngga berdosa yg mereka gorok.

Enak bener tiba2 jadi WNI lagi abis ent0t + bunuh2in orang emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 4 lainnya memberi reputasi
siapa bisa jamin mereka ga bakal meledug di kemudian hari?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post suromenggolo
Quote:


Yo gak usah dipulangkan Ke RI, kan ujung2nya masyarakat Indonesia yang mengadili (ribet, berat di ongkir). Lebih baek masyarakat/pemerintah sana saja yang mengadili (mau dipukuli, diproses hukum, dibunuh ya terserah). emoticon-thumbsup emoticon-shakehand
profile-picture
profile-picture
Yuwen dan extreme78 memberi reputasi
biarin sampah pada tempat sampah
emoticon-Big Grin emoticon-rose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 3 lainnya memberi reputasi
Jangan dibawa pulang kan tujuan 600 org itu surga jgn dihalangi
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan extreme78 memberi reputasi
fengkhianat negara itu harusnya dihukum mati vukan dikasih balik, kalo samfai membiarkan menerima khembali fengkhianat negara, maka akhan jadi freseden buruk, negara semakin dilecehkan dan dianggaf remeh warganya serta dunia international, afalagi kadrun² akan semakin menjadi-jadi, membawa tameng agama untuk intimidasi dan kefentingan folitik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 2 lainnya memberi reputasi
tusuk tusukan hehe
profile-picture
profile-picture
jonfaisal dan bangsutankeren memberi reputasi
gausah dipulangin lah, biar di sana aja main perang2an mereka.
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan extreme78 memberi reputasi
jika pemerintah ga mau mulangin, mending cabut saja status WNI mereka
kalo masih status WNI, negara tetap wajib hadir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Balasan post kaskushunters
Quote:


Ketika mereka membakar paspor dan bergabung dengan militer "negara lain" dengan suka rela, status WNI mereka otomatis hilang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bangsutankeren dan 2 lainnya memberi reputasi
Kasian yang bocah bre. Yang tua mah bodo amat gw.
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di